Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperkecil Ukuran Pas Foto CPNS Menjadi 120-200-300 Kb

Cara Memperkecil Ukuran Pas Foto CPNS Menjadi 120-200-300 Kb. Pas foto untuk CPNS saat pendaftaran online haruslah berukuran 4x6 atau 3x4 cm (boleh salah satunya) dengan syarat maksimal besar file tidak lebih dari 200 KB. Untuk mengatur pas foto dan contoh pas foto CPNS, kamu dapat membaca penjelasan tentang cara mengedit foto CPNS dan mengatur ukuran foto untuk CPNS berikut ini.

Apakah Pendaftaran CPNS Online yang kamu lakukan di SSCASN gagal hanya karena pas photo tidak berhasil di upload?. Nah, kalau kamu mengalami hal tersebut maka kamu harus membaca artikel yang membahas tentang Cara mengubah/memperkecil ukuran pas foto CPNS berikut ini, sebagai persiapan kelengkapan berkas CPNS 2021/2022.

Salah satu hal yang diperlukan sewaktu Pendaftaran Online CPNS adalah pas foto. Banyak dari pelamar CPNS yang gagal melakukan upload pas Foto di portal SSCN BKN. Untuk membantu teman-teman pelamar inilah sehinga winmahdi.com akan membagikan tips/tutorial bagaimana cara mengubah ukuran pas foto CPNS secara online, mudah dan cepat serta hasil yang berkualitas.

Sebelum melakukan pengubahan ukuran pas foto CPNS, terlebih dahulu Anda sudah harus tau syarat ukuran atau resolusi foto yang diperlukan untuk pendaftaran CPNS Tahun 2021. Jadi pahami betul persyaran pas foto yang diinfokan pada pengumuman CPNS. Setelah itu baru Anda melanjutkan ke tahap mengubah/memperkecil ukuran pas foto.

Syarat Pas Foto CPNS

  • Pas foto CPNS ukuran 4x6 cm / 3x4 cm berlatar belakang (background) merah (silahkan disesuaikan dengan persyaratan instansi Anda melamar CPNS)
  • Ukuran file Pasfoto CPNS tidak boleh lebih dari 200kb (silahkan disesuaikan dengan persyaratan instansi Anda melamar CPNS)
  • Pas Foto CPNS dalam format JPG/JPEG 
  • Pakaian bebas dan rapi (silahkan sesuaikan dengan instansi yang di lamar)

Ukuran Swafoto CPNS

Swafoto (selfie) dengan memegang KTP/Surat Keterangan Perekaman dari Dukcapil dan Kartu Informasi Akun, posisi melebar (landscape). Jika Anda belum mencetak Kartu Informasi Akun, silahkan klik tombol "Cetak Ulang Kartu Informasi Akun" untuk mencetak ulang kartu informasi akun pada saat pertama kali mendaftar. Jenis foto adalah JPEG dengan ukuran maksimal 200 KB.

Cara Memperkecil Ukuran Pas Foto CPNS

Untuk mengubah atau memperkecil ukuran pas foto CPNS menjadi 200kb (kurang dan tidak lebih dari 200kb), Anda dapat melakukan kompresi pas foto CPNS bmenggunakan aplikasi yang tersedia secara online dan gratis

Cara mengecilkan pas foto CPNS

Salah satu aplikasi yang dengan mudah dapat Anda gunakan adalah aplikasi online Pic Resize yang bisa diakses secara online di alamat http://www.picresize.com.

Cara Memperkcil Foto CPNS

  • Klik >> Pic Resize
  • Kemudian klik Browse atau Drag and drop a file here or click
  • Pilih dan klik pas foto/foto selfie yang diinginkan
  • Selanjutnya klik CONTONUE TO EDIT PICTURE
  • Silahkan pilih CROP SELECTION untuk mengatur jarak lebar kanan, kiri, bawah dan atas pas foto (jika menurut kamu posisi pas foto sudah tepat tidak perlu melakukan Crop).
  • Kemudian tekan ENTER untuk mendapatkan foto hasil crop (Abaikan jika foto menurut kamu sudah rapi).
  • Pada bagian Resize Your Picture: Pilih Custom Size
  • Isi Widht dengan 354 (Pixels) dan Height (Optional) dengan 472 pixels (Untuk ukuran pas foto 3x4). Jika ingin membuat pas foto 4x6 ganti dengan 472 pixels pada Widht dan 709 Pixels Paga Height.
  • Selanjutnya pada Choose Special Effect: Optional biarkan tetap pada pilihan none.
  • Pada bagian JPG Max Filesize: (Optional) isi dengan 200 (tidak perlu tulis KB nya dan silahkan sesuaikan dengan syarat dan ketentuan formasi CPNS instansi masing-masing yang dipilih jika memang ukuran maksimalnya bukan 200KB)
  • Terakhir klik I'M DONE, RESIZE MY PICTURE!
  • Selesai dan silahkan klik View Image atau Save to Disk untuk mendapatkan dan menyimpan gambar sesuai keinginan.

Baca juga: Cara Memperkecil Ukuran File PDF Ijazah, Transkrip Nilai, STR, dan Sertifikat Akreditasi.

Keunggulan dari cara ini adalah kualitas gambar yang tidak pecah, dan proses memperkecil ukuran pas foto CPNS yang sangat mudah dan cepat. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, mungkin Anda bisa membutuhkan waktu sedikit lama untuk mengeditnya.

Setelah menyelesaikan proses pengaturan ukuran dan besar file pas foto cpns, langkah selanjutnya adalah jangan lupa berlatih soal. Karena sebagus apapun wajah kamu di pas foto kalau kamu tidak mampu menjawab soal CAT CPNS maka tetap tidak akan lulus. Berikut beberapa link soal latihan CPNS dan pembahasannya yang dapat kamu pelajari.


Sebagai persiapan menghadapi pendaftaran dan ujian CAT CPNS 2021/2022, silahkan kamu pelajari info CPNS serta soal soal CPNS dan pembahasannya yang tersedia di bawah ini.

Pas Foto CPNS


Berkas (Dokumen) Pendaftaran CPNS



5 comments for "Cara Memperkecil Ukuran Pas Foto CPNS Menjadi 120-200-300 Kb"