CARA PENDAFTARAN SBMPTN 2017/2018

Cara pendaftaran sbmptn lengkap

[winmahdi.com] Cara Pendaftaran Sbmptn 2017/2018. SBMPTN adalah seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Terdapat 88 (Delapan pulu delapan) PTN yang tergabung ke dalam SBMPTN Tahun 2017. Dimulai dari ptn Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), ... hingga Universitas Masamus Merauke (Merauke). Pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online dan dapat dilakukan dari seluruh wilayah Indonesia yang memiliki koneksi Internet. Baik via warnet maupun laptop dan smartphone (Hp). Namun akan lebih baik jika pendaftaran dilakukan dari jaringan internet yang memiliki koneksi yang stabil agar proses pendaftaran dan pengisian borang sbmptn dapat berjalan lancar.

Cara Pendaftaran SBMPTN Tahun 2017/2018

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Untuk tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman tersebut.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan ujian keterampilan silahkan di download (unduh) melalui halaman http://download.sbmptn.ac.id. Pengunduhan hanya bisa dilakukan mulai 03 April 2017.
  3. Pendaftaran online untuk PBT (Paper Based Testing) dan CBT (Computer Based) dibuka mulai tanggal 11 April 2017 pukul 08:00 WIB s/d 05 Mei 2017 pukul 22:00 WIB.
 

Biaya Pendaftaran SBMPTN Tahun 2017/2018

Untuk biaya pendaftaran sbmptn 2017 masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 200.000,- yang dapat disetorkan melalui bank BNI, Mandiri, atau Bank BTN di seluruh cabang yang ada di Indonesia. Jadi tidak perlu repot-repot pergi ke kota besar untuk melakukan penyetoran biaya pendaftaran jika di tempat teman-teman juga tersedia salah satu cabang dari bank tersebut.

Pembayaran biaya pendaftaran seleksi SBMPTN 2017 juga dapat dilakukan melalui internet banking dan sms banking. Jika teman-teman tidak ingin repot keluar rumah maka pembayaran melalui internet banking dan sms banking adalah cara terbaik melakukan pembayaran biaya pendaftaran sbmptn.

Perlu diketahui bahwa uang yang sudah disetorkan untuk pembayaran biaya pendaftaran sbmptn tidak dapat ditarik kembali. Jadi pastikan bahwa sebelum membayar jenis ujian dan data-data pada borang pendaftaran sbmptn sudah terisi dengan benar.

Kesalahan pilihan prodi dan jenis ujian sbmptn (Saintek/Soshum/Campuran) menyebabkan teman-teman harus melakukan pembyaran pendaftaran kembali jika ingin mengubah pilihan prodi dan jenis ujian. Jadi berhati-hati dan telitilah sewaktu melakukan pendaftaran sbmptn 2017/2018. Lakukan dengan baik dan benar dan jangan melakukan pendaftaran sbmptn secara terburu-buru tanpa memeriksa kebenaran data yang diisikan terlebih dahulu.

Kelompok Ujian dan Jumlah Pilihan Prodi/Jurusan SBMPTN Tahun 2017/2018

  • Prodi atau Program Studi yang terdapat di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok SBMPTN Saintek dan kelompok SBMPTN Soshum
  • Peserta dapat memilih prodi sebanyak-banyaknya tida program studi dengan ketentuan:
  • Jika prodi yang dipilih semuanya berasal dari kelompok Saintek, maka peserta akan mengikuti kelompok ujian SBMPTN Saintek
  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum
  • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok SBMPTN Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian SBMPTN Campuran (Saintek dan Soshum)
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan proritas pilihan (Jadi tempatkan prodi yang paling Anda minati diurutan pertama).
  • Peserta seleksi Sbmptn yang hanya memilih 1 (satu) program studi bebas memilih prodi di PTN manapun, bagi peserta yang memilih 2- 3 prodi maka salah satu prodi pilihan harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian.

Untuk informasi seputar SBMPTN dan SNMPTN teman-teman silahkan klik Info Sbmptn & Snmptn untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

Demikianlah informasi seputar pendaftaran sbmptn 2017/2018 ini, semoga bermanfaat buat teman-teman dan sampai jumpa di postinga selanjutnya.

5 komentar: