Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Sitelink? Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink dari Google?

Apa itu sitelink dan bagaimana cara mendapatkan sitelink dari google?. Saya ingat dulu, pada tahun 2007-an pertama kali saya membuat blog, sitelinks atau tautan situs itu masih bisa kita buat sendiri melalui Google Webmaster. Kita tinggal buka tab Search Apprearance kemudian klik Sitelinks, selanjutnya memasukkan link-link situs yang ingin kita tampilkan di laman pencarian google.

Seiring perkembangannya, kini google sudah tidak menyediakan fitur tersebut. Untuk menampilkan sitelinks sebuat website/blog, google telah memiliki algoritma sendiri yang mampu menampilkan dan tidak menampilkan sitelinks suatu website secara otomatis. Muncul pertanyaan Apakah sitelink itu???


Apa itu Sitelinks?

Tanpa penjelasan secara rincipun kita sebenarnya sudah paham apa itu pengertian sitelinks atau tautan situs. Sitelinks merupakan link-link yang mengarah ke artikel suatu blog/website, yang umumnya sering dibuka/dikunjungi atau dibutuhkan oleh pembaca. Namun demikian, perlu penjelasan yang jelas dari pemberi sitelink itu sendiri. Siapa dia, siapa lagi kalau bukan google search engine. Menurut mbah google, yang saya kutip dari laman support google. Berikut definisi atau pengertian sitelink.
Sitelinks atau tautan situs adalah tautan yang ditunjukkan di bawah beberapa hasil penelusuran Google, yang disebut tautan situs, dimaksudkan untuk membantu pengguna menavigasi situs Anda. Sistem kami menganalisis struktur tautan situs untuk menemukan pintasan yang akan menghemat waktu pengguna dan memungkinkan mereka menemukan informasi yang dicari dengan cepat.
Dari pendefinisian di atas jelas bahwa sitelinks itu bisa kita temukan dari 'beberapa penelusuran'. Artinya tidak mutlak satu penelurusan saja, misalnya sitelinks bisa muncul dengan mengetikkan judul website di google, sitelinks juga bisa muncul dengan mengetikkan alamat web kita di google, atau bahkan tidak muncul sitelinks walau dengan penelusuran judul dan alamat website. Kenapa hal ini terjadi?  

Contoh Sitelink Blog Winmahdi.com

Contoh sitelinks

Contoh Sitelink dari Google


Tautan situs google



Kenapa Sitelink Blog Tidak Muncul?

Kenapa sitelink blog saya tidak muncul?. Menurut mbah google, sitelinks bisa saja tidak muncul karena mbah menganggap bahwa website tersebut tidak relevan untuk menampilkan tautan situs. Kata mbah google....
Kami hanya menampilkan sitelinks untuk hasil bila menurut kami bermanfaat bagi pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengizinkan algoritma kami menemukan sitelinks yang baik, atau jika menurut kami sitelinks untuk situs Anda tidak relevan dengan kueri pengguna, tautan sitelinks tersebut tidak akan ditampilkan.

Cara mendapatkan Sitelink dari Google

Bagaimana cara mendapatkan sitelink blog dari google?. Terdapat beberapa cara untuk menampilkan sitelinks di mesin pencarian google menurut pengalaman saya sendiri, di antaranya adalah membuat artikel seinformatif mungkin, membuat artikel yang kira-kira memang dibutuhkan pembaca, menghindari copas atau rewrite yang berlebihan, mengatur navigasi blog sesuai standar atau bisa dikatakan rapi dan jelas sesuai kategorinya. Ini tentu hanya asumsi pribadi saya saja, bisa saja diragukan kebenarannya, namun demikian rasanya perlu diterapkan untuk dicoba. 

Bagaimana dengan google sendiri? apa yang dianjurkan google untuk memperoleh sitelinks?. Google sendiri tidak memberikan ulasan rinci mengenai tips-tips cara memperoleh sitelinks secara otomatis, google hanya mengatakan.....

Saat ini, tautan situs bersifat otomatis. Google selalu berusaha untuk memperbaiki algoritma sitelinks, dan kami akan menyertakan masukan webmaster di waktu yang akan datang. Namun demikian, ada praktik (cara) terbaik yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan kualitas (memunculkan) sitelinks. Misalnya, untuk tautan internal situs, pastikan Anda menggunakan teks tautan dan teks alt yang informatif, singkat, dan menghindari pengulangan.
Demikianlah ulasan ringkas mengenai apa itu sitelink? dan bagaimana cara mendapatkan sitelink blog dari google. Jika teman-teman merasa keberatan, berbeda pandangan dengan saya, teman-teman bisa memasukkan kritik dan saran yang bersifat membangun di kolom komentar.  Wassalam.

10 comments for "Apa itu Sitelink? Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink dari Google?"

  1. Waahh, berani butuh waktu yang agak lama dan konsisten ngeblog agar bisa memunculkan sitelink, jika dilihat sitelink nampak menarik bagi pemabca saat muncul di google search.

    Saya sendirj sadar, blog saya pasti lama agar dapat sitelink, krena ngepost saja 2 minggu sekali, tapi tetap konsisten, paling ga buth waktu setahun atau lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah waktu itu relatif gan, soalnya dalam waktu 1 bulan lebih blog ini sudah memiliki sitelinks di mesin pencarian gan. Kalau Konsisten menerbitkan artikel itu yg memang besar pengarruhnya gan. 2 minggu sekali asal konsisten dan bermanfaat bagi pembaca pasti akan diberi hadiah sitelinks gan, hehehe

      Delete
  2. Wah udah lama sekali ya mas ngeblognya. Bukan apa-apa nih ama saya yang baru ngeblog hampir setahun n baru juga belajar nulisnya. Makasih ya udah ngebahas tautan link ini. Cocok untuk blogger baru seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenal dan buat blog sudah lama mbak, tapi untuk serius baru beberapa tahun aja. Jadi klo msalah kmampuan kita masih sama" membangun mbak, hehehe

      Terimakasih telah berkunjung.

      Delete
  3. sitelink blogku kadang muncul kadang enggak mas hehe

    ReplyDelete
  4. "Anda menggunakan teks tautan dan teks alt yang informatif, singkat, dan menghindari pengulangan".
    teks alt yang informatif seperti apa ya min? terus maksudnya menghindari pengulangan, pengunlangan apa? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  5. blog saya rezanauma.com dulu jg smpet dapet sitelink, tp stelah migrasi dari HTTP ke HTTPS sekarang malah sitelink nya jadi hilang...

    Mas punya SOLUSI nggak?
    apa cukup di tunggu aja ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah melakukan submit sitemap setelah melakukan peralihan dari http ke https gan?

      Jika sdah, maka cukup ditunggu saja seraya terus melakukan update secara teratur. Peralihan dari http ke https membutuhkan waktu di search engine dan tentunya mempengaruhi data sitelink gan. Jadi bersabar dan terus posting secara berkala gan.

      Delete
  6. sitelink blog Sinichinet milik saya kadang tidak muncul, kadang muncul 4-6 baris. seringnya sih tidak muncul. kira2 mengapa bisa begitu ya, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sitelink ini dimunculkan secara otomatis oleh sistem penelusuran google gan, jadi kita tidak tau persis kenapa bisa muncul dan kadang tidak muncul. Namun, berdasarkan pengalaman saya jika artikel kita sering atau bahkan hampir setiap hari dikunjungi oleh pengunjung maka artikel tersebutlah yang paling sering muncul di sitelink gan.

      Delete