Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M. Hari Raya Idul Fitri (Eid Mubarak) 1439 H / 2018 M jika tidak ada perubahan, maka akan berlangsung pada hari Jum'at tepatnya pada tanggal 15 Juni 2018. Hari Raya (lebaran) Idul Fitri 1439 H adalah hari besar yang sangat dinanti-nantikan umat Islam seluruh dunia, khususnya umat muslim yang telah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Untuk menyambut hari Raya Idul Fitri atau hari kemenangan bagi umat muslim ini, biasanya berbagai ucapan selamat hari raya akan dilontarkan baik secara langsung maupun melalau berbagai media, seperti media sosial facebook, twitter, telegram, WhatsApp, Line, BBM, dan media-media lainnya seperti ucapan selamat hari Raya melalui sms/telp. Terdapat dua cara yang dapat kita lakukan dalam mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri ini, yaitu mengucapkan sesuai sunnah atau sesuai yang di ajarkan Nabi Besar Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri sebagaimana pada umummnya di negara kita Indonesia.

Berikut adalah ucapan (kartu ucapan / text ucapan) selamat hari raya Idul Fitri yang dapat kamu gunakan untuk bersilaturahin / bersilaturahmi bersama teman, sahabat, keluarga baik secara langsung atau melalui media handphone dan sosial media.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M Sesuai Sunnah 

Taqabbalallahu minna wa minkum

" Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)." 

Dalil dari ucapan hari Raya Idul Fitri di atas adalah: Haditsnya Muhammad bin Ziyad, berkata : ketika itu aku bersama Abu Umamah Al-Bahili Radhiallahu Anhu dan sebagian sahabat Nabi shallallahu Alaihi Wasallam yang lain, lalu apabila mereka pulang sebagian mengucapkan kepada sebagian lainnya : (Taqabbalallahu minna waminkum) (semoga Allah menerima amal kami dan kalian), Imam Ahmad bin Hanbal berkata : sanadnya baik.

Cara menjawab ucapan  " Taqabbalallahu minna wa minkum " dari sahabat / keluarga / saudara seiman adalah dengan cara mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum" atau dengan ucapan yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan Firman Allah yang artinya;

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal ….” (Q.s. An-Nisa’:86).

Berikut ini beberapa pendapat dari para ulama tentang cara menjawab ucapan selamat idul fitri "Taqabbalallahu minna wa minkum"

  • Dari Habib bin Umar Al-Anshari; bapaknya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan –shahabat– Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka aku ucapkan kepadanya, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” kemudian beliau (Watsilah) menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (H.R. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al-Kabir)
  • Dari Adham, mantan budak Umar bin Abdul Aziz; beliau mengatakan, “Ketika hari raya, kami menyampaikan ucapan kepada Umar bin Abdul Aziz, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum, wahai Amirul Mukminin.’ Maka beliau pun menjawab dengan ucapan yang sama dan beliau tidak mengingkarinya.” (H.R. Al-Baihaqi)
  • Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj; beliau mengatakan, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian beliau jawab dengan ucapan yang sama.” (H.R. Ad-Daruquthni dalam Ad-Du’a)

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M di Indonesia 



 "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin."

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

 "Perkataan yang paling baik adalah "Allah"
Irama yang paling indah adalah "Adzan"
Referensi yang paling lengkap adalah "Al-Qur'an" 
Senam yang palig sehat adalah "Shalat"
Diet yang paling bagus adalah "Puasa"
Kebersihan yang menyegarkan adalah "Wudhu"
Perbuatan yang paling mulia adalah "Memaafkan"
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H
Mohon Maaf Lahir & Bathin."


"Mata bisa salah melihat
Mulut bisa salah berbicara
Telinga bisa salah mendengar
Hati bisa salah berprasangka
Di hari yang suci ini saya ucapakan

Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Selamat Hari Raya Iduk Fitri 1439 H"

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H

0 Response to "Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel