Perbedaan Mendasar Blogspot.com dan Wordpress.com

www.winmahdi.com Berbicara mengenai blog tentu kita tidak akan pernah lupa dengan blogspot (blogger.com) dan juga wordpress.com. Hanya butuh 5 (lima) menit saja untuk membuat sebuah blog, baik melalui wordpress.com maupun blogger.com. Anda bisa membuat ratusan blog hanya dengan satu akun saja. Blog-blog ini dapat kita isi dengan tulisan-tulisan yang kita inginkan, mulai dari hobi, pendidikan, tutorial, tips,  pengalaman hidup, dan artikel-artikel menarik lainnya. Namun demikian, masing-masing flatform ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Anda bisa menggunakan salah satunya atau juga bisa kedua-duanya, kalau saya pribadi sih pakai kedua-duanya namun lebih sering di blogger nya, hehehe. Nah, sesuai dengan judul postingan kali ini, yaitu: Perbedaan Mendasar Blogspot.com dan Wordpress.com, apa sih sebenarnya perbedaannya? Oke, mari kita mulai.

1. Dari segi flatform blog

Perbedaan flatform sudah pasti, Anda tinggal pilih mau pilih flatform apa dalam membuat sebuah blog, wordpress kah atau blogspot (blogger.com).

2. Email pendaftaran

Untuk mendaftar pada flatform wordpress Anda dapat menggunakan email apa saja sewaktu mendaftar berbeda walnya ketika Anda mendaftar blog di flatform blogspot, Anda harus menggunakan email yang sudah menjadi produk google yaitu gmail.com. Untuk membuat email baru dari google mail (gmail) Anda bisa baca postingan saya disini.

3. Ketersedian Template Gratis

Paling mencolok diantara kedua flatform gratis ini adalah ketersedian template gratis dan keleluasaan dalam mengganti template. Untuk blogger.com Anda bisa mendapatkan ribuan template gratis yang bisa di unduh dan dijadikan template blog Anda kapanpun Anda mau, berbeda dengan wordpress.com yang hanya menyediakan beberapa template saja yang bisa Anda gunakan, selain itu Anda tidak diberi keleluasaan dalam mendesain tampilan blog wordpress Anda (beda lagi halnya dengan wordpress.org)

4. Kesempatan memperoleh profit (penghasilan)

Sebagai blogger, selain menjalankan sebuah blog sebagai aktivitas hobi tentu Anda ingin dong suatu saat Anda bisa menghasilkan uang dari blog Anda. Nah, disinilah perbedaan yang memang sangat-sangat mendasar dari kedua flatform ini. Blogspot dengan bebas memberikan kepada penggunanya untuk memasang iklan jenis apapun dalam blognya, terutama jika itu adalah iklan GA yang notabennya memang Google Adsense ini merupakan satu kepemilikan dari perusahaan google. GA juga terbagi menjadi dua versi ada yang Hosted dan ada yang Non Hosted, untuk mengetahui perbedaannya Anda bisa baca artikelnya disini. Banyak sudah blogger yang sukses melalui Google Adsense ini, bahkan blogger Indonesia juga sudah ada yang sukses meraup ribuan dollar setiap bulannya. Saya pernah baca suatu artikel yang mana si pemilik blog tersebut berpenghasilan $2000-an dollar setiap bulannya melalui kerjasama iklan Google Adsense. Anda bisa nilaikan uang tersebut ke dalam rupiah, dan coba bayangkan sendiri berapa penghasilan Anda setiap bulannya, hehehe. Selain GA ada juga yang memperoleh profit dari jenis-jenis iklan lainnya. Salah satu contoh blogger Indonesia yang saya ketahui sukses meraup profit hingga ratusan juta dari GA adalah Eka Lesmana.

Lalu bagaimana dengan flatform wordpress? disini Anda mungkin akan sedikit kecewa, karena wordpress tidak mengijinkan Anda untuk memasang iklan di flatform gratisan mereka. Otomatis Anda tidak akan menghasilkan profit sedikitpun dari iklan. Jadi kalau Anda ingin berpenghasilan melalui flatform wordpress maka jangan mendaftar melalui wordpress.org tetapi gunakanlah wordpress.org. Memang jika menggunakan wordpress.org atau lebih dikenal wordpress self hosting ini, Anda harus rela mengeluarkan sedikit dana untuk pembelian domain dan penyewaan web hosting.

Nah, itulah beberapa perbedaan mendasar yang saya ketahui mengenai wordpress dan blogspot (blogger). Semoga penjelasan ini sedikit menambah wawasan pengetahuan kita, dan semoga bermanfaat. Jika Anda mengetahui perbedaan-perbedaan lainnya silahkan ditambahkan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

2 komentar:

  1. Artikel bermanfaat. Saya jadi tau perbedaannya. Pasti ada kelebihan masing-masing. Saya hanya pakai blogspot. Lanjut gan www.asmirizani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kbanyakan emang bnyak makek blogger

      Delete