Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

INI ALASAN GURU TIDAK DAPAT IKUT CPNS DAN AKAN BERSTATUS PPPK (NON PNS) MULAI TAHUN INI!!!

Hi min apa iya Thun depan tidak ada CPNS untuk guru ? Karena digantikan dengan PPPK Apakah ini berlaku untuk seterusnya ? ~@fatkhud77032328

Mau nanya dong emang bener ya tahun 2021 formasi cpns buat guru udah gak ada? dan diganti pppk? bedanya apa ya kalo boleh tau? dari aku yg mahasiswa fkip tiba2 overthingking, soalnya mama aku pengin aku jadi pns ~@collegemenfess

Cpns formasi guru mulai tahun depan ditiadakan. PPPK juga gak bisa ikut, nyesek rasanya. ~@Ladylaxmi

Mungkin PPPK bisa memperioritaskan kesejahteraan guru yg udh lama ngehonor, tp berita buruk jg buat temen2 yg baru lulus. Dan sgt disayangkan PPPK itu kontrak, knp guru jd makin ga dihargai? :( Knp gak dua2nya jalan si? :( ~@AmaliaAfriza

Bulan lalu, banyak sarjana mulai menabur asa untuk menggapai profesi PNS .Tapi, hari ini kisah tersebut jadi berbeda. Terutama sejak Kepala BKN menebar kepastian bahwa tidak ada penerimaan guru dengan status PNS pada pelaksanaan CPNS tahun 2021 ~@kompasiana

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan bahwa guru tak akan lagi dimasukkan dalam kategori (CPNS mulai tahun depan dan dialihkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). ~@tempodotcom

Itulah beberapa pertanyaan, pengharapan, dan pernyataan yang beredar mengenai guru yang tidak dapat lagi menjadi PNS dan dialihkan menjadi PPPK mulai tahun ini (2021).

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja sama BKN, Paryono membenarkan adanya informasi tersebut. Nantinya, pemerintah akan mengalihkan pengangkatan guru melalui perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). "Kemarin Kepala BKN menyampaikan hal tersebut (perekrutan CPNS formasi guru bakal ditiadakan dan diganti melalui mekanisme PPPK)," ujar Paryono ~(Kompas.com, Rabu, 30/12/2020).

Guru Tidak Bisa Ikut CPNS dan Akan Menjadi PPPK

Adapun alasannya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menambahkan, alasan perekrutan guru melalui PPPK berkaitan dengan persoalan distribusi guru secara nasional. Pasalnya, lanjut Bima, dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, pemerintah mencoba menyelesaikan persoalan itu melalui sistem PNS tetapi tidak kunjung selesai. "Karena kalau CPNS setelah mereka betugas 4-5 tahun, biasanya mereka ingin pindah lokasi. Dan itu menghancurkan sistem distribusi guru secara nasional," terang Bima dalam konferensi pers 'Catatan Kinerja Akhir Tahun 2020 Kementerian PAN RB'.

Lebih lanjut, Bima mencontohkan, di negara-negara maju jumlah PPPK jauh lebih banyak dari PNS yang ada. "Best practice di negara-negara maju juga melakukan hal-hal yang sama. Jumlah PPPK di negara maju itu sekitar 70-80 persen dibandingkan PNS-nya yang hanya 20 persen," ucap Bima. ~(Kompas.com).

Dalam hal ini, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi menilai rencana pemerintah untuk mengeluarkan formasi guru dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai 2021 dapat berdampak pada kualitas guru.

Menurutnya, keputusan pemerintah terhadap perubahan status guru pun dipandang berpotensi membuat kualitas pengajar pada masa mendatang anjlok. Pasalnya, lulusan terbaik dari kampus tidak akan lagi berminat melamar posisi sebagai pengajar akibat ketidakpastian karier.

“Lulusan terbaik tidak tertarik karena tidak ada masa depan profesi. Di sisi lain, kita sudah mencanangkan bahwa guru sebagai profesi di UU (Undang-undang) Guru dan Dosen,” ~(Tempo, Kamis, 31/12/2020).

Dia pun berpendapat bahwa pemerintah seharusnya tetap membuka dua jalur rekrutmen untuk guru pada 2021. Dua jalur yang dimaksud adalah CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pasalnya, bila ditilik dari tujuannya, PPPK dan CPNS memiliki sasaran berbeda. PPPK, kata Unifah, memberikan kesempatan bagi guru honorer dengan usia di atas 35 tahun untuk memperoleh pengangkatan sebagai pegawai.

Sementara itu, posisi CPNS membuka kesempatan bagi lulusan jurusan pendidikan menjadi pegawai negeri atau aparatur sipil negara (ASN).


Persiapan Menghadapi CPNS dan PPPK Tahun 2021

Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) SKD CPNS

LATIHAN SOAL CPNS PANCASILA DAN PEMBAHASAN

Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) SKD CPNS

Latihan Soal CPNS TIU Sinomin-Antonim dan Pembahasan

Contoh Soal TIU Figural (Gambar) CPNS dan Pembahasan

Post a Comment for "INI ALASAN GURU TIDAK DAPAT IKUT CPNS DAN AKAN BERSTATUS PPPK (NON PNS) MULAI TAHUN INI!!!"