Contoh Soal CPNS Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) dan Jawaban

Soal Tes Wawasan Kebangsaan
Soal CPNS Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Contoh Soal CPNS Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) dan Jawaban. Bulan September adalah bulan yang sedang hangat-hangatnya tentang info pendaftaran seleksi CPNS. Begitu banyak lulusan-lulusan Perguruan Tinggi yang antusias dalam pendaftaran seleksi CPNS 2017, baik untuk lulusan S1 maupun S2. Selain untuk lulusan S1 dan S2, beberapa kementerian juga membuka seleksi CPNS untuk lulusan SMA/MA/SMK?Sederajat misalnya seperti BNN dan Kejaksanaan Agung. Formasi yang tersedia untuk tamatan SMA sederajat ini adalah untu sipir dan pelatih (pawang).

Untuk menjadi PNS bukanlah perkara mudah, mengingat ada beberapa tahap tes yang harus dilalui dan tentu setiap tesnya diwajibkan lulus. Tes yang umum dilakukan adalah Tes Kompetensi Dasar (SKD), Tes Kemampuan Bidang (SKB), dan Wawancara bahkan ada beberapa institusi yang juga menyelenggarakan tes fisik. Tahap awal seleksi adalah seleksi SKD (Seleksi Kompetensi Dasar), siapa saja yang berhasil lolos pada seleksi ini dan memenuhi passing grade yang telah ditentukan, maka berhak ikut serta dalam seleksi selanjutnya (SKB). Permasalahan muncul, ketika banyak dari peserta yang ternyata masih belum paham (tahu) apa saja soal-soal yang masuk dalam kelompok soal SKD, sehingga banyak peserta seleksi yang gagal masuk ke ujian berikutnya. Oleh karena itu admin akan membagikan sedikit informasi mengenai Soal Seleksi Kompentensi Dasar dan beberapa contohnya.

Soal SKD (TKD) terdiri dari soal: 
- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) klik disini
- Tes Inteligensia Umum (TIU) klik disini
- Tes Karakteristik Pribadi (TKP) klik disini

Pada kesempatan ini saya akan membagikan beberapa contoh soal SKD untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Baca dan pahami soal-soal TKW berikut ini !

Soal TWK #1. Presiden Soekarno dalam sidang BPUPKI, mengusulkan rumusan Pancasila yaitu ....
A. Gotong royong, ketuhanan, kerakyatan, nasionalisme dan demokrasi
B. Kesejahteraan sosial, internasionalisme, nasionalisme, perikemanusian dan ketuhanan
C. Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradap, persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
D. Ketuhanan, mufakat, kesejahteraan sosial dan ketuhanan
E. Keadilan sosial, mufakat, ketuhanan, demokrasi dan nasionalisme

Soal TWK #2. Sebagai warga negara Indonesia kita seharusnya memaknai Pancasila sebagai ....
A. Falsafah dan dasar negara
B. Sumber hukum
C. Panduan hidup
C. Pandangan hidup
E. Semua benar

Soal TWK #3. Undan Undang Dasar 1945 telah mengalami amandemen beberapa kali, hingga saat ini UUD 45 telah di amandemen sebanyak ...
A. 5 kali
B. 4 kali
C. 3 kali
D. 2 kali
E. 1 kali

Soal TWK #4. Pada tahun berapa UUD 45 pertama kali di amandemen ...
A. 19 Oktober 2001
B. 19 Oktober 2002
C. 19 Oktober 1999
D. 19 Oktober 2000
E. 19 Oktober 1998


Kunci Jawaban Soal TWK
1. A
2. C
3. B
4. C

Untuk mendapatkan soal-soal TWK lengkap silahkan klik disini

Jurus Jitu Lulus CPNS: Bagi Anda yang membutuhkan materi lengkap SKD (TWK, TIU, TKP)  beserta Soal-soal dan jawabannya, silahkan hubungi admin via FB CPNS Terbaik (Klik disini). Selain materi SKD disediakan juga bonus-bonus soal TKB. Buruan chat, harga sangat murah.

0 komentar

Post a Comment