Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BENTUK SOAL AKM 2021 PENGGANTI UN (UNBK)

Bentuk Soal AKM 2021 Pengganti UN (UNBK). Soal soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) memiliki beragam bentuk/jenis soal. Berikut ini adalah 5 bentuk soal soal AKM Tahun 2021 pengganti Ujian Nasional (UN) atau UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

BENTUK SOAL AKM PENGGANTI UN (UNBK)

1. Soal AKM Pilihan Ganda 
Soal AKM pilihan ganda terdiri dari pokok soal dengan beberapa pilihan jawaban dan terdapat satu jawaban yang benar. Untuk kelas 1 sampai 3 sebanyak 3 pilihan, kelas 4 sampai 9 sebanyak 4 pilihan, kelas 10 sampai 12 sebanyak 5 pilihan. Siswa hanya bisa memilih satu jawaban benar pada tiap soal. Siswa diberi skor 1 apabila menjawab benar, dan skor 0 apabila menjawab salah.

2. Soal AKM Pilihan Ganda Kompleks 
Soal AKM bentuk pilihan ganda kompleks ini terdiri dari pokok soal dengan beberapa pernyataan (minimal 3). Pernyataan diberi tanda centang pada kotak yang disediakan (pada kolom Ya/Tidak, Benar/Salah, atau pilihan lain yang sesuai). Siswa dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal. Jika jumlah pernyataan 3-5 dengan 2 pilihan jawaban (ya - tidak, benar - salah), diberi skor 1 bila semua jawaban benar, dan 0 bila ada jawaban salah. Jika jumlah pernyataan lebih dari 5 dengan lebih dari 2 pilihan jawaban, diberi skor 2 bila semua jawaban benar, skor 1 bila 3-4 pernyataan benar dan 0 bila kurang dari 3 pernyataan dijawab benar.

3. Soal AKM Menjodohkan 
Maksud dari soal AKM bentuk menjodohkan ini adalah untuk mengukur kemampuan peserta tes dalam mencocokkan, menyesuaikan, dan menghubungkan antardua pernyataan. Soal AKM Menjodohkan terdiri dari 2 lajur. Lajur kiri untuk pokok soal dan lajur kanan untuk jawaban. Siswa menjawab dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya. Jumlah jawaban sebaiknya lebih banyak dari jumlah pokok soal.

4. Soal AKM Isian Singkat 
Pada soal AKM bentuk Isian Singkat ini siswa dituntut untuk memberikan jawaban singkat. Jawaban dapat berupa frasa, kata, angka, atau simbol. Soal isian disusun dalam kalimat berita, sedangkan soal jawaban singkat disusun dalam bentuk pertanyaan.

5. Soal AKM Uraian atau Essy 
Soal bentuk ini menuntut siswa untuk mengingat dan mengemukakan atau mengekspresikan gagasan gagasan dalam bentuk uraian tertulis. Siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya. Disediakan pedoman penskoran yang digunakan sebagai acuan dalam pemberian skor jawaban siswa. Jawaban siswa diskor sesuai dengan kompleksitas jawaban. Skor penuh/tertinggi diberikan pada jawaban yang memenuhi semua kriteria/kunci jawaban benar. Skor sebagian diberikan pada jawaban yang kurang memenuhi kriteria/kunci jawaban benar. Jawaban salah diberi skor 0, tidak menjawab atau kosong diberi kode 9.

Pengerjaan soal AKM akan dilaksanakan berbasis komputer yang bersifat adaptif. Maka dari itu, pertanyaan yang disajikan tergantung pada kemampuan siswa. Jika murid dapat menjawab benar, maka selanjutnya dapat diberikan soal yang lebih kompleks. Sebaliknya, jika murid menjawab salah, maka soal berikutnya adalah soal yang lebih sederhana.

Demikianlah informasi seputar bentuk bentuk soal AKM Tahun 2021 yang menggantikan Ujian Nasional (UN)/Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Semoga bermanfaat!.

Post a Comment for "BENTUK SOAL AKM 2021 PENGGANTI UN (UNBK)"