Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH SURAT KETERANGAN SISWA KELAS 12 UNTUK UTBK SBMPTN, DIKDIN, DAN SELEKSI MANDIRI PTN 2022/2023

Winmahdi.com - Contoh Surat Keterangan Siswa Kelas 12 (SKSK 12) atau sering juga disebut Surat Keterangan Kelas 12 (SKK 12) atau Surat Keterangan Aktif Kelas 12 (SKAK 12) adalah surat keterangan yang dibuat di sekolah dan digunakan sebagai syarat mengikuti/pendaftaran masuk perguruan tinggi seperti UTBK SBMPTN, Sekolah Kedinasan (DIKDIN), dan seleksi mandiri kampus lainnya. Surat Keterangan Siswa Kelas 12 harus memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku atau ditentukan oleh pihak penyelenggara seleksi masuk Perguruan Tinggi bagi siswa yang tidak memiliki ijazah dan akan segera tamat dari SMA/SMK/MA Sederajat. 

Tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) adalah salah satu jenis seleksi masuk PTN yang mempersyaratkan pendaftar yang masih belum keluar Ijazahnya untuk membuat Surat Keterangan Siswa Kelas 12 di/dari pihak sekolah. 

Adapun ketentuan dan persyaratan Surat Keterangan Siswa Kelas 12 (SKSK/SKK 12) adalah sebagai berikut:

  • Surat Keterangan Kelas 12 Asli (Bukan fotocopy legalisir)
  • Tertera Data Siswa seperti Nama Siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah, Tempat dan Tanggal Lahir. 
  • Surat dilengkapi dengan foto terbaru ukuran 4x6 cm (berwarna)
  • Terdapat stempel/cap sekolah didalam Surat
  • Tertera tanda tangan Kepala Sekolah

Bagaimana Contoh Surat Keterangan Siswa Kelas 12 yang baik dan benar sesuai dengan persyaratan dan ketentuan diatas?. Kamu dapat melihatnya pada contoh contoh Surat Keterangan Siswa Kelas 12 daftar UTBK SBMPTN dibawah ini:

Surat Keterangan Siswa Kelas 12

Template Surat Keterangan Siswa Kelas 12 untuk UTBK SBMPTN diatas hanyalah contoh dan formatnya tidak wajib (mutlak) harus sama seperti contoh tersebut. Karena biasanya, pihak Tata Usaha (TU) Sekolah sudah memiliki format tersendiri untuk Surat Keterangan Siswa Aktif Kelas 12. Jadi kamu jangan memaksakan formatnya harus sama seperti pada contoh tersebut. Yang terpenting adalah dalam Surat Keterangan Siswa Kelas 12 tersebut sudah tertera Nama Siswa, Tempat dan Tanggal Lahir Siswa, NISN, dan NPSN Sekolah Siswa.

Surat Keterangan Siswa Kelas 12 tersebut di atas, nantinya harus/wajib kamu bawa saat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Bagi peserta yang tidak membawa SKSK/SKK/SKAK 12 besar kemungkinan akan diberikan sanksi tidak diizinkan masuk ke ruangan untuk mengikuti tes UTBK SBMPTN atau bisa juga tidak dikeluarkannya Sertifikat Skor Nilai UTBK. Dengan demikian tentu kamu nantinya tidak dapat mendaftar SBMPTN, Seleksi Mandiri yang menggunakan nilai UTBK, dan mendaftar PKN STAN  yang mana menggunakan Sertifikat Nilai UTBK (Sertifikat Skor Nilai TPS UTBK) saat mendaftar. Jadi kamu harus benar-benar sudah mempersiapkannya sebelum hari pelaksanaan ujian dan jangan sampai tertinggal.


Post a Comment for "CONTOH SURAT KETERANGAN SISWA KELAS 12 UNTUK UTBK SBMPTN, DIKDIN, DAN SELEKSI MANDIRI PTN 2022/2023"