Menghasilkan Uang Dari Blog, Bagaimana Caranya?

menghasilkan uang dari blog
Blog sebagaimana fungsinya meruapakan media yang paling banyak digunakan untuk menuangkan ide dan menuliskannya. Blog menjadi sanga populer semenjak kemunculannya, memudahkan kita dalam mengakses segala informasi, pelajaran, tips-tips bermanfaat dan berbagai info unik lainnya tentunya dengan kita saring terlebih dahulu. Karena blog memiliki dua sisi yang berbeda, kita dapat memanfaatkan blog untuk hal-hal positif atau sebaliknya menjadikan blog sebagai media negatif. Semenjak saya ngeblog tanpa saya sadari ide-ide saya selalu saya tuangkan di dalam blog, rasanya sangat menyenangkan dan tanpa saya sadari saya mulai terbiasa dengan menulis, walau mungkin teman-teman pembaca masih merasakan betapa semerawutnya tulisan saya ini, hehehe.

Saat ini kita tentu akan membahas hal-hal postif yang dapat kita lakukan dengan blog, yang ternyata hobi kita menulis dapat kita manfaatkan menjadi sumber penghasilan yang lumayan ckup untuk jajan dan minum kopi, dan jika kita beruntung mungkin akan lebih dari sekedar minum kopi, hehehe. Muncul pertanyaan, apa mungkin? lantas Bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog??? (tanda tanyanya sampe 3 kali, krna sangat antusiasnya ) 😁😁😁.

Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang dari Blog?

Okey, saya akan mencoba menguraikan cara menghasilkan uang dari blog, berdasarkan pengalaman saya pribadi dan juga berdasarkan yang saya baca dari pengalaman teman-teman blogger yang sudah lebih dulu sukses. Dari yang saya rasakan dan saya amati, maka saya simpulkan untuk mendapatkan uang dari blog haruslah memenuhi syarat-syarat berikut ini.
  • Punya Blog
  • Punya tulisan (mulai menulis)
  • Mencari Pembaca
  • Memperkenalkan blog (Promosi)
  • Bekerjasama dengan pengiklan
  • Punya produk sendiri (optional)
Selengkapnya: Cara Membuat Blog Gratis
itulah 6 syarat-syarat atau mungkin lebih tepatnya langkah-langkah untuk mendapatkan serta mencari uang dari internet. Mungkin bagi blogger pemula ini terlihat lumayan susah, tapi temen-temen jangan khawatir, teman-teman harus optimis dan yakin bisa melakukan hal sederhana seperti yang di atas. Buatlah dulu blog nya, kemudian mulai menulis dan usahakan tulisan temen-temen original tanpa mengcopy pasti dari blog lain. Untuk langkah awal jadikan blog tersebut sebagai hobi dan jangn dulu terlalu fokus ke uangnya, hehe. Selanjutnya saya akan menjelaskan sepengetahun saya, beberapa point di atas agar lebih mundah dipahami.


1. Punya Blog (Create Blog)

Tentu untuk langkah awal kita harus punya blog, temen-temen bisa bayangkan, jika kita ingin mendapat uang dari blog, tetapi kita ngak punya yang namanya blog?? semua bisa berabe klo gini 😆. Jadi untuk bisa menghasilkan uang/duit dari blog kita memang wajib harus punya blog. Cara membuat blog secara gratis di blogger bisa lihat disini

Setelah berhasil membuat blog, temen-temen bole mulai mempelajari cara mempercantik tampilan blog, mulai dari template, widget-widget yang dipasang, dan pernak pernik lainnya. Langkah ini sangat mudah dilakukan, karena sudah banyak bertebaran di internet tentang tutorial-tutorial blog, silahkan teman-teman cari langsung di mbah Google.com.


2. Punya Tulisan (Mulai Menulis)

Setelah punya blog, langkah selanjutnya adalah menulis. Ada istilah menarik di dalam perbloggkan "Blog bukan sebuah blog tanpa isi", so, temen-temen jangan hanya berhenti sampai membuat blog. buatlah tulisan-tulisan ringan yang original, bisa berupa hobi, pengalaman pribadi, kegiatan sehari-hari, pendidikan, dan lain-lainya. Sara saya, akan lebih baik jika teman-teman mengambil topik bisnis atau pendidikan, biasanya topik-topik seperti ini ramai dikunjungi atau dicari pembaca. 


3. Mencari Pembaca (Readers)

Ini adalah langkah yang susah suah mudah, untuk mendapatkan pembaca menurut saya sejalan dengan promosi blog pada point ke empat. Hal yang termudah untuk melakukan promosi adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook atau Twitter. Setelah membuat artikel di blog, bagikan tulisan temen-temen ke FB, otomatis dari sekian banyak teman facebook anda, ada nanti beberapa orang yang akan mengunjungi blog anda dan kalau artikelnya menarik pasti mereka akan sangat betah terus berkunjung ke blog temen-temen. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan media-media sosial lainnya, seperti instagram, path, line, bbm, dan media-media soasial lainnya.


4. Memperkenalkan Blog (Promosi)

Sama halnya seperti point no. 3, kita dapat mempromosikan blog secara gratis melalui media-media sosial fb, instagram, twitter, line, bbm, path, dan yang lainnya. Namun jika teman-teman ingin, bisa juga mlakukan promosi blog ke media pengiklan seperti google adsense, iklan berbayar fb, tentunya hal ini akan mengeluarkan modal, heheh


5. Bekerjasama Dengan Pengiklan (Advertising Income)

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan blogger untuk mendapatkan uang dari blog, menjadi publisher dan menempatkan iklan/space iklan di blog. Saya pribadi baru pernah menjadi publisher iklan lokal, untuk internasional seperti Google Adsense baru mau saya coba, hehhe. Konon katanya banyak teman-teman blogger yang sukses menjadi publisher Google Adsense ini, bahkan berpenghasilan sampai ribuan dollar perbulannya. Bisa dibayangkan jika kita dapat $500 saja sebulan?? dengan nilai rupiah saat ini, tepatnya kita bergaji sebesar $500 x Rp 13.400,- = Rp 6.700.000,- Waw,..... sudah ngalah-ngalahin gaji guru PNS bukan? So, semangat-semangatlah ngeblog dan mempromosikan blog kawan, mana tau nanti giliran kita-kita yang berpenghasilan segitu, amin 😊.

Untuk bisa bekerja sama dengan pengiklan kita harus memiliki trafik yang memadai terlebih dahulu, minimal kita punya pengunjuk unik 100-200 orang/harinya. Kalau kita rajin dan semangat ngeblog, pengunjung sebanyak ini akan sangat mudah di dapatkan. Untuk informasi pemasangan Google Adsense temen-temen bisa langsung googling, sudah banyak info-info yang bertebaran.

6. Punya Produk Sendiri (Optional)

Langkah yang terakhir ini adalah langkah optional atau pilihan teman-teman. Kalau teman-teman punya produk, misal baju, jilbab, souvenir, atau produk digital seperti ebook, bisa anda jual melalui media blog ini. Saat ini peminat belanja online sangat meningkat dan signifikan, jadi manfaatkan media yang ada untuk menunjang penjualan produk anda.

Akhir kata....  
Mari berbagi perjalanan untuk mendapatkan uang dari blog. Saya juga berharap semoga artikel ini dapat membantu teman-teman, khususnya yang masih pemula (soalnya kalau senior pasti lebih paham, ckck) untuk mendapatkan inspirasi serta motivasi untuk lebih rajin ngeblog dan buat artikel original untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tentunya tanpa mengesampingkan kualitas dari blog tersebut.

8 komentar:

  1. wah semoga point point diatas bisa saya terapkan makasih info nya gan :D

    ReplyDelete
  2. nice sob..
    ini masih belajar..hhe
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. sukses gan, saya juga sudah mulai blogging utk backacker yg mua liburan murah ke Italia.

    http://adf.ly/15927569/penginapan-murah-italia

    ReplyDelete
  4. wahh ilmu banget bt gw...thanx ya...

    ReplyDelete