Apa yang dimaksud dengan Top Level Domain (TLD)?

Apakah domain winmahdi.com sudah Top Level Domain?, jawabannya adalah sudah. Sekarang saya ubah pertanyaannya. Apakah winmahdi.blogspot.com / winmahdi.wordpress.com merupakan domain TLD?, jawabannya adalah bukan. Jadi apa itu yang dimaksud dengan Top Level Domain (TLD)?. Sebelum membahas mengenai TLD, kita harus tau terlebih dahulu apa itu domain. Domain adalah nama dari suatu situs/website, sebagai contoh adalah nama domain dari blog yang sedang Anda baca ini adalah winmahdi.

Setelah memahami apa itu domain, selanjutnya baru kita bahas secara seksama apa yang dimaksud dengan Top Level Domain?. Selain membahas Top Level Domain (TLD), kita juga akan membahas kategori atau jenis domain TLD dan kegunaan dari domain TLD. Yuk simak ulasan sederhananya berikut ini.

Top Level Domain (TLD) 

Top Level Domain

Secara sederhana Top Level Domain atau sering disingkat TLD adalah bagian akhir dari suatu domain. Misalnya adalah .com, .id, .net, .org, .edu, .xyz, .online, dan masih banyak lagi contoh domain TLD lainnya. Secara umum jenis TLD dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu:
  • Generic Top Level Domain (gTLD)
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Generic Top Level Domain (gTLD) adalah salah satu kategori domain level teratas (TLD) yang bersifat umum. Generic Top Level Domain dikelola oleh Otoritas Nomor Penugasan Internet (IANA) untuk digunakan dalam Sistem Nama Domain Internet (DNSI). Beberapa contoh dari gTLD adalah .com, .id, .net, .org, .edu, .xyz. Domain TLD yang paling umum dan sering digunakan (populer) di seluruh dunia adalah .com.

Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah salah satu kategori domain level teratas (TLD) yang digunakan di suatu negara. Penggunaan ccTLD ini biasanya berdasarkan kode negara tersebut, misal di negara Indoneisa, domain TLD yang digunakan adalah .id dimana id adalah kode negara Indonesia. Contoh lain dari ccTLD adalah; .jp, .sg, .ru, .my, .us, .en, dan lainnya.

Kegunaan Top Level Domain (TLD)

Manfaat dari menggunakan domain level teratas (TLD) pada suatu website/blog sangat beragam, tergantung dari siapa yang menginginkan TLD tersebut. Saya misalnya, sengaja membeli TLD agar blog ini bisa lebih profesional, memiliki link url yang singkat sehingga lebih mudah untuk diingat.

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan Top Level Domain (TLD)?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel