Cara Mudah Membuat Matriks Dengan LaTex [PCTeX]

Teman-teman kampus yang sedang/pernah menjadi mahasiswa baik S1, S2 (Pascasarjana), dan S3 (Doktor) umumnya pasti sudah mengenal apa itu LaTeX. Biasanya jurnal atau tugas akhir, baik itu skripsi, tesis, atau desertasi sudah harus dibuat dalam bentuk LaTeX. Kenapa demikian? hal ini karena penulisan dengan bahasa LaTeX akan menghasilkan sebuah dokumen yang sangat rapi, dibandingkan aplikasi Ms office word yang sudah biasa kita gunakan. Menggunakan LaTeX tidaklah semudah menggunakan Ms Office word, perlu ketelitian dan pemahaman bahasa program (source code) untuk membuat dokumen dalam bentuk LaTeX.

Namun, tidak yang benar-benar susah kalo kita giat untuk mencobanya bukan?? hehee. Untuk membuat sebuat tulisan dalam bentuk latex tidak lah terlalu rumit, sama halnya seperti di dalam word, hanya beberapa kode program yang harus kita pahami apalagi jika teman-teman sudah tahu dasar-dasar dari menggunakan program latex. Masalah muncul ketika membuat rumus matematika dalam bentuk latex, disinilah yang kadang-kadang sering membuat kita menyerah karena bahasa pemogramannya terbilang cukup rumit dan akhirnya meminta orang lain untuk membuat latex dari tugas yang kita miliki. Padahal biaya untuk membuat file latex per lembarnya lumayan mahal, bisa dikisaran 10 ribu paling mura. Teman-teman bisa bayangkan jika file tugas kita sebanyak 40 lembar saja, 40 x Rp 10.000,- = RP 400.000, - andai kita bisa membuatnya sendiri pasti duit segitu bisa buat makan bakso 7 hari 7 malam, hehehe.

Baca juga: Perbedaan Koefisien Korelasi dan Koefisien Determinasi [Matematika]

Oke,.. mari kita kembali ke topik, yaitu "Cara Mudah Membuat Matriks Dengan LaTex [PCTeX]". Apa itu PCTeX? 
PCTeX adalah aplikasi untuk membuat sebuah file dokumen latex (.tex). PCTeX merupakan aplikasi yang paling simpel dan mudah digunakan untuk membuat latex, seperti WinEdit9, Texaker yang pernah saya gunakan.
Kekurangan PCTeX adalah aplikasi ini berbayar, hehehe. Jadi kalau mau menggunakan aplikasi ini ya harus bayar dlu, tapi teman-teman tidak usah khawatir karna masih ada yang gratis kok, seperti Texmaker tinggal donwload saja di www[dot]xm1math[dot]net.

Berikut adalah kode program untuk membuat kolom matriks matematika dan isinya, dokumen latex ini dibuat denga PCTeX V6 dengan anggapan teman-teman semua sudah paham dasa-dasar membuat dokumen latex.:
Kode Pendefinisian halaman latex matematika:
\documentclass [11pt]{article}
\usepackage{graphics}
\usepackage{graphicx}
\usepackage{amsmath,amssymb}
\usepackage[letterpaper,hmargin=
{42mm,30mm},vmargin={22mm,22mm}]{geometry}
\usepackage[bahasa]{babel}
\usepackage{enumerate}
\usepackage{setspace}
\usepackage{mathrsfs}
\usepackage{mathtools}
\renewcommand{\arraystretch}{1}
\newcommand{\qed}{\rule{2mm}{2mm}}
\newcommand{\D}{-\hspace{-2.5mm}D}
Kode program membuat matriks latex:
\begin{document}
$$W=\left[
\begin{array}{lcr}
0,86&0,83&0,034\\ 1&1,99&0,029\\ 0&0&1
\end{array}
\right]$$ $$ by: www.winmahdi.com$$
\end{document}
Langkah-langkan membuat Matriks dengan PCTeX 
  • Langkah pertama membuat matrik, silahkan buka program PCTeX atau aplikasi pembuat tex lainnya (WinEdit). Kemu klik menu file dan pilih new.
  • Ketikkan kode matriks di atas pada dokumen PCTeX (sebelumnya jangan lupa menuliskan kode pendefinisian matematikanya di awal dokumen). Penjelasannya dapat di lihat pada gambar di bawah ini:
  • Setelah selesai mengetikkan kode seperti gambar di atas, tinggal di run dengan meng-klik tombol S>>T , sebelum di run tentukan dulu output yang teman-teman inginkan, mau file pdf atau dvi. Pada contoh di atas saya melakukan run dengan output dvi. Maka hasilnya dapat teman-teman lihat pada gambar di bawah ini:

Akhir kata ...
semoga artikel cara pembuatan matriks dengan PCTeX ini bermanfaat bagi temen-temen, klo ada kekurangan dalam penyampaian pada tulisan ini, silahkan tuangkan kritik beserta sarannya pada kolom komentar. Oke, sampai berjumpa di artikel saya selanjutnya :).

0 komentar

Post a Comment