Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SURAT KETERANGAN KELAS 12 UNTUK UTBK SBMPTN

Contoh Surat Keterangan Kelas 12 Untuk UTBK SBMPTN. Bagi Siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat yang mendapatkan jadwal tes UTBK-SBMPTN sebelum mendapatkan Surat Keterangan Lulus untuk tes UTBK SBMPTN dari sekolah, dapat membawa SURAT KETERANGAN SISWA KELAS 12 pada saat pelaksanaan tes UTBK.

Surat Keterangan Siswa Duduk di Kelas XII untuk mengikuti UTBK-SBMPTN yang sesuai dengan ketentuan resmi dari pihak/akun instagram LTMPT adalah dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Kelas 12 (SKK 12) Asli (bukan! yang fotokopi kemudian dilegalisir)
  2. Terdapat pas foto ukuran 4x6 cm berwarna (sebaiknya background merah/biru), jangan! gunakan pas foto hitam putih. (Cara membuat pas foto 4x6 cm lihat disini!)
  3. Terdapat stempel/cap dari sekolah
  4. Terdapat tanda tangan Kepala Sekolah
Contoh Surat Keterangan Siswa Kelas 12
Berikut adalah contoh template Surat Keterangan Kelas 12 untuk UTBK SBMPTN yang dapat kamu gunakan. Template ini hanyalah contoh dan formatnya tidak wajib (mutlak) harus sama seperti contoh ini. Karena biasanya, pihak Tata Usaha (TU) Sekolah sudah memiliki format tersendiri untuk Surat Keterangan Siswa Kelas 12. Jadi kamu jangan memaksakan formatnya harus sama seperti pada contoh di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Kelas 12 Untuk UTBK SBMPTN

Yang terpenting dari SKK 12 tersebut adalah telah memuat poin-poin penting yang telah di wajibkan oleh pihak LTMPT penyelenggara UTBK-SBMPTN, misalnya seperti: dalam SKK 12 terdapat pas foto ukuran 4x6 cm berwarna (sangat bagus jika merah/biru), terdapat tanda tangan kepala sekolah, terdapat stempel/cap basah, terdapat NISN siswa, dan hal-hal lainnya.

Jika pada contoh Surat Keterangan Kelas 12 di atas masih terdapat kekurangan poin-poin yang di syaratkan  oleh pihak LTMPT maka silahkan disesuaikan kembali dengan poin-poin yang sebenarnya. Akan lebih baik jika kamu konsultasikan terlebih dahulu poin-poin yang diwajibkan oleh LTMPT tersebut kepada pihak TU Sekolah sebelum membuat SKK 12, agar Surat Keterangan Siswa Kelas 12 yang dikeluarkan nantinya sesuai dengan ketentuan LTMPT.

Surat Keterangan Siswa Kelas 12 tersebut di atas, nantinya harus/wajib kamu bawa saat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Bagi peserta yang tidak membawa SKL/SKK 12 besar kemungkinan akan diberikan sanksi tidak diizinkan mengikuti tes UTBK SBMPTN atau bisa juga tidak dikeluarkannya Sertifikat Skor Nilai UTBK. Dengan demikian tentu kamu nantinya tidak dapat mendaftar SBMPTN, Seleksi Mandiri yang menggunakan nilai UTBK, dan mendaftar PKN STAN yang mana pada tahun ini menggunakan Sertifikat Nilai UTBK (Sertifikat Skor Nilai TPS UTBK) saat mendaftar. Jadi kamu harus benar-benar sudah mempersiapkannya sebelum hari pelaksanaan ujian dan jangan sampai tertinggal.

Bagaimana jika Surat Keterangan Kelas 12 yang dikeluarkan sekolah tidak memiliki pas foto?. Untuk hal tersebut, kamu dapat menempelkan pas foto dengan ukuran 4x6 cm berwarna terbaru (minimal 3 bulan) tepat disamping stempel dan tanda tangan Kepala Sekolah. Berdasarkan info yang dibagikan akun instagram LTMPT, pas foto tidak harus terkena stempel (lihat poin no. 2). Lihat gambar di bawah ini untuk contoh SKK 12 dengan pas foto tanpa terkena stempel/cap sekolah.

SURAT KETERANGAN SISWA KELAS 12

Lalu bagaimana dengan SKK 12 yang telah dibubuhi pas foto hitam putih?. Untuk hal tersebut, sebaiknya kamu mengganti kembali Surat Keterangan Kelas 12 dengan yang baru dan sesuai dengan ketentuan dari pihak sekolah.

Download Contoh Format Surat Keterangan Kelas 12 Untuk Tes UTBK SBMPTN disini!

Demikianlah Informasi Mengenai Template/Contoh Surat Keterangan Kelas 12 Untuk Tes UTBK SBMPTN ini kami bagikan, semoga bermanfaat bagi kamu yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN Tahun ini.


6 comments for "SURAT KETERANGAN KELAS 12 UNTUK UTBK SBMPTN"

  1. Jika fotonya tidak terkena stempel beneran boleh min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dk, karena tidak ada aturan yang mengharuskan pas foto terkena stempel dk.

      Delete
  2. bagaimana jika tidak membawa surat tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan terburuk dari tidak membawa SKL/SKK adalah adik tidak diizinkan mengikuti ujian.

      Delete
  3. Apakah jika telah selesai utbk SKK masih di butuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ingin mendaftar Sekolah Kedinasan, maka SKK masih diperlukan untuk syarat pendaftaran dk.

      Delete