Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI TKP CPNS 2019

Materi TKP CPNS 2019. Materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS adalah salah satu jenis materi tes yang termasuk ke dalam soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS. Materi TKP CPNS ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi, integritas, tingkat kerja sama seseorang (peserta) jika nanti sudah di terima di unit kerja, dan hal-hal lainnya mengenai pribadi peserta tes atau dengan kata lain Tes Karakteristik Pribadi ini lebih kepada tes dasar terhadap kepribadian seseorang.

Tes Karakteristik Pribagi juga dikenal dengan nama tes Psikotes, yang mana tes lanjutannya dinamakan Tes Skala Kematangan. Pada soal TKP CPNS tidak terdapat yang namanya jawaban salah (nol), setiap jawaban memiliki poin dengan rentang 1 (satu) sampai dengan lima (5). Nilai tertinggi suatu jawaban pada soal TKP CPNS adalah 5 (lima) sedangkan yang terendah adalah 1 (satu).

Materi TKP CPNS

Materi TKP CPNS

Terdapat 16 materi yang terdapat dalam materi soal TKP CPNS, yaitu:
  • Pelayanan publik;
  • Sosial budaya;
  • Teknologi informasi dan komunikasi;
  • Profesionalisme;
  • Jejaring kerja;
  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Kreativitas dan inovasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Orientasi kepada orang lain;
  • Materi Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain

Kesemua materi di atas harus kamu pahami dan pelajari jika ingin lulus tes CAT TKP CPNS dengan nilai minimal sesuai passing grade yaitu 143.

Pada saat mengerjakan soal-soal TKP CPNS kamu harus hati-hati dan benar-benar teliti, karena jika jawaban yang kita pilih kurang tepat maka poin atau nilai akan jatuh. Lalu bagaimana agar lebih mudah dan tepat dalam menjawab soal-soal TKP?? Caranya adalah dengan benar-benar mengamati dan memahami materi-materi yang ditanyakan pada saat tes. Coba pahami apakah soal yang ditanyakan masuk ke dalam materi pelayanan publik, semangat berprestasi, integritas diri, atau materi tkp lainnya.

Dengan kemampuan mengidentifikasi soal TKP dan materi yang terkandung di dalamnya, tentu akan memudahkan kamu dalam menjawab soal soal CPNS TKP. Hal ini tentu dapat di asah dengan cara sering-sering mengerjakan latihan dan contoh soal Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasan yang tersedia.

Contoh Soal TKP CPNS 

1. Pimpinan kantor menggelar rapat kerja membahas penyusunan rencana kerja untuk tahun anggaran depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan untuk kegiatan tahun depan. Tanggapan Anda adalah .....
A. Ragu-ragu untuk mengajukan suatu ide kegiatan karena akan kecewa jika tidak diterima.
B. Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan.
C. Mungkin berminat untuk mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan. Namun, tergantung situasi dan kondisi.
D. Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan.
E. Akan mengajukan suatu ide kegiatan

2. Suatu hari ada seorang klien berkebangsaan asing menemui Anda untuk berkonsultasi. Anda tidak mengerti bahasa yang ia gunakan. Sikap Anda .....
A. Meminta orang asing tersebut untuk datang lain kali dan membawa penerjemah.
B. Menolak untuk menemuinya karena takut tidak paham.
C. Menyuruh rekan Anda yang memahami bahasa orang asing tersebut untuk menemuinya.
D. Meminta bantuan rekan Anda yang mampu menerjemahlan bahasa orang asing tersebut
E. Tetap melayani klien tersebut meski tidak paham bahasanya

3. Anda adalah seorang pegawai bidang kesehatan. Seseorang ingin membeli obat-obatan tertentu yang harus menggunakan resep dokter karena bisa membahayakan kesehatan. Dia tidak mempunyai resep itu. Namun, orang tersebut memaksa ingin membelinya dan dia memberikan sejumlah uang kepada Anda agar mau memberikan obat tersebut. Apa yang Anda lakukan?
A. Anda berkonsultasi kepada rekan sejawat dulu.
B. Anda menolaknya
C. Anda memberikan obat tersebut kepadanya dengan syarat tidak disalahgunakan
D. Anda ragu-ragu keputusan apa yang Anda ambil.
E. Anda menerima uang tersebut dan memberikan obatnya.

4. Jika terdapat masalah di dalam tim, cara Anda sebagai pemimpin dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah....
A. Keputusan pimpinan adalah mutlak.
B. Pemimpin membiarkan keputusan dengan pilihan terbanyak.
C. Pemimpin melihat keputusan yang paling logis.
D. Pemimpin membiarkan anggota- nya memilih keputusan.
E. Mendiskusikan dengan anggota lainnya.

5. Apa yang Anda rasakan dan lakukan saat menerima pujian dari atasan Anda?
A. Saya merasa bersyukur dan puas atas hasil kerja saya.
B. Saya merasa senang dan bangga atas pencapaian saya.
C. Saya merasa sedikit tersipu karena hal tersebut.
D. aya merasa biasa saja.
E. Saya merasa sulit menerima pujian tersebut.

Pembahasan Soal TKP CPNS

1. Soal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana semangat Anda untuk terus berkreativitas dan berinovasi untuk kemajuan organisasi. Jawaban dengan poin tertinggi sampai terendah adalah: E - B - D - A - D.

2. Soal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepedulian Anda terhadap klien yang mengalami kesulitan (materi pelayanan). Jawaban dengan poin tertinggi sampai terendah adalah: D - C - E - A - B.

3. Soal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana integritas Anda dalam mematuhi peraturan yang ada di lingkungan kerja Anda tanpa terpengaruh imbalan materi. Jawaban dengan poin tertinggi sampai terendah adalah: B - A - C - D - E.

4. Soal ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab Anda sebagai pimpinan ketika terjadi masalah yang terjadi dalam tim yang dapat mengakibatkan kendala tercapainya tujuan organisasi. Jawaban dengan poin tertinggi sampai terendah adalah: E - B - C - D - A.

5. Soal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Anda mengendalikan diri ketika mendapatkan pujian dari orang lain. Apakah pujian itu Anda jadikan motivasi atau membuat Anda menjadi tinggi hati. Jawaban dengan poin tertinggi sampai terendah adalah: A - B - C - D - E.

Berbagai contoh soal CPNS TKP dan Pembahasan lainnya dapat kamu dapatkan disini. Pelajari setiap latihan soal CPNS dan pembahasan yang tersedia, terutama pada bagian contoh latihan soal TKP CPNS.

Post a Comment for "MATERI TKP CPNS 2019"