Tips Cara Membuat Nama Domain Website Yang Baik Dan Menarik

Menentukan nama domain web adalah perkara yang gampang-gampang susah. Seringkali kita kebingungan dalam menentukan dan memilih nama domain pada saat pembuatan website/blog. Padahal memilih nama domain yang baik dan menarik akan sangat menentukan masa depan dari web yang kita bangun.

Bagi orang yang memiliki bisnis online, nama domain yang baik dan unik akan sangat membantu dalam perkembangan bisnis online tersebut. Tidak jarang pemilihan nama domain yang kurang baik menyebabkan bisnis online sepi pengunjung, tentu hal ini dikaji jika nama domain berpengaruh terhadap ingatan seseorang.

Para blogger yang sering menulis di platforn blogger.com dan wordpress juga tidak kalah pentingnya dalam hal ini. Pemilihan nama domain yang unik akan sangat membantu blog tersebut mencapai hal yang paling di inginkan, yaitu visitor yang melimpah. Apa hubungannya ya, nama domain sama pengunjung blog?, nanti akan coba kita bahas pada uraian berikut ini.

Beberapa tahun yang lalu, pernah saat pertama kali saya membuat sebuah  blog dan saya masih sangat awam dengan yang namanya nama domain, saya membuat blog yang nama domain nya mengandung angka. Bisa kamu bayangkan bagaimana sulitnya orang lain dalam mengingat domain blog saya tersebut. Untung saja ada beberapa artikel saya yang sudah muncul di page one google, itu juga pengunjung datang hanya kali itu saja setelahnya mereka lupa nama blog saya tersebut.

Seiring perjalanan waktu saya mulai paham tentang dampak dan kekuatan dari sebuah nama domain. Pemilihan nama domain yang tepat telah banyak membantu blog saya dalam hal peningkatan visitor dan juga penghasilan dari bisnis online. Berdasarkan pengalaman saya ini, saya tergerak membuat artikel Cara Membuat Nama Domain Website Yang Baik Dan Menarik, mungkin tepatnya beberapa Tips Cara Memilih Nama Domain Yang Baik, Menarik, dan Unik.

Tips Cara Membuat Nama Domain Website

memilih nama domain

Terdapat beberapa tips cara membuat nama domain website yang baik dan menarik berdasarkan pengamatan saya. Tips memilih nama domain ini telah mampu mengubah pandangan saya terhadap dunia blogger dan tentunya telah banya berpengaruh terhadap perkembangan blog / website yang saya kelola. Apa saja tips-tips memilih nama domain sebuah website?, cek penjelasan satu persatu!.

1. Pilih Nama Domain Yang Mudah Diingat 

Tips ini menurut saya adalah tip memilih nama domain yang paling utama, jangan sampai kita memilih nama domain unik tapi malah susah untuk diingat. Sebagai contoh, nama domain nadia.com lebih mudah diingat jika dibandingkan dengan nama domain nadiya.com, nama domain winmahdi.com lebih mudah diingat jika dibandingkan dengan domain wienmahdi.com.

Selain mudah diingat usahakan nama domain yang kita pilih berkesan. Coba kamu perhatikan nama domain website belanja online di Indonesia bahkan dunia, semua nama domainnya sangat berkesan, unik, dan mudah untuk diingat. Contoh di Indonesia misalnya, ada nama domain BukaLapak.com, Tokopedia.com, JD.id, Lazada.co.id, dan Amazon.com sebagai salah satu contoh nama domain paling sukses di dunia.

Atau kamu bisa melihat nama domain website penyedia domain dan web hosting seperti; rumahweb.com, niagahoster.com, hostgator.com, Domain.com, Justhost.com, dewaweb.com, BlueHost.com, dan iPage.com. Kesemua nama domain tersebut sangat ramah ditelinga.

2. Pilih Nama Domain Yang Mudah Dieja

Pilihlah nama domain yang tidak sulit untuk dieja, seperti misalnya mauapa.com. Pemilihan nama domain yang sulit dieja seperti shfj.com akan sangat sulit untuk diingat, dari segi profesionalitas dan keindahan nama domain web ini sangat buruk. Jadi poinnya, pilih domain yang paling mudah untuk dieja.


3. Hindari Nama Domain Yang Mengandung Angka

Sebaiknya kita menghindari nama domain website yang mengandung angka, hal ini karena tampilan nama domain akan menjadi sedikit buruk dimata pengunjung. Hal ini berdasarkan opini saya saja, tapi sangat disarankan agar kamu tidak memilih nama domain yang mengandung angka.Contohnya adalah remix7.com, bagaimana pendapat anda jika saya menggantinya menjadi remixseven.com?

4. Hindari Nama Domain Yang Mengandung Simbol

Samahalnya dengan poin ketiga, penggunaan simbol juga kurang baik dalam nama domain sebuat website. Biasanya, prilaku pengunjung pada saat mengetikkan keyword di google sangat jarang mengingat domain yang mengandung simbol. Sebagai contoh kecil, domain e-smartkids.com lebih sering diketik esmartkids.com di mesin pencarian google.

5. Gunakan Nama Pribadi / Keyword Pada Nama Domain

Penggunaan nama pribadi atau nama panggilan pada nama domain. Contohnya seperti winmahdi.com dan sugeng.id, pemilihan nama domain ini akan mempermudah ingatan pengunjung. Opsi selain memilih nama pribadi adalah memilih nama domain dengan keyword atau kata kunci tertarget. Contohnya adalah hostingmurah.com, domainmurah.com, domainesia.com, rumahweb.com, hostinger.co.id,  jasahosting.com, penasihathosting.com, dan masih banyak yang lainnya.

6. Gunakan Domain TLD Populer Pada Nama Domain

Tips yang keenam ini tidak kalah penting dengan tips-tips nama domain sebelumnya. Penggunaan ekstensi domain TLD populer seperti .com dan .id sangat bagus pada nama domain web. Pada awal ngeblog saya hampir tidak pernah medengar ekstensi .xyz, .me, bahkan .id yang populer di Indonesia sekalipun. Berbeda halnya dengan .com, jadi usahakan penggunaan ekstensi domain TLD dalam penggunaan nama domain website kamu. Saran saya gunakan domain TLD yang paling populer di dunia atau di Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai "Tips Cara Membuat Nama Domain Website Yang Baik Dan Menarik", semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam memilih nama domain yang baik, unik, dan benar-benar menarik.

0 Response to "Tips Cara Membuat Nama Domain Website Yang Baik Dan Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel