Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MELIHAT AKREDITASI SEKOLAH [SD/SMP/SMA/MA/SMK]

[www.winmahdi.com] Cara melihat akreditasi sekolah sekolah atau madrasah (SD/MTs/SMP/SMA/SMK/MA/SLB). Akreditasi sangat penting peranannya saat ini untuk pendidikan. Misalnya saja pada proses seleksi SNMPTN yang memberikan kuota masing-masing pada sekolah yang berakreditasi dan tidak berakreditasi. Sekolah atau madrasah yang memiliki akreditasi A memiliki kuota penerimaan snmptn yang lebih besar dibandingkan dengan sekolah yang berakreditasi B dan C apalagi bila dibandingkan dengan sekolah atau madrasah yang belum terakreditasi. Berikut data-data yang berhasil saya himpun dari situs resmi snmptn.ac.id tentang kuota penerimaan masing-masing sekolah sesuai akreditasinya. 

Calon peserta snmptn yang boleh ikut adalah peserta yang masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
  • sekolah atau madrasah akreditasi A, peserta boleh ikut sebanya 50% terbaik di sekolahnya;
  • sekolah atau madrasah akreditasi B, peserta boleh ikut sebanyak 30% terbaik di sekolahnya;
  • sekolah atau madrasah akreditasi C, peserta boleh ikut sebanyak 10% terbaik di sekolahnya;
  • sekolah atau madrasah belum terakreditasi, peserta boleh ikut sebanya 5% terbaik di sekolahnya.
  • Untuk penentuan peringkat siswa terbaik ditentukan oleh panitia pusat SNMPTN setelah melakukan pemeringkatan nilai pada pdss yang telah diisikan oleh sekolah dan siswa sebelumnya.
Nah, mungkin masih banyak adik-adik kita yang masih belum tahu status akreditasi sekolahnya. Oleh karena itulah saya membagikan cara melihat akreditasi sekolah atau madrasah secara online ini kepada adik-adik atau teman-teman kita yang mungkin membutuhkan. Apa manfaatnya mengetahui akreditasi sekolah kita masing-masing? Manfaatnya adalah agar adik-adik peserta snmptn tahu seberapa besar peluang mereka untuk bisa ikut snmptn. Karena menurut pengalaman tahun-tahun sebelumnya adik-adik yang sekolahnya belum terakreditasi atau yang berakreditasi C kebanyakan tidak bisa ikut untuk mendaftar snmptn. Jangankan untuk lulus untuk tingkat pemeringkatan saja sudah gagal.

So,.. dengan adanya info ini kita berharap agar adik-adik tidak terlalu fokus dan berharap terhadap snmptn. Apalagi jika memang sekolahnya tidak memiliki akreditasi yang memungkinkan. Dengan adanya info ini saya juga berharap jika adik-adik tidak terlalu kecewa jika dinyatakan gagal, karena masih ada seleksi lain yang masih dapat adik-adik ikuti seperti SBMPTN, UMPTKIN, atau PKN STAN. Pada tes ini adik-adik tidak akan dipusingkan dengan syarat-syarat yang sulit, karena penilaian berdasarkan kemampuan adik-adik dalam menjawab soal. Artinya kepintaran atau kecerdasan adik-adiklah yang diandalkan, hehehe.

Oke, langsung saja berikut panduan lengkap cara melihat akreditasi sekolah kita melalui situs Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasa (BAN-SM). 

Cara Melihat Akreditasi Sekolah atau Madrasah
  • Kunjungi halaman BAN-SM klik http://bansm.or.id/ (tunggu beberapa detik kemudian klik SKIP THIS AD)
  • Kemudian klik menu Jenjang
  • Pilih data akreditasi sekolah atau madrasah yang kamu inginkan (Tersedia: Data SD/MI, Data SMP/MTs, Data SMA/MA, Data SMK, dan Data SLB)
  • Misalnya kita ingin melihat data akreditasi SMA/MA, maka klik Data SMA/MA maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
cara melihat akreditasi sekolah
  • Pada -PILIH PROVINSI- (Pilih Provinsi Tempat Sekolah Kamu Berada)
  • Pada -PILIH KOTA/KAB- (Pilih Kota/Kab Tempat Sekolah Kamu Berada)
  • Pada -TIPE SEKOLAH- (Pilih Tipe Sekolah kamu, tipe terdiri dari; SEKOLAH atau MADRASAH)
  • Pada -STATUS SEKOLAH- (Pilih Status Sekolah kamu, status terdiri dari; NEGERI atau SWASTA)
  • Pada -PERINGKAT- (Pada pilihan peringkat bisa dikosongkan saja, atau bisa dipilih sesuai yang kamu inginkan. Peringkat merupakan akreditasi yang terdiri dari: A, B, C, dan TT atau Tidak Terakreditasi)
  • Pasa menu Show dapat dipilih sampai 100 tampilan

Berikut contoh cara melihat akreditasi sekolah negeri di provinsi  DKI Jakarta

Akreditasi Sekolah di Jakarta Pusat

Nah, itulah tadi cara untuk melihat akreditasi sekolah ataupun madrasah. Semoga bermanfaat bagi adik-adik atau teman-teman pengunjung blog ini dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

30 comments for "CARA MELIHAT AKREDITASI SEKOLAH [SD/SMP/SMA/MA/SMK]"

  1. wah kalau tu gini saya bisa pilih ya tanpa perlu iming-iming dari orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini sdah tahu kan gan, silahkan dibagikan :)

      Delete
  2. coba gan, ane jadi mau cek akreditasi sma ane.

    ReplyDelete
  3. Sekolah saya dulu akreditasnya A, ternyata hanya mencakup 50% ya.. saya kira lebih dari itu sebelumnya.. makasih jd tau skrg detailny

    ReplyDelete
  4. mantap dah gan, sekarang bisa tau nih cara mengetahui akreditasi sekolah thanks gan

    ReplyDelete
  5. sekolah dulu ane ngga ada gan gimana itu ? wkwkkw alig dah

    ReplyDelete
  6. wah jadi bisa melihat nih mana yang bagus mana yang ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,. mengingat persyaratan snmptn yg berbeda terhadap akreditasi sekolah, akan lebih baik jika keluarga atau adik-adik kita dimasukkan ke sekolah minimal akreditasi B atau paling rendah C gan.

      Delete
  7. mudah sekali cara checking nya,,,, jadi orang tua harus cerdas-cerdas memilih sekolah yang berakreditasi

    ReplyDelete
  8. Detail banget ya, saya tau tempat mengajar sekarang gimana kualitasnya. Nilai akhirnya 75.

    SMKS Yaspi Syamsul 'Ulum Kota Sukabumi.

    Tapi itu data belum akurat soalnya bangunan sekarang udah berubah. Juga jurusan pun ada 4 sedangkan yang tercatat baru satu.

    Makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akreditasi itu biasanya 4/5 tahun sekali mas,. jadi mungkin saja sekolah tersebut belum di akreditasi ulang karena masa akreditasi sebelumnya masih berlaku.

      Delete
  9. Kalau cara lihat akreditasi Universitas gimana ya gan?

    ReplyDelete
  10. baca yang ginian jadi inget pas dulu2 mau daftar kuliah,.

    ReplyDelete
  11. Ternyata sangat mempengaruhi kuota pendaftaran ke jenjang berikutnya ya jika akrefitasi sekolah nya bagus.trims bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar banget gan,. dunia pendidikan semakin sulit terutama jalur SNMPTN.

      Delete