SOAL TREND AKUNTANSI DAN PEMBAHASAN

Soal Trend Akuntansi dan Pembahasan. Bab trend akuntansi merupakan materi bagian dari teori akuntansi. Banyak hal-hal menarik yang dapat kita temukan dalam teori akuntansi apalagi jika mendengar pendapat-pendapat ahli dalam mengamati trend akuntansi. Berikut ini adalah beberapa soal trend akuntansi (teori akuntansi) dan pembahasan lengkapnya.

Soal Trend Akuntansi dan Pembahasan

1. Sebutkan pendapat Bruche Lev tentang krisis akuntansi!
Pembahasan:
Bruche Lev mengkritisi krisis akuntasi dengan mengatakan  peranan akuntansi akan semakin kecil jika tidak dirubah. Menurut Bruche Lev  akuntansi adalah merupakan produk ekonomi lama, era 1400-an dan bukan a good eyesight. Lensa ekonomi lama tidak akan bisa melihat situasi ekonomi baru. Apalagi jika ingin melaporkan hal.hal yang berkaitan dengan aktiva tidak berwujud seperti ide, merk, cara kerja, goodwill, franchises, di samping tidak bisa pula memberikan pertanggungjawaban. Saat ini perusahaan banyak melakukan proyek penelitian untuk pengembangan intangible asset dan akuntansi belum memberikan respon yang baik. Karenanya perlu mendekonstruksi pemikiran terhadap prinsip akuntansi dan keuangan.

2. Bagaimana pendapat Riahi-Belkaoui atas krisis profesi!
Pembahasan:
  1. Profesi Akuntan, mengalami “proletarization of accountant”, di USA terjadi penurunan remunerasi, jumlah tenaga kerja dan pengurangan jasa akuntan/auditing.
  2. Banyak tindakan kecurangan yang dilakukan korporasi maupun fraud yang melibatkan akuntan
  3. Menurunnya workload dalam proses akuntansi, karena kemajuan komputer.
  4. Iklim organisasi di kantor akuntan tidak kondusif. Kantor akuntan hanya sebagai batu loncatan untuk memasuki dunia bisnis lain yang lebih menggiurkan.
  5. Dalam produksi ilmu pengetahuan dalam akuntansi terjadi gap antara hasil proses ilmu pengetahuan dari proses akademik tidak “match” dengan kebutuhan dunia praktek.

3. Apa yang dimaksud dengan EMH?
Pembahasan:
Efficient Market Hypothesis (EMH) adalah sebuah hipotesis yang menyatakan bahwa harga dari sebuah surat berharga menggambarkan secara lengkap ketersediaan informasi tentang surat berharga tersebut.


4. Apa yang dimaksud dengan value added reporting apa kaitannya dengan Akuntansi SDM? 
Pembahasan:
Value added reporting atau laporan pertambahan nilai memberikan informasi tentang nilai tambah yang diperoleh perusahaan selama periode tertentu dan kepada pihak mana nilai tambah ini disalurkan atau yang menikmatinya ,jadi pelaporannya tidak hanya menyajikan nilai tambah yang diterima pemilik saham tetapi semua stakeholders atau mereka yang ikut berkontribusi dalam penciptaan nilai tambah itu dapat juga diartikan sebagai pertambahan kekayaan yang dihasilkan dari penggunaan produktif sumber daya perusahaan sebelum dialokasikan kepada pemegang saham, pemegang obligasi, kreditor, pekerja dan pemerintah.kaitan VAR dengan SDM yaitu dalam hal informasi yang disajikannya, VAR berusaha untuk mengisi kekurangan dengan memberikan informasi tentang kompensasi yang diberikan kepada pegawai yang dapat digunakan baik oleh pegawai maupun mereka yang berkepentingan lainnya terhadap informasi kegiatan SDM dan prestasi perusahaan.

5. Jelaskan pengertian CAMP?
Pembahasan:
Capital Assets Princing Model (CAPM) adalah suatu model yang menaksir laba yang abnormal atau laba yang tidak diperkirakan dari saham biasa suatu perusahaan pada saat diumumkannya laba perusahaan.

0 komentar

Post a Comment