PERBEDAAN PKN STAN DAN STIS

usm stan dan stis
[winmahdi.com] Tiba-tiba saya ingin menuliskan tentang seleksi usm PKN STAN dan STIS, mungkin karena dulu tidak pernah punya kesempatan mencoba ikut seleksi dan memang karena kurangnya informasi yang saya dapatkan. So, hari ini ingin sedikit membedah tentang pkn stan dan stis sebagai gambaran buat pengunjung blog ini, yang mungkin masih punya kesempatan untuk mengikuti kedua atau salah satu dari seleksi. Seperti yang saya dan mungkin temen-temen ketahui, PKN STAN & STIS merupakan seleksi masuk kampus yang banyak diminati setelah SBMPTN & SNMPTN.

Untuk masuk ke Kampus PKN STAN atau STIS terbilang sangat rumit, karena memang kuota mahasiswa yang disediakan terbatas setiap tahunnya, sementara peminat yang mengikuti tes seleksi STAN & STIS sangat banyak. Hanya orang-orang pilihan yang dapat melewati dan lulus setiap tahapan tes sajalah yang berhak kuliah di PKN STAN atau STIS. PKN STAN dan STIS sama-sama memiliki program ikatan dinas, dimana setelah lulus masa perkuliahan akan berpeluang sangat besar ditetapkan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentu hal ini menjadi salah satu faktor peminat PKN STAN dan STIS begitu banyak setiap tahunnya. Lalu apa sebenarnya "Perbedaan PKN STAN dan STIS?? Berikut ini rinciannya:

Beda Seleksi PKN STAN dan STIS
  • PKN STAN merupakan singkatan dari Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, sedangkan STIS adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Jadi STAN dapat diikuti lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat jurusan IPS dan IPA. Untuk STIS hanya SMA/Sederajat jurusan IPA saja yang boleh ikut.
  • Untuk ujian masuk STIS terdapat 3 tahapan ujian, yaitu: [1] Ujian Matematika dan Bahasa Inggris, [2] Ujian Psikotes, [3] Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan juga Tes Kesehatan. Pada USM PKN STAN juga terdapat 3 tahapan, yaitu: [1] Tes Tertulis terdiri dari Tes TPA dan Bahasa Inggris, [2] Tes Kesehatan dan Kebugaran, [3] Tes Kompetensi Dasar (TKD).
  • Biaya Pendaftaran Ujian STAN sebesar Rp 250.000, sedangkan STIS sebesar Rp 300.000,- (untuk tahun ini)
  • Pada STAN umur sewaktu mengikuti ujian tidak boleh lebih dari 20 Thn., sedangkan pada STIS umur boleh lebih dari 20 Thn tapi tidak boleh lebih dari 22 Thn.
  • Beberapa prodi pada PKN STAN memiliki syarat pendaftar harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan. Sedangkan pada seleksi STIS tidak ada ketentuan khusus mengenai tinggi badan.
Nah, demikianlah rincian mengenai perbedaan antara USM PKN STAN dengan USM STIS. Untuk informasi-informasi perbedaan lain yang belum lengkap atau yang teman-teman ketahui, teman-teman dapat tambahkan melalui kotak komentar di bawah. Sampai jumpa di postingan selanjutnya 😊.

0 komentar

Post a Comment