SATUAN PENGUKURAN WAKTU [MATEMATIKA]

[www.winmahdi.com] Teman-teman sekalian, kali ini kita akan membahas kembali tentang materi matematika. Materi matematika yang akan kita angkat adalah materi Satuan Pengukuran Waktu. Disini kita akan lebih memahami tentang satuan-satuan pengukuran waktu. Contohnya: teman-teman tahu tidak satu dasa warsa itu berapa tahun? tahu tidak 1 (satu) lustrum itu berapa tahun? Nah, disini kita akan membahas tentang satuan-satuan pengukuran waktu dalam matematika dan kehidupan kita sehari-hari.

Apa manfaatnya mempelajari tentang satuan pengukuran waktu ini? Mempelajari satuan pengukuran waktu dalam matematika tentu akan menambah wawasan kita dan akan memudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Bayangkan kalau kita tidak tahu satu minggu itu berapa hari? bisa kacau kan agenda-agenda yang akan kita lakukan, hehehe. Oke, mari kita mulai pelajaran tentang satuan pengukuran waktu ini.

Satuan Pengukuran Waktu

Satuan Pengukuran Waktu [Matematika]

1 Abad sama dengan 100 Tahun
1 Abad sama dengan 12.5 Windu
1 Dasa warsa sama dengan 10 Tahun
1 Lustrum sama dengan 5 Tahun
1 Tahun sama dengan 12 Bulan
1 Tahun sama dengan 365 hari atau 366 hari (tahun kabisat)
1 Bulan sama dengan 30 dan/atau 31 hari
1 Bulan sama dengan 28 atau 29 hari khusus bulan Februari (29 hari merupakan tahun kabisat [angka tahun tersebut habis di bagi 4], contoh: tahun 2008 bulan februarinya adalah 29 hari)
1 Minggu sama dengan 7 hari
1 Hari sama dengan 24 Jam
1 Jam sama degan 60 menit
1 Menit sama dengan 60 detik
1 Jam sama dengan 3600 detik


Jumlah hari pada masing-masing bulan kalender

Bulan Januari terdapat 31 hari
Bulan Februari terdapat 28 hari (tahun yang tidak habis dibagi 4) atau 29 hari (tahun yang habis dibagi 4)
Bulan Maret terdapat 31 hari
Bulan April terdapat 30 hari
Bulan Mei terdapat 31 hari
Bulan Juni terdapat 30 hari
Bulan Juli terdapat 31 hari 
Bulan Agustus terdapat 31 hari
Bulan September terdapat 30 hari
Bulan Oktober terdapat 31 hari
Bulan November terdapat 30 hari
Bulan Desember terdapat 31 hari

Nah, itulah penjelasan mengenai satuan pengukuran waktu dalam matematika. Satuan pengukuran waktu ini sangat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari. Dengan adanya materi satuan pengukuran waktu ini diharapkan kita lebih mengetahui dan menambah wawasan kita mengenai satuan-satuan waktu dalam aktifitas kita. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

12 komentar:

  1. wah nggak mengerti (Y) mungkin otakku cupu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sulit untuk mengerti kok gan, cuman modal baca aja udah bisa ngerti kok. Kecuali agan gk baca :D

      Delete
  2. wah memang awalnya agak rumit tapi lama kelamaan otaku terbiasa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan berpikiran rumit dlu gan, ini masih hafalan aja belum hitungan, hehehehe.

      Delete
  3. lumayan buat ingetin pelajaran sekolah dulu skrng boro" buka ginian heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget gan, asal masih ingat 1 minggu 7 hari aja udah lmayan daripada amnesia semua :D

      Delete
  4. ini untuk pelajaran SD? kalo standar internasional 1 meter apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kita bhas lagi ya gan,. kita disini masih membahas tentang satuan waktu gan. hehehe

      Delete
  5. cocok sangat nih bagi anak sekolahan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk blogger kyk kita-kita juga masih cocok gan, hehehe

      Delete