Cara Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.BKN.Go.Id

CPNS 2018 - Cara Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.BKN.Go.Id. SSCN BKN GO ID adalah satu-satunya website pendaftaran CPNS 2018. SSCN adalah Sistem Seleksi CPNS Nasional yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk menjaring peserta CPNS. Jika tahun-tahun sebelumnya pendaftaran CPNS juga dilakukan di website institusi terkait, maka untuk tahun ini tidak demikian.

Pendaftaran CPNS 2018 akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id. “Dengan perubahan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu,” (Iwan Hermanto - Deputi Sinka BKN).

Terdapat beberapa alur atau tahapan cara pendaftaran CPNS 2018 yang harus kamu pahami dalam agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Cara pendaftaran CPNS 2018
Pendaftaran CPNS 2018

Informasi Pendaftaran CPNS 2018 di SSCN

Pendaftaran CPNS paling cepat dilaksanakan tanggal 26 September 2018 pukul 00.01 WIB.
Jadwal pembukaan pendaftaran CPNS berdasarkan setting yang dilakukan oleh masing-masing instansi melalui SSCN.

Peserta dapat melakukan pendaftaran di instansi yang telah membuka pendaftaran, dengan catatan bahwa formasi telah direkam ke dalam SSCN dan telah di verifikasi oleh BKN.

Bagi instansi yang belum memenuhi ketentuan pada poin 3, maka pilihan instansi tersebut belum muncul dan belum dapat dipilih oleh calon pendaftar.

Pada tanggal 26 September 2018, seluruh calon peserta dapat membuat Akun terlebih dahulu, sebelum mendaftar di instansi yang telah siap menerima pendaftaran.



Alur Pendaftaran CPNS 2018

Sebelum Anda melakukan pendaftaran ke instansi dan jabatan yang dituju, seluruh peserta (termasuk yang sudah pernah mendaftar di SSCN sebelumnya) diwajibkan untuk membuat sebuah akun akses SSCN 2018 terlebih dahulu.

Silahkan pilih jenis formasi yang ingin didaftar, kemudian masukkan data diri sesuai dengan jenis formasi yang dipilih, lalu klik tombol "Lanjutkan".

Alur cara pendaftaran secara lengkap dapat kamu lihat melalui gambar berikut ini:

Cara Pendaftaran CPNS di SSCN BKN




#Cara Pendaftaran CPNS 2018 di SSCN-BKN

Pendaftaran cpns 2018 dilakukan secara online dan hanya melalui situs/portal cpns bkn http://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran CPNS 2018/2019 ini dianggap lebih sederhana karena tidak harus melakukan pendaftaran pada masing-masing situs instanti seperti pada tahun lalu. Adapun tata cara pendaftaran online cpns 2018 adalah:
  • Membuka laman http://sscn.bkn.go.id (dapat diakses mulai hari ini)
  • Memasukkannomor NIK
  • Mamsukkan nomor Nomor Kartu Keluarga / NIK Kepala Keluarga
  • Masukkan kode CAPTCHA di atas
  • Klik lanjutkan
  • Selanjutnya ikuti tahap  2 (lihat alur pendaftaran di atas)

#Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2018, ada baiknya Anda sudah menyiapakan persyaratan pendaftara CPNS 2018 terlebih dahulu, seperti persyaratan pada umumnya yaitu;
  • Pas Foto background merah ukuran 4x6 dan 3x4 (dalam jpg maksimal 200kb)
  • Scan Ijazah (dalam pdf dengan ukuran maksimal 300kb)
  • Scan Transkrip Nilai (dalam pdf dengan ukuran maksimal 300kb)
  • Scan KTP (dalam pdf dengan ukuran maksimal 300kb)
  • Scan/foto kopi sertifikat Akreditasi prodi di ijazah (scan dalam pdf maksimal 300kb)
Jika Anda mengalami kesulitan saat dalam mengecilkan ukuran PDF hasil Scan ijazah/transkrip atau file berkas CPNS lainnya, silahkan baca disini "Cara mengecilkan ukuran file pdf" untuk cara termudahnya.

Syarat-syarat pendaftaran CPNS di atas sudah harus dipersiapkan mulai saat ini, untuk syarat pendaftaran CPNS lainnya silahkan disesuaikan dengan informasi resmi dari pihak BKN yang sudah tersedia di portal pendaftaran CPNS 2018 https://sscn.bkn.go.id.

Untuk bekal persiapan menghadapi ujian cat seleksi CPNS 2018, silahkan di bahas soal-soal berikut ini;

Contoh Soal TWK, TIU, dan TKP Pdf

Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pdf (download)
Soal CPNS Tes Intelegensi Umum (TIU) pdf (download)
Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi (TKP) pdf (download)

 
Semoga beberapa contoh soal cpns skd ini bermanfaat bagi Anda, selamat berlatih dan semoga dapat menyelesaikan soal-soal SKD 2018 dengan mudah.

0 Response to "Cara Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.BKN.Go.Id"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel