Apa itu UTBK SBMPTN?

Banyak yang menanyakan apa itu UTBK? apa kepanjangan dari UTBK? UTBK itu apa? UTBK kepanjangannya apa? bagaimana cara pendaftaran UTBK? apa saja materi UTBK? dan lain sebagainya yang berhubungan dengan UTBK untuk pendaftaran SBMPTN.

UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer yang menggunakan komputer (laptop/notebook/pc) sebagai media ujiannya. Jika pada tahun 2018 masih ada ujian SBMPTN yang menggunakan kertas (UTBC), maka pada tahun ini sudah tidak lagi. Mulai tahun ini, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

utbk

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tiga tahun terakhir pada saat seleksi. Misal, kamu ingin mengikuti seleksi UTBK SBMPTN 2020 maka lulusa yang boleh mengikuti ujian UTBK dan pendaftaran SBMPTN adalah siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dengan jenjang pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat. Selain itu siswa lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 juga bisa ikut ujian UTBK.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) meliputi materi TSA Saintek, TSA Soshum, dan TPS. Penjelasan lengkap mengenai materi ujian UTBK 2020 bisa kamu lihat disini "Materi Lengkap UTBK 2020".

Pada ujian UTBK, tidak ada istilah lulus dan tidak lulus, nilai yang kamu dapatkan pada UTBK inilah yang akan kamu gunakan sewaktu pendaftaran SBMPTN. Pada pendaftaran SBMPTN dan setelahnya akan diumumkan kamu lulus atau tidak pada pengumuman akhir SBMPTN.

Jadi kalau kamu merasa nilai UTBK kamu masih belum cukup bagus, kamu masih memiliki kesempatan untuk mengikuti UTBK sekali lagi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Syarat Pendaftaran UTBK

  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun seleksi atau peserta didik Paket C tahun seleksi. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat dan Paket C dua tahun sebelumnya (gap year). 
  • Membayar biaya UTBK.

Syarat Pendaftaran SBMPTN

  • Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tiga tahun terakhir termasuk tahun pelaksanaan ujian . Siswa alumni harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Memiliki Nilai UTBK.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Memiliki NISN.
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  • Tidak lulus jalur SNMPTN 2020.

Demikianlah informasi mengenai UTBK SBMPTN, semoga informasi ini dapat mencerahkan kamu yang telah membaca dan membutuhkan informasi ini.

0 Response to "Apa itu UTBK SBMPTN?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2