[Goo.gl] Cara Memendekkan Link dengan Google URL Shortener

[winmahdi.com] Haloo kawan-kawan,.. jumpa lagi dengan saya [winmahdi.com] melaui postingan saya yang berjudul "Cara Memendekkan Link dengan Google URL Shortener (goo.gl). Kenapa saya mengambil topik ini? dan kenapa saya memilih URL Shortener milik google sebagai bahan pembicaraan disini. Jawabnnya adalah.... karena melakukan penyikatan / pemendekan links dengan bantuan goo.gl ini sangat mudah, simpel, dan kita langsung bisa melihat statistik berapa kali link kita dikunjungi pada goo.gl, hal ini tentunya berdasarkan pengalaman pribadi saya (bisa tidak sama) dengan pengalaman kawan-kawan, hehehe.

Lalu apa manfaat dari penyingkatan url links? oke, tahan dulu sebentar. Sebelum kita memasuki tentang manfaat dari memendekkan url / link blog tau link apa saja, saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu URL. Uniform Resource Locator (URL) atau disebut juga Lokator Lokal Seragam secara sederhana dapat dikatakan alamat sebuat file di internet. URL dapat berupa serangkaian karakter, seperti huruf, angka, ataupun simbol. URL digunakan untuk menunjukkan suatu address (alamat) dari suatu sumber yang ada di internet. Seiring perkembangannya, URL sering disamakan dengan Link, walaupun sebenarnya tidak.
Contoh URL: http://www.winmahdi.com/2016/11/cara-mudah-membuat-matriks-dengan-latex.html
Sekarang kita akan memasuki acara inti (kyak resmi aja) hehe,. berikut ini adalah langkah-langkah cara memendekkan url/links dengan menggunakan goo.gl URL Shortner.

Langkah-langkah Goo.gl URL Shortener:
Langkah pertama, masuk dulu ke salah satu akun google anda (blogger.com atau gmail.com)
Langkah kedua, kunjungi situs Goo.gl atau bisa klik disini, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:
Langkah ketiga, memasukkan url/link yang akan dipendekkan, dan klik tombol SHORTEN URL yang terletak di sebelah kanan kota untuk memasukkan url. Lihat pada gambar di bawah ini.
Langkah keempat, mengklik tombol SHORTEN URL, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Langkah terakhir adalah mengcopy url yang sudah dipendekkan dengan cara: [1] klik icon copy, lihat gambar di atas yang diberi kolom merah, dan [2] setelah selesai klik icon copy, selanjutnya klik tombol DONE. Maka link pendek sudah berhasil diciptakan dan siap dibagikan dimanapun anda mau (fb, twitter, google plus, line, bbm, whats up, dan masih banyak lagi). 
URL Sebelum dipendekkan: http://www.winmahdi.com/2016/11/langkah-langkah-sederhana-membuat-blog.html, berikut adalah url/link Sesudah dipendekkan: https://goo.gl/v8g2lK (langsung klik untuk melihat hasilnya)

Akhir kata ...
Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kawan-kawan, adapaun manfaat dari pemendekkan url/link menggunakan Goo.gl ini dapat saya simpulkan sebagai berikut:
  • Memudahkan mengingat link (karena tidak terlalu panjang), sehingga mudah dibagikan
  • Link terlihat menarik karena sangat pendek
  • Lebih aman, karena pemendekkan dilakukan pada salah satu produk Google yaitu Goo.gl
  • Caranya lebih simpel dibandingkan penyingkat url lainnya

0 komentar

Post a Comment