SOAL AKUNTANSI PERPAJAKAN DAN PEMBAHASAN

Akuntasi Perpajakan - Berikut ini adalah beberapa contoh soal akuntansi perpajakan yang mungkin sedang teman-teman cari. Soal ini terdiri dari 5 butir soal akuntansi yang sudah dilengkapi dengan pembahasannya. Jika ada kekurangan dalam pembahasannya, mohon ditambahkan pada kolom komentar. Trims


Soal:
Apa arti masa akuntansi dan tahun pajak? Apa manfaatnya dalam akuntansi dan perpajakan?

Jawaban:
[*] Masa akuntansi adalah jangka waktu tertentu yang digunakan sebagai dasar untuk menghitung posisi keuangan suatu perusahaan. [**] Tahun Pajak merupakan jangka waktu satu tahun takwin (tahun berdasarkan kalender) kecuali bila WP menggunakan tahun buku yang tidak sama dengan tahun takwim. [***] Dalam akuntansi hal ini bermanfaat untuk mengetahui perkembangan usaha pada akhir periode dan dalam perpajakan bermanfaat sebagai jangka waktu yang diperlukan sebagai dasar untuk menghitung jumlah pajak terutang.

Soal:
Mengapa tahun pajak tidak dapat diganti-ganti dalam perpajakan? Apa syarat yang harus dipenuhi oleh Wajib Pajak jika ingin mengubah tahun pajak?

Jawab:
Untuk mencegah kemungkinan pergeseran rugi laba dalam rangka pengelakan pajak dengan kata lain dapat menyebabkan penggelapan pajak. Syarat-syarat mengganti tahun pajak ada 3, yaitu:
  1. SPT tahunan PPh tahun terakhir telah dimasukkan
  2. Apabila ada utang pajak, makautang pajak yang telah jatuh tempo pembayarannya harus sudah dilunasi oleh WP.
  3. Memiliki alasan yang jelas sehingga dapat dipertimbangkan untuk disetujui permohonan pergantian tahun pajak.
Soal:
Sebutkan dua jenis bentuk susunan neraca yang dikenal dalam literatur akuntansi. Bentuk yang manakah yang sering digunakan perusahaan ?

Jawaban:
[1] Neraca Bentuk Skontro, adalah neraca yang harta disajikan disebelah kiri, sedangkan hutang dan modal disebelah kanan. [2] Neraca Bentuk Staffel, adalah neraca dimana harta, hutang dan modal disusun mulai dari atas sampai ke bawah. Neraca Bentuk Staffel ini adalah bentuk neraca yang paling sering digunakan oleh perusahaan.

0 komentar

Post a Comment