SYARAT PENDAFTARAN SNMPTN DAN SBMPTN 2017/2018

[www.winmahdi.com] Syarat Pendaftaran Snmptn dan Sbmptn 2017/2018. Snmptn dan Sbmptn adalah seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang diadakan setiap tahun untuk menyeleksi calon mahasiswa/i yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh snmptn dan sbmptn. Terdapat perbedaan mendasar antara seleksi SNMPTN (Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) dan SBMPTN (Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri). Seleksi SNMPTN dilaksanakan tanpa melakukan ujian tulis, sedangkan seleksi SBMPTN sebaliknya melakukan seleksi calon mahasiswa baru melalui tes tertulis. Dimana tes tertulis ini dibagi menjadi dua sistem, yaitu: Tes Tulis Sistem CBT dan Tes Tulis Sistem PBT. Kedua sistem tes ini memiliki soal yang sama namun perangkat yang digunakan yang berbeda. CBT menggunakan perangkat komputer sedangkan PBT menggunakan kertas sebagai medianya.

Untuk mengikuti seleksi SNMPTN dan SBMPTN tidak sembarangan. Terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pendaftaran snmptn dan sbmptn tahun 2017/2018 ini. Berikut syarat-syarat pendaftarn snmptn dan sbmptn tahun ini.

syarat pendaftaran snmptn & sbmptn
Syarat Pendaftaran SNMPTN 2017
Pendaftar SNMPTN merupakan siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017 dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Pendaftar SNMPTN memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    • akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    • akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    • belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  • Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.
  • Pendaftar telah  memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  • Pendaftar memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Pendaftar memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN yang bersangkutan).
 
Syarat Pendaftaran SBMPTN 2017
  • Pendaftar merupakan siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015, 2016 dan 2017. Untuk lulusan tahun 2015 dan 2016 sudah harus memiliki ijazah.
  • Bagi pendaftar sbmptn lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 sudah harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL/SKTL) Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap (stempel basah) yang sah dari sekolah.
  • Pendaftar Sbmptn atau Peserta seleksi sbmptn hendaknya memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
Sudah tahukan bedanya syarat pendaftaran seleksi SNMPTN dan SBMPTN 2017/2018?. Jadi untuk seleksi SNMPTN hanya bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun dilaksanakannya snmptn saja. Berbeda dengan seleksi SBMPTN yang bisa diikuti lulusan 3 tahun terkhir. Misal sbmptn 2018 maka peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018. Selain itu perlu teman-teman ketahui bahwa pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di pungut biaya sebesar Rp 200.000 untuk masing-masing jenis kelompok ujian (Saintek, Soshum atau Campuran). Berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mana biaya pendaftarannya gratis.

Oke,.. saya rasa demikianlah informasi seputar syarat pendaftaran snmptn dan sbmptn yang dapat saya sajikan buat teman-teman. Untuk info snmptn dan sbmptn lainnya silahkan klik INFO SBMPTN dan INFO SNMPTN. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

7 komentar:

  1. Nice Postingan mas :)) bisa di cobaa:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan coba2 kalau sdah tidak bisa gan 😀

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Smk bisa dkng ikutan sbpmtn?apakah peluangnya lebih kecil dibandingkan sma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dk,. peluang sama untuk semua peserta, kelulusan hanya ditentukan oleh nilai yang adik peroleh

      Delete