IDPEL LISTRIK HILANG? BERIKUT CARA MENGATASINYA!

[winmahdi.com] Listrik telah menjadi kebutuhan sangat penting bagi manusia. Hampir semua kegiatan dibarengi dengan kebutuhan listrik. Memasak, menyetrika, menyuci, membuat kue, semua sudah dengan bantuan listrik. Buat laki-laki mungkin listrik lebih sering digunakan untuk mengisi baterai laptop, Hp, kegiatan teknisi, dan aktivitas jantan lainnya. Coba bayangkan jika kita telah terbiasa diterangi listrik namun tiba-tiba listrik mati dalam sehari, maka dapat dipastikan perasaan kita sangat kesal dan sungguh tidak nyaman. Jangankan sehari, sejam saja rasanya sudah sehari 😁. Listrik menurut analisa saya sudah berubah fungsi, bukan lagi sekedar kebutuhan sekunder tapi sudah sangat cocok jika dikatakan sebagai kebutuhan premier apalagi jika tinggal di kota-kota besar.

Dengan semua kebutuhan kita sehari-hari terhadap listrik, tentu sudah menjadi kewajiban kita untuk membayar tagihannya juga. Metode pembayaran cukup beragam, selain melalui kantor pln secara langsung, ada alternatif lain untuk pembayaran tagihan, seperti; pembayaran tagihan listrik melalui sms banking, internet banking, atm, kantor pos, dan loket-loket pembayaran listrik Online yang banyak beredar di daerah kita masing-masing. Pembayaran ini tentu akan lebih mudah dilakukan jika secara online melalui sms banking atau internet banking BRI, Mandiri, BNI, Bank Syariah, BCA, Bank Bukopin, dan bank-bank lainnya yang telah menyediakan fitur pembayaran online tagihan listrik. Kenapa demikian? karena kita tidak perlu repot-repot keluar rumah dan menghabiskan waktu untuk pergi keloket atau kantor pos hanya untuk membayar tagihan. Hal seperti ini pasti bisa kita lakukan kalau IDPEL (ID Pelanggan) Listrik masih kita ingat atau dengan kata lain struk pembayaran tagihan listrik sebelumnya masih belum hilang dan rusak.

Bagaimana jika IDPEL Listrik hilang? dan kita tidak mengingat nomor IDPEL tersebut?

Lain ceritanya kalau IDPEL listrik kita sudah hilang. Tanpa IDPEL otomatis pembayaran melalui internet banking, sms banking, dan melaui ATM dapat dikatakan tidak dapat kita lakukan. Karena kesemua transaksi tersebut membutuhkan IDPEL untuk mendeteksi si pemilik listrik tersebut. Lalu apa solusi termudahnya??

Solusi termudahnya adalah dengan melakukan pembayaran melalui kantor pln, kantor pos, atau loket pembayaran listrik Online yang tersebar di daerah kita. Apa ada solusi yang paling mudah? Ada, yaitu melakukan pembayaran melalui Loket pembayaran listrik Online yang banyak kita lihat beredar di daerah kita masing-masing.

Syarat untuk melakukan pembayaran melalui Loket Pembayaran Listrik tanpa ID PEL adalah;

  1. Cukup catat dan bawa no pelanggan listrik, biasanya tercatat di meteran listrik kita. digitnya bisa 5 atau 6
  2. Nama pemilik listrik (untuk yang ngontrak rumah, jika tidak tahu juga tidak masalah)
  3. Area listrik kita, ini bisa ditunjukkan di daerah mana rumah kita berada, bisa desa, lurah, kecamatan, atau bahkan lorong. Ini tentu bisa kita ingat bukan.
Dengan menyebutkan dua atau tiga hal di atas saja, biasanya masalah pembayaran listrik kita dapat teratasi. Dan IDPEL listrik akan di dapatkan kembali melalui STRUK PEMBAYARAN TAGIHAN LISTRIK, catat dan simpan baik-baik kalau perlu foto dan simpan di handphone kita untuk pembayran melalui atm dan online.
struk pembayaran tagihan listrik online
Demikianlah tips mudah cara mengatasi IDPEL Listrik yang hilang, dan metode pembayaran listrik yang tepat jika IDPEL hilang. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa pada postingan berikutnya.

2 komentar:

  1. Sangat cocok sekali bagi yang sering kelupaan nomor IDPEL-nya, hehe. Terimakasih informasinya mas :D

    ReplyDelete