Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FAQ SPMB POLSTAT STIS 2021

FAQ SPMB POLSTAT STIS 2021 – Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistika (POLSAT) adalah salah satu seleksi masuk kampus Sekolah Kedinasan (DIKDIN) yang dapat diikuti oleh lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS dan SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika. Untuk lebih memahami mengenai SPMB STIS 2021, berikut ini sejumlah pertanyaan tentang SPMB STIS yang sering ditanyakan, beserta jawabannya.

FAQ SPMB POLSTAT STIS

FAQ SPMB SPMB STIS 2021

1. Kapan SPMB STIS 2021 akan dilaksanakan?

Berdasarkan Pengumuman Kepala Badan Pusat Statistik Nomor: B-074/01000/03/2021 Tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS BPS Tahun Akademik 2021/2020, pendaftaran SPMB STIS 2021 akalan dilaksanakan mulai tanggal 9 April sampai dengan 30 April 2021.

2. Mengapa saat peserta memasukkan NIK dan nomor Kartu Keluarga di portal SSCASN BKN, muncul peringatan bahwa data tidak ditemukan?

Apabila terdapat ketidaksesuaian data antara NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga, silahkan mengajukan permohonan perbaikan data ke Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP dan DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki. Kontak DITJEN DUKCAPIL PUSAT dapat dilihat pada tautan berikut http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil (Call Center : 1500537).

3. Untuk orangtua yang sudah lama meninggal, NIK orangtua diisi apa?

Bila ibu kandung telah lama meninggal, nama asli ibu kandung tetap wajib dituliskan. Adapun kolom NIK diisi dengan nomor 1111 2222 3333 4444. NIK tersebut KHUSUS untuk IBU KANDUNG saja. Bila ayah telah lama meninggal atau tidak diketahui kebaradaanya, bisa digantikan dengan ayah tiri, atau wali, atau, boleh ditulis nama ibu.

4. Apakah lulusan tahun 2021 harus mengisi tanggal dan nomor ijazah?

Lulusan tahun 2021 tidak perlu mengisi tahun dan nomor ijazah. Bila saat mengetikkan tahun 2021 tetap diminta mengisi tanggal dan nomor ijazah, silakan coba mendaftar dengan menggunakan komputer melalui internet browser chrome/firefox, BUKAN menggunakan handphone.

5. Untuk pengisian nilai Matematika dan Bahasa Inggris, nilai manakah yang diisi? 

A. Nilai Matematika
  • Untuk pengisian nilai matematika pada formulir pendaftaran SSCASN, peserta memilih salah satu antara nilai matematika yang tertera pada ijazah atau nilai matematika yang tertera pada rapor semester ganjil kelas 12, BUKAN nilai rata-rata keduanya.
  • Jika pada ijazah terdapat 2 nilai matematika (rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah), maka peserta memilih salah satu antara nilai matematika rata-rata rapor atau nilai matematika ujian sekolah.
  • Nilai matematika yang digunakan adalah nilai Matematika Kelompok A/Umum.
  • Nilai matematika minimal 80 (skala 1-100) atau 3,20 (skala 1-4,00). 
B. Bahasa Inggris
  • Untuk pengisian nilai Bahasa Inggris pada formulir pendaftaran SSCASN, peserta memilih salah satu antara nilai Bahasa Inggris yang tertera pada ijazah atau nilai Bahasa Inggris yang tertera pada rapor semester ganjil kelas 12, BUKAN nilai rata-rata keduanya
  • Jika pada ijazah terdapat 2 nilai Bahasa Inggris (rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah), maka peserta memilih salah satu antara nilai Bahasa Inggris rata-rata rapor atau nilai Bahasa Inggris ujian sekolah.
  • Nilai Bahasa Inggris minimal 80 (skala 1-100) atau 3,20 (skala 1-4,00).

6. Apakah ada ketentuan mengenai pas foto yang di upload di formulir pendaftaran SSCASN?

A. Pas Foto SPMB STIS
Saat pendaftaran akun SSCASN, pas foto close up berlatar belakang merah. Tidak ada ketentuan baju. Aturan selengkapnya silahkan lihat disini: Ketentuan Pasfoto SPMB STIS Tahun 2021.

B. Swafoto (Foto Selfie) SPMB STIS
Selanjutnya setelah memilih Politeknik Statistika STIS, pas foto yang diupload pada formulir pendaftaran adalah Swafoto (selfie) dengan memegang Kartu Informasi Akun SSCASN dan KTP dengan posisi melebar (landscape) seperti contoh berikut. Bagi yang belum memiliki KTP, dapat digantikan dengan memegang Surat Keterangan Perekaman dari Dukcapil/Kartu Keluarga. Berikut adalah Contoh Swafoto.

Swafoto STIS
Swafoto STIS

Contoh Swafoto SPMB STIS
Contoh Swafoto SPMB STIS

7. Apakah penggantian data seperti tempat tanggal lahir, alamat, dan nomor handphone diizinkan?

Tidak Bisa. Data yang telah diinput melalui SSCASN BKN tidak dapat diubah lagi.

8. Apakah perpindahan prodi diizinkan?

Tidak Bisa. Data yang telah diinput melalui SSCASN BKN tidak dapat diubah lagi.

9. Apakah perpindahan lokasi tes diizinkan?

Tidak Bisa. Data yang telah diinput melalui SSCASN BKN tidak dapat diubah lagi.

10. NIK peserta sudah terdaftar di SSCASN. Namun mengapa ketika akan melanjutkan pendaftaran ke website SPMB Politeknik Statistika STIS peserta mendapatkan pemberitahuan bahwa pendaftar belum terdaftar di SSCASN?

Pastikan Anda sudah menyelesaikan pendaftaran di SSCASN BKN dan sudah mendapatkan kartu registrasi. Jika Anda sudah mendapatkan kartu registrasi, silakan kirimkan ke Kami (melalui helpdesk) agar dapat Kami tindaklanjuti.

11. Apakah peserta buta warna parsial bisa mendaftar?

Mohon maaf, pendaftar tidak boleh buta warna total maupun parsial.

12. Apakah lulusan SMK/MAK bisa mendaftar?

Yang bisa mendaftar hanya lulusan SMK/MAK peminatan Teknik Komputer dan Informatika.

13. Saat peserta ingin mencetak KTPUM STIS 2021, setelah selesai diunduh, mengapa file pdf KTPUM STIS 2021 kosong?

Silakan unduh ulang KTPUM SPMB STIS 2021 saudara menggunakan laptop atau komputer, bukan menggunakan handphone. Ganti alamat web dari https menjadi http.

14. Peminatan Teknik Komputer dan Informatika meliputi jurusan apa saja?

  • Teknik Komputer dan Jaringan 
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Sistem Informatika Jaringan, dan Aplikasi

15. Pendaftar tidak dapat mencetak KTPUM karena lupa password untuk login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS. Apa yang harus pendaftar lakukan?

Gunakan fasilitas lupa password yang tersedia pada menu login portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

16. Berapa biaya pendaftaran SPMB STIS 2021?

Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

17. Untuk pembayaran, transfer ke nomor rekening mana?

kode pembayaran adalah 9 digit nomor pendaftaran Anda. Panduan pembayaran biaya pendaftaran STIS 2021 selengkapnya silakan dibaca disini: Cara Pembayaran Biaya SPMB STIS 2021.

18. Masa pembayaran sudah habis, apakah bisa diperpanjang?

Silakan hubungi Kami melalui helpdesk dengan subjek "Perpanjang Pembayaran", berisi nama dan nomor pendaftaran.

19. Bila sudah membayar di BRI namun menerima struk kosong dan ketika di cek status pembayaran masih Belum Bayar, apa yang harus dilakukan?

Silakan hubungi Kami melalui helpdesk dengan subjek "Cek Status Pembayaran" berisi nomor pendaftaran dan bukti pembayaran. kami akan melakukan pengecekan maksimal 1x24 jam.

20. Apa saja persyaratan pendaftaran STIS?

Persyaratan umum dan khusus pendaftaran STIS 2021 dapat kamu lihat selengkapnya disini: Persyaratan Pendaftaran SPMB STIS Tahun 2021.

21. Apa saja tahapan tes penerimaan mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS? 

Terdapat tiga tahapan:
  1. Seleksi Kompetensi Dasar. menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS. Soal SKD STIS 2021 terdiri dari Soal STIS TWK, Soal TIU STIS, dan Soal SPMB STIS TKP. Silahkan pelajari disini: Kisi kisi Soal STIS Tahun 2021.
  2. Matematika dan Psikotes, menggunakan sistem Ujian Masuk Berbasis Komputer.
  3. Kesehatan dan Kebugaran.Pada setiap tahapan berlaku sistem gugur.

22. Informasi mengenai waktu dan lokasi ujian dapat dilihat dimana?

Untuk lokasi, sistem pelaksanaan, dan waktu ujian dapat dilihat di portal SPMB Politeknik Statistika STIS silahkan cek disini (https://spmb.stis.ac.id/site/pengumuman) atau disini (Lokasi Ujian STIS 2021)

23. Apakah ada ketentuan pakaian bagi pendaftar saat menghadiri ujian?

Pakaian yang dikenakan saat ujian STIS 2021 adalah pakaian bebas, rapi, dan sopan. Tidak menggunakan sandal, kaos, dan/atau jeans.

23. Dimana saya bisa mendapatkan informasi terbaru seputar pendaftaran STIS?

Informasi terbaru seputar pendaftaran SPMB STIS 2021 dapat kamu lihat di link web dan media sosial berikut:
- https://spmb.stis.ac.id/
- Instagram STIS (@polstatstis)
- Twitter STIS (@stisjkt)
- Facebook STIS (@PolstatSTIS)

Nah itulah beberapa Pertanyaan yang sering di tanyakan oleh peserta yang berkeinginan masuk dan mendaftar SPMB POLSTAT STIS. Apakah tanya jawab FAQ SPMB STIS 2021 ini sudah menjawab pertanyaan kamu? Jika belum, silahkan ajukan pertanyaan kamu di kolom komentar yang Insya Allah akan kami jawab secepatnya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Post a Comment for "FAQ SPMB POLSTAT STIS 2021"