Cara Agar Blog Tidak di Copas Sembarangan (Anti Copas)

Copas! apa itu copas?. Copas adalah singkatan dari Copy dan Paste yang telah menjadi istilah di kalangan penulis blog. Orang yang suka mengkopi tulisan orang lain dari media blog seperti blogger/wordpress kemudian memasukkan (paste) ke blog pribadinya sering disebut sebagai Copaser.

Sebagai penulis blog, Anda tentu tidak ingin jika hasil tulisan anda di kopi paste (copas) begitu saja oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Copaser yang tidak bertanggung jawab adalah tukang kopi pasti artikel blog orang lain tanpa menunjukkan sedikitpun rasa terimakasihnya, misalnya, tidak memberikan link kredit ke blog sumber tulisannya. Dalam dunia per-blogger-an tentu kopi dan paste ini sudah sangat marak dan sering terjadi, hanya saja kita sebaiknya jangan memilih jalan pintas ini. Tunjukkanlah kreatifitas kita dalam menulis, jangan langsung kopi paste seenaknya, kalau mau kopi paste setidaknya berikanlah link sumbernya atau cara teraman dalam copas postingan adalah dengan tekhnik rewriting (menulis kembali) dengan pemikiran Anda.

Untuk menghindari para copas-er ini sebenarnya ada cara untuk menghindarinya, yaitu dengan memasang script anti copas / copy dan paste di dalam template blog. Dengan memasang script anti copas ini biasanya artikel atau postingan sudah tidak dapat di copy paste lagi, kecuali pada tulisan tertentu seperti tulisan pada blockquote blog. Berikut panduan memasang script anti copas ini:

Cara Memasang Anti Copas Pada Blog

Anti Copas

#1. Cara Pertama
[1]. Klik menu Template (tentu setelah login terlebih dahulu di akun blogger)
[2]. Klim menu Edit HTML
[3]. Cari kode </style> atau ]]></b:skin>
[4]. Letakkan kode anti copas di bawah ini tepat sebelum salah satu kode di atas (3)
.post-outer {-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-ms-user-select:none;-moz-user-select:none;}
[5]. Setelah itu letakkan kode di bawah ini tepat sebelum kode ]]></b:skin>
.post blockquote,.post pre,.post code{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-khtml-user-select:text;-ms-user-select:text;-moz-user-select:text;}
[6]. Klik simpan template (Save Template)
[7]. Kunjungi blog Anda dan coba di copy, jika tidak bisa maka sudah berhasil
[8]. Hanya tulisan di dalam blockquote saja yang bisa di copy

#2. Cara Kedua
Untuk cara kedua bisa di lihat pada blog yang khusus membahas pemasangan struktur kode anti kopi paste ini, silahkan klik disini.

Akhir kata....
Demikianlah pembahasan mengenai "Cara Agar Blog Tidak di Copas Sembarangan". Semoga dengan memasang script anti copas ini, tulisan-tulisan Anda lebih terlindungi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya 😊.

0 Response to "Cara Agar Blog Tidak di Copas Sembarangan (Anti Copas)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel