Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JADWAL DAN SYARAT PENDAFTARAN SPMB STIS 2021

Jadwal dan Syarat Pendaftaran SPMB STIS 2021. POLSTAT STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistika) kembali membuka pendaftaran SPMB POLSTAT STIS Tahun 2021/2022. Pengumuman Jadwal dan Syarat Pendaftaran STIS 2021/2021 ini sesuai dengan Pengumuman Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor: B-074/01000/03/2021 Tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Baaru Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS Badan Pusat Statistik Tahun Akadenim 2021/2022. 

JADWAL DAN SYARAT PENDAFTARAN STIS 2021

Besar kuota penerimaan SPMB STIS 2021 ikatan dinas yang akan diterima adalah sebanyak 600 orang dengan kuota Polstat STIS untuk masing-masing Program Studi (Prodi) nya adalah sebagai berikut:
  • Kuota Prodi Statistika Program Diploma III sebanyak 140 mahasiswa;
  • Kuota Prodi Statistika Program Diploma IV sebanyak 250 mahasiswa;
  • Kuota Prodi Komputasi Statistika Program Diploma IV sebanyak 210 mahasiswa
Lulusan Program Diploma III STIS akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan ll/c dan akan ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia.

Lulusan Program Diploma IV STIS akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan Ill/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga /Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa POLSTAT STIS akan dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

Beberapa berkas yang sangat penting untuk kamu persiapkan saat pendaftaran SPMB STIS 2021 adalah; Scan Ijazah, Scan Transkrip Nilai (Daftar Nilai yang tertera di Ijazah), Foto KTP, Pas Foto (background merah) dan Swafoto, dan Scan Rapot. Bagi peserta yang belum memiliki KTP, dapat digantikan dengan Surat Keterangan (SUKET) pengganti KTP dari DUKCAPIL.

Ukuran dan jenis file berkas pendaftaran yang di upload adalah; Pas Foto dan Swafoto ( 200 Kb; jenis file JPG), foto KTP ( 200 Kb; tipe file JPG), Ijazah ( 700 Kb; jenis file PDF), Transkrip/Daftar Nilai ( 400 Kb; jenis file PDF), dan Rapor ( 500 Kb; jenis file PDF). Untuk mengatur agar ukuran foto KTP dan Pas foto STIS sesuai aturan saat di unggah (upload) di portal dikdin.bkn.go.id dapat kamu pelajari disini atau disini. Sedangkan untuk memperkecil ukuran file pdf scan Ijazah, Transkrip Nilai, dan Scan Rapor bisa kamu pelajari disini atau disini!.

Pastikan ukuran file dan jenis file dokumen pendaftaran SPMB STIS 2021 yang akan di upload tidak melebihi ukuran dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCN Sekolah Kedinasan 2021. Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan, maka secara otomatis file atau dokumen yang kamu upload akan ditolak.

Dokumen/berkas yang sudah di upload dapat di upload ulang kembali selama belum klik resume. Kamu harus berhati-hati dalam mengunggah dokumen pada saat pendaftaran STIS 2021 di dikdin.bkn.go.id dan pastikan sesuai dengan persyaratan, cek ulang kembali sebelum melakukan proses upload.

Selain dokumen tersebut, kamu juga harus memiliki alamat email aktif dan menyiapkan data orang tua saat akan melakukan pendaftaran SPMB Polstat STIS. Email akan sangat berguna untuk mereset password jika nantinya kamu lupa password login di portal dikdin.bkn.go.id.

 Jadwal dan Syarat Pendaftaran SPMB STIS 2021 
Kapan jadwal pendaftaran SPMB STIS 2021? dan apa saja syarat syarat pendaftaran SPMB STIS Tahun 2021?.

Berdasarkan informasi dari situs resmi SPMB STIS dan portal SSCASN DIKDIN pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 9-30 April 2021. Rincian jadwal pelaksanaan SPBM STI 2021 dapat kamu lihat di bawah ini:

JADWAL SPMB STIS 2021
*) Catatan: Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar STIS masih bersifat tentatif, menyesuaikan jadwal dari Badan Kepegawaian Negara.

Persyaratan pendaftaran SPMB STIS 2021 terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus. Berikut rincian kedua persyaratan untuk mendaftar SPMB POLSTAT STIS Tahun 2021:

Persyaratan Umum Pendaftaran SPMB STIS 2021
  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;
  2. Tidak buta wama (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri;
  3. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS dan SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika;
  4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;
  5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2021;
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/lnstansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;
                  Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III
                  Domisili (sesuai kartu keluarga) di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

                  Bagi yang lulus pada tahun 2021 dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan LULUS.

                  Bagaimana jika surat keterangan lulus belum diterima oleh lulusan tahun 2021 sampai tanggal 30 April 2021?. Untuk lulusan tahun 2021 yang belum mendapatkan surat keterangan lulus sampai tanggal 30 April 2021, diperkenankan untuk menggunakan Surat Keterangan Akan Lulus/Surat Keterangan Aktif di Kelas 12 Untuk pendaftaran SPMB STIS 2021. Formatnya dapat kami lihat disini!.

                   ALUR CARA PENDAFTARAN SPMB STIS 2021 
                  Mekanisme pendaftaran SPMB STIS 2021 dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id pada 9-30 April 2021. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
                  CARA PENDAFTARAN PTB STMKG
                  Sumber: dikdin.bkn.go.id
                  Saat mendaftar silakan coba mendaftar SPM STIS 2021 dengan menggunakan komputer melalui internet browser chrome/firefox, BUKAN menggunakan handphone agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan yang mungkin terjadi. Pendaftaran SPMB POLSTAT STIS dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

                  1. Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id lalu membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

                  2. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

                  3. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi data/dokumen yang menjadi persyaratan.

                  4. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.

                  5. Pendaftar menerima konfirmasi hasil verifikasi administrasi di portal SSCASN.

                  6. Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi, pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.

                  7. Pendaftar melengkapi data/dokumen yang diperlukan instansi, serta memverifikasi email untuk mendapatkan Kode Pembayaran.

                  8. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditetapkan.

                  9. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).

                  10. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

                  Untuk orangtua yang sudah lama meninggal, NIK orangtua diisi apa?. Bila ibu kandung telah lama meninggal, nama asli ibu kandung tetap wajib dituliskan. Adapun kolom NIK diisi dengan nomor 1111 2222 3333 4444. NIK tersebut KHUSUS untuk IBU KANDUNG saja. Bila ayah telah lama meninggal atau tidak diketahui kebaradaanya, bisa digantikan dengan ayah tiri, atau wali, atau, boleh ditulis nama ibu.

                  Pendaftar SPMB POLSTAT STIS 2021 lulusan tahun 2021 tidak perlu mengisi tahun dan nomor ijazah. Bila saat mengetikkan tahun 2021 tetap diminta mengisi tanggal dan nomor ijazah, silakan coba mendaftar dengan menggunakan komputer melalui internet browser chrome/firefox, BUKAN menggunakan handphone.

                   JENIS SELEKSI DAN SOAL SPMB STIS 2021 
                  Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIS Tahun akademik 2021/2022 ikatan dinas dilakukan dalam 3 (tiga) tahap sebagai berikut:
                  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS. Soal SKD SPMB STIS 2021 terdiri dari Soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal TIU (Tes Intelegensi Umum), dan Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Soal SKD STIS mirip dengan soal SKD CPNS. Kamu bisa pelajari disini contoh dan latihan soal SKD nya.
                  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB); Matematika dan Psikotes, menggunakan sistem Ujian Masuk Berbasis Komputer (UTBK).
                  3. Tes Kesehatan dan Kebugaran
                  Dimana pada setiap tahapan seleksi SPMB STIS 2021 berlaku sistem gugur.

                   BIAYA PENDAFTARAN SPMB STIS 2021 
                  Calon peserta SPMB STIS 2021 dikenakan biaya pendaftaran seleksi STIS sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

                   CONTOH PAS FOTO SPMB STIS 2021 
                  Pas foto pendaftaran SPMB STIS 2021 harus foto terbaru (minimal 3 bulan terakhir) dan berlatar (background) warna merah. Ukuran pas foto tidak boleh lebih dari 200KB dan kurang dari 120KB. Berikut beberapa contoh pas foto STIS:

                  Foto STIS

                  Pas Foto STIS

                  Untuk membuat pas foto 4x6 cm dan mengatur ukuran agar tidak lebih dari 200KB, dapat kamu pelajari panduannya disini: Cara memperkecil Ukuran Pas Foto SPMB STIS 2021

                   SWAFOTO SPMB STIS 2021 
                  Saat pendaftaran akun SSCASN, pas foto close up berlatar belakang merah. Tidak ada ketentuan baju. Selanjutnya setelah memilih Politeknik Statistika STIS, pas foto yang diupload pada formulir pendaftaran adalah Swafoto (selfie) dengan memegang Kartu Informasi Akun SSCASN dan KTP dengan posisi melebar (landscape) seperti contoh berikut:

                  Swafoto STIS

                  Swafoto SPMB STIS

                  Foto Selfie STIS


                   APAKAH KULIAH DI POLSTAT STIS GRATIS?? 
                  Selama masa pendidikan, mahasiswa POLSTAT STIS akan dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

                   LOKASI UJIAN SPMB STIS 2021 
                  Lokasi ujian di 34 ibukota provinsi seluruh Indonesia. Untuk lokasi, sistem pelaksanaan, dan waktu ujian dapat dilihat di portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id/site/pengumuman).

                  Post a Comment for "JADWAL DAN SYARAT PENDAFTARAN SPMB STIS 2021"