Cara Membuat Iklan Banner GIF Animasi dengan PhotoScape

Pernah melihat iklan banner dengan format GIF? Kalau anda pernah melihat iklan gambar yang bergerak maka dapat dipastikan iklan tersebut adalah iklan bergambar yang memiliki format gif animasi. Iklan bergerak format gif sangat populer digunakan oleh para pengiklan, hal ini tentu karena iklan bergerak lebih menarik dibandingkan iklan yang hanya berupa gambar saja. Iklan bergerak juga memancing pengunjung untuk mengklik atau ingin mengetahui apa sebenarnya yang berada di balik iklan gambar bergerak tersebut. 

Umumnya para profesional desain grafis akan menggunakan aplikasi Photoshop untuk membuat iklan animasi ini, hal ini untuk mendapatkan kualitas gambar iklan dan animasi yang dihasilkan. Kekurangannya adalah banyak orang yang ternyata belum mampu menggunakan Photoshop dengan baik. Oleh karena itu saya memberikan solusi lain untuk membuat sebuah iklan banner format gif, yaitu dengan menggunakan aplikasi PhotoScape.

Ada beberapa kelebihan PhotoScape dibandingkan PhotoShop. PhotoScape merupakan aplikasi gratis sedangkan PhotoShop merupakan aplikasi yang berbayar. Ukuran PhotoScape sangat kecil, hanya puluhan MB berbeda halnya dengan Photoshop yang mencapai ratusan MB sehingga kadang-kadang akan memberatkan laptop (memori rendah) sewaktu menjalankan aplikasi ini. Pembuatan iklan banner gif lebih mudah menggunakan PhotoScape dibandingkan Photoshop. Tentu dari semua kelebihan ini Photoshop masih menjadi jagonya dalam urusan ini, hehehe.

Oke,.. daripada terus membandingkan PhotoScape dan Photoshop, mungkin akan lebih baik jika tutorial cara membuat  Iklan Banner GIF dengan PhotoScape ini saya tuliskan. Cara membuat iklan format gif sangatlah mudah, anda bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah-langkah Membuat Iklan Banner GIF Animasi dengan PhotoScape

  • Cari gambar/buat gambar yang ingin anda jadikan iklan banner gif, dengan catatan ukuran gambar harus sama persis sehingga nampak simetris dan indah sewaktu dibuatkan gif nya nanti. Sebagai contoh saya menyertakan dua buah gambar dengan ukuran yang sama di bawah ini.
Ikan Google Adsense
Gambar iklan 1
Gambar iklan 2
  • Selanjutnya saya akan menggabungkan dua buah gambar di atas dengan fitur GIF Animasi pada PhotoScape, fokus saya pada gambar iklan di atas adalah menggerakkan klik winmahdi.com nya. 
  • Oke, sekarang silahkan buka aplikasi PhotoScape, kemudian klik menu GIF Animasi, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:
Tampilan GIF Animasi PhotoScape
  • Selanjutnya klik menu "Tambah" di pojok kanan atas (lihat gambar di atas), klik Menambah foto.
  • Pilih dan Klik foto yang akan dijadikan iklan animasi, kita ambil contoh dalam blog ini adalah gambar 1 dan gambar 2.
  • Kemudian klik Open maka iklan animasi gif pun telah berhasil diciptakan, lihat tampilan berikut

  • Kecepatan Animasi Klik winmahdi.com bisa di atur melalui menu "Ubah waktu", misal saya akan mengubah kecepatannya menjadi 20 (0.2 detik) maka hasilnya menjadi:

  • Bagaimana? sudah terlihat perbedaan kecepatannya bukan?. Langkah selanjutnya adalah menyimpan file iklan dengan cara mengklik tombol "Simpan" dan buat nama sesuai dengan yang anda inginkan dan klik Save.
  • Selamat file iklan gif animasi sudah bisa anda gunakan.
Akhir Kata...
Semoga tutorial sederhana ini dapat membantu anda dalam membuat sebuah iklan animasi. Jika ada yang ingin teman-teman tanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kotak komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya 😊.

0 komentar

Post a Comment