Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SYARAT DAN JADWAL PENDAFTARAN PKN STAN 2021/2022

Syarat dan Jadwal Pendaftaran PKN STAN 2021/2022 - PKN STAN adalah perguruan tinggi di Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara. Ada yang berbeda dengan pelaksanaan SPMB PKN STAN tahun ini karena nomor dan nilai UTBK digunakan sebagai syarat untuk mendaftar PKN STAN. Jadi bagi kamu yang ingin mendaftar di Sekolah Kedinasan STAN, pastikan kamu mengikuti UTBK 2021 terlebih dahulu. Untuk mengetahui kapan jadwal kegiatan SPMB PKN STAN 2021 dan apa saja persyaratan untuk mendaftar PKN STAN 2021/2021? Silahkan simak penjelasan berikut ini!.

Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran STAN

PKN STAN merupakan perguruan tinggi vokasi, maka program studi yang diselenggarakan berupa program diploma. Program studi diploma empat setara dengan strata satu di mana lulusannya mendapatkan gelar sarjana sains terapan akuntansi (S.Tr.Ak.). Mulai tahun 2021 PKN STAN memiliki 3 (tiga) Program Studi, yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Program Diploma IV Manajemen Aset Publik. 

Program pendidikan PKN STAN diselenggarakan di Kampus Ali Wardhana, Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten. Balai Diklat Keuangan (BDK) yang berlokasi di daerah tidak lagi dijadikan lokasi pendidikan sejak tahun 2017.

Politeknik Keuangan Negara STAN membuka kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa di seluruh Indonesia untuk menjadi Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun Anggaran 2021. Berikut adalah persyaratan dan berkas pendaftaran STAN 2021 yang harus kamu persiapkan.

Jadwal dan Syarat Pendaftaran PKN STAN 2021

Kebutuhan dari tiap-tiap program studi diperuntukkan bagi peserta dengan kriteria:

Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.

 Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan.

A. Persyaratan SPMB PKN STAN

  1. Persyaratan kelulusan:
     Program Reguler: lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau
     Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar
     lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
     calon lulusan tahun 2021, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 15 tahun
  4. Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2021.
  5. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani adalah:
     mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
     mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
     mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu.
  6. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
     telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
     memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
     mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik.
  8. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

B. Jadwal SPMB PKN STAN

No. Jadwal Kegiatan SPMB PKN STAN 2021 Kegiatan SPMB PKN STAN Tahun 2021
1. 9 - 30 April 2021 Pendaftaran online di portal   https://sscasn.bkn.go.id
2. 12 April - 4 Mei 2021 Pendaftaran online di portal   https://spmb.pknstan.ac.id
3. 16 Juni 2021 Pengumuman Hasil Seleksi   Administrasi
4. 16 - 17 Juni   2021 Pembayaran Biaya   Pendaftaran SPMB
5. 21 Juni 2021*) Pengumuman Jadwal dan   Lokasi SKD
6. 25 - 30 Juni   2021*) Pelaksanaan SKD
7. 8 Juli 2021*) Pengumuman Hasil SKD serta   Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes   Psikologi)
8. 19 - 26 Juli   2021 Tes Kesehatan dan   Kebugaran serta Tes Psikologi
9. 05-Agu-21 Pengumuman Hasil Seleksi   Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi ) serta Jadwal   dan Lokasi Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara)
10. 16 - 23 Agustus   2021 Tes Wawancara
11. 30 Agustus 2021 Pengumuman kelulusan SPMB   PKN STAN
12. 6 - 10 September 2021 Pendaftaran Ulang
13. Akhir September   2021 Mulai Pendidikan
*) Catatan: masih bersifat tentatif, menyesuaikan jadwal dari Badan Kepegawaian Negara. Dalam hal dipandang perlu Panitia Pusat dapat melakukan perubahan jadwal kegiatan SPMB PKN STAN. Perubahan jadwal tersebut akan diumumkan dalam pengumuman tersendiri.

C. Berkas Pendaftaran PKN STAN

Berkas atau dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar PKN STAN 2021/2022 adalah:
 KTP/Kartu Keluarga/Surat Keterangan 
 Foto
 Ijazah/Rapor Semester 1 s/d 5
 Dokumen tambahan untuk pendaftar jalur afirmasi; KTP Orang Tua, Ijazah SMP dan SD, Akte Kelahiran, KK/Surat Hubungan Keluarga.

D. Cara Pendaftaran SPMB STAN

Berikut ini adalah Alur pendaftaran SPMB PKN STAN Tahun 2021 dan panduan cara pendaftaran STAN 2021 secara lengkap!

ALUR PENDAFTARAN SPMB STAN

1. Peserta melakukan registrasi melalui portal https://sscasn.bkn.go.id dengan tahapan sebagai
berikut:
  • memilih menu DIKDIN;
  • mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login;
  • login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;
  • memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan.
  • Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
    1) Ijazah SD dan Ijazah SMP;
    2) Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Desa; dan
    3) Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik. Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada disini: Form Rekomendasi Sekolah SPMB PKN STAN.
  • melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran; dan
  • logout dari portal https://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id.
Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Dalam hal peserta terdaftar pada lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

2. Peserta mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  • login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal https://sscasn.bkn.go.id;
  • mengisi data pilihan program studi;
  • mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online; dan
  • mengunci data.

E. Syarat Pas Foto SPMB STAN

Pasfoto berukuran 4x6 cm background merah dan besar file tidak lebih dari 200KB. Ketentuan mengenai pas foto STAN, baik mengenai ukuran, jenis file, besar file, pakaian/baju yang digunakan, dan ketentuan-ketentuan lainnya! dapat kamu lihat selengkapnya disini: Ketentuan dan Syarat Upload Pas Foto STAN 2021

Pas Foto daftar STAN
Contoh Pas Foto daftar STAN

F. Cara Pembayaran Biaya SPMB STAN

Biaya pendaftaran SPMB STAN sebesar Rp350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Panduan tata cara pembayaran biaya pendaftaran STAN 2021 dapat kamu lihat selengkapnya disini: CARA PEMBAYARAN BIAYA PKN STAN 2021/2022.

G. Tahapan dan Jenis Tes SPMB STAN

1. Seleksi Administrasi
  • Peserta diseleksi berdasarkan syarat administrasi sebagaimana tercantum pada huruf A angka 1 s.d. 5 untuk program reguler serta angka 1 s.d. 5 dan 11 untuk program afirmasi;
  • Peserta dinyatakan dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar apabila telah memenuhi persyaratan administrasi.
2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • SKD diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan telah melakukan pembayaran;
  • SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN);
  • SKD meliputi:
    ➥ Tes Karakteristik Pribadi (TKP),
    ➥ Tes Intelegensi Umum (TIU), dan
    ➥ Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
    ➥  Soal SKD PKN STAN 2021 sama modelnya dengan Soal SKD CPNS. Jadi kamu bisa pelajari soal-soal SKD disini: Contoh Latihan Soal TKP TIU TWK STAN dan Pembahasannya. Atau kamu bisa langsung dapatkan Prediksi soal SKD STAN 2021 dan Pembahasan disini!.
  • Peserta dinyatakan lulus SKD apabila:
    1). Memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan yang berlaku; dan
    2). Peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan I.
  • Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan I ditentukan oleh Panitia Pusat.
3. Seleksi Lanjutan I
  • Seleksi Lanjutan I diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus SKD.
  • Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi
    1). Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi:
    ➥ Tes Kesehatan STAN, yaitu pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat; dan
    ➥ Tes Kebugaran STAN, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
    2). Tes Psikologi dilaksanakan menggunakan Computer Based Test.
  • Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I apabila:
    1). Peserta memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran;
    2). Peserta memenuhi kriteria psikologi;
    3). Nilai Seleksi Lanjutan I merupakan penjumlahan antara angka 1) dan 2) dengan bobot masing-masing 50% (lima puluh persen); dan
    4). Peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan II.
  • Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan II ditentukan oleh Panitia Pusat.
4. Seleksi Lanjutan II
  1. Seleksi Lanjutan II merupakan Tes Wawancara yang diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I.
  2. Seleksi Lanjutan II dilaksanakan dengan semi online, yaitu peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.
  3. Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II apabila:
    1). Peserta memenuhi standar minimal kriteria wawancara; dan
    2). Peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan.
  4. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus SPMB PKN STAN ditentukan oleh Panitia Pusat.

F. Pengumuman SPMB STAN

Informasi dan ketentuan lebih lanjut mengenai SPMB PKN STAN Tahun 2021, termasuk:
◾ Pengumuman terkait Hasil Seleksi Administrasi;
◾ Pengumuman terkait Jadwal dan Lokasi SKD;
◾ Pengumuman terkait Hasil SKD serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi);
◾ Pengumuman terkait Hasil Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara); dan
◾ Pengumuman terkait kelulusan SPMB PKN STAN,
akan diumumkan kemudian pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, http://www.pknstan.ac.id, dan kamu juga bisa cek disini https://www.winmahdi.com.

G. Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru PKN STAN

  1. Pendaftaran ulang merupakan bagian dari proses SPMB PKN STAN Tahun 2021 yang dilaksanakan melalui verifikasi persyaratan pendaftaran dengan menggunakan dokumen asli.
  2. Apabila dalam proses pendaftaran ulang diketahui bahwa calon mahasiswa tidak memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang tercantum dalam pengumuman ini, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus dan tidak diterima sebagai mahasiswa baru PKN STAN Tahun 2021.
  3. Pendaftaran ulang wajib dihadiri langsung oleh calon mahasiswa serta tidak dapat diwakilkan.

H. Pendidikan PKN STAN

  1. Pendidikan untuk Program Studi Diploma IV akan dimulai pada akhir September 2021.
  2. Penyelenggaraan pendidikan akan diasramakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN STAN.
  3. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma IV adalah 8 (delapan) semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada setiap akhir semester akan dikeluarkan dari program pendidikan PKN STAN.
  4. Pendidikan Program Studi Diploma IV diselenggarakan di Kampus PKN STAN, Jalan Bintaro Utama Sektor V Bintaro Jaya Tangerang Selatan.
  5. Mahasiswa tidak dikenakan biaya selama mengikuti kegiatan akademik.
  6. Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.
  7. Penempatan mahasiswa yang dinyatakan lulus pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2021 pada Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah akan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan pendidikan.
Kesemua informasi di atas dapat juga kamu lihat disini: SPMB PKN STAN 2021 atau langsung cek di bawah ini:



Demikianlah informasi mengenai Jadwal dan Syarat Pendaftaran PKN STAN 2021/2022. Patuhi dan penehu semua syarat-syarat nya dan jangan lupa untuk mempersiapkan segala dokumen / berkas berkas pendaftaran SPMB PKN STAN Tahun 2021. Jika semua sudah beres! baru lakukan pendaftaran di https://dikdin.bkn.go.id/ dan juga di https://www.spmb.pknstan.ac.id/. Semoga membantu dan bermanfaat!.

Post a Comment for "SYARAT DAN JADWAL PENDAFTARAN PKN STAN 2021/2022"