Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SYARAT DAN CARA PENDAFTARAN SEKOLAH IKATAN DINAS (DIKDIN) 2022/2023

WINMAHDI.com - Sekolah Ikatan Dinas adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh beberapa kementerian dan lembaga pemerintah. Seluruh biaya pendidikan akademik ditanggung oleh kementerian dan lembaga terkait. Sekolah Kedinasan disebut juga sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Salah satu keunggulan Sekolah ikatan dinas atau PTK dibanding kampus negeri atau Sekolah Kedinasan non Ikatan Dinas adalah peluang kerja bagi lulusannya. Alumni PTK dengan Ikatan Dinas akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada instansi yang menaunginya. Berminat mendaftar Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas??. Simak syarat dan cara pendaftaran sekolah ikatan dinas (DIKDIN) berikut ini.

Syarat dan Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Daftar Sekolah Ikatan Dinas

Beberapa Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas saat ini yaitu,
  1. IPDN (Kementerian Dalam Negeri)
  2. PKN STAN (Kementerian Keuangan)
  3. POLTEKIM (Kementerian Hukum dan HAM)
  4. POLTEKIP (Kementerian Hukum dan HAM)
  5. POLSTAT STIS (Badan Pusat Statistik)
  6. STIN (Badan Intelijen Negara)
  7. POLTEK SSN (Badan Siber dan Sandi Negara)
  8. STMKG (BMKG)
  9. PTDI STTD Bekasi (Kementerian Perhubungan)
  10. PKTJ Tegal (Kementerian Perhubungan)
  11. PPI Madiun (Kementerian Perhubungan)
  12. POLTEKTRANS SDP Palembang (Kementerian Perhubungan)
  13. POLTRADA Bali (Kementerian Perhubungan)
  14. STIP Jakarta (Kementerian Perhubungan)
  15. PIP Semarang (Kementerian Perhubungan)
  16. PIP Makassar (Kementerian Perhubungan)
  17. POLTEKPEL Surabaya (Kementerian Perhubungan)
  18. POLTEKPEL Sumatera Barat (Kementerian Perhubungan)
  19. POLTEKPEL Malahayati Aceh (Kementerian Perhubungan)
  20. POLTEKPEL Banten (Kementerian Perhubungan)
  21. POLTEKPEL Sulawesi Utara (Kementerian Perhubungan)
  22. POLTEKPEL Sorong (Kementerian Perhubungan)
  23. POLTEKPEL Barombong (Kementerian Perhubungan)
  24. PPI Curug (Kementerian Perhubungan)
  25. POLTEKBANG Surabaya (Kementerian Perhubungan)
  26. POLTEKBANG Medan (Kementerian Perhubungan)
  27. POLTEKBANG Makassar (Kementerian Perhubungan)
  28. POLTEKBANG Palembang (Kementerian Perhubungan)
  29. POLTEKBANG Jayapura (Kementerian Perhubungan)
Selain membuka penerimaan program Pola Pembibitan (Ikatan Dinas), PTK dibawah Kementerian perhubungan juga membuka seleksi program Reguler (Non Ikatan Dinas). Jalur Reguler dibuka setelah pengumuman pembukaan seleksi sipencatar jalur Polbit. Seluruh biaya pendidikan bagi kamu yang lulus jalur Reguler (Non Ikatan Dinas) ditanggung secara mandiri oleh masing-masing peserta.

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Seluruh peserta yang akan mengikuti seleksi sekolah ikatan dinas terlebih dahulu harus mendaftar di situs SSCN Sekolah Kedinasan dikdin.bkn.go.id dengan alur/cara pendaftaran, yaitu:

Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022
  1. Pelamar mengunjungi situs/portal https://dikdin.bkn.go.id/
  2. Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan dengan NIK kemudian mencetak Kartu Informasi Akun. Pendaftaran/pembuatan akun SSCN Sekolah Kedinasan dengan cara menekan menu Registrasi
  3. Login ke akun SSCN Sekolah Kedinasan (Dikdin) dengan menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan
  4. Upload Swafoto, memilih Sekolah Kedinasan*, melengkapi nilai, upload berkas, dan melengkapi biodata
  5. Pelamar mengecek Resume, jika semua data sudah benar dan lengkap lakukan pencetakan Kartu Pendaftaran
  6. Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah diupload/masuk
  7. Pelamar Login ke akun SSCN Dikdin sesuai tanggal yang telah ditentukan untuk melihat status kelulusan seleksi/verifikasi berkas administrasi
  8. Apabila lulus verifikasi berkas akan mendapatkan kode billing pembayaran. Cek informasi pembayaran di situs Sekolah Kedinasan terkait
  9. Mencetak Kartu Ujian di SSCN Dikdin setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem
  10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi (Infonya bisa dicek pada masing-masing situ penerimaan sekolah kedinasan)
  11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh panitia seleksi Sekolah Kedinasan di akun SSCN Dikdin dan masing-masing situs sekolah kedinasan.

Syarat Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN adalah kampus yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian. Lulusan IPDN langsung menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengisi formasi di pemerintahan pusat atau daerah. Berminat kuliah di IPDN tahun ini?? Simak Persyaratan Pendaftaran IPDN disini.

2. Politeknik Keuangan Negara STAN

Kamu pasti sudah tidak asing sama STAN. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) bertransformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Kampus STAN yang dinaungi oleh Kemenkeu menjadi salah satu Sekolah Kedinasan yang selalu ramai pendaftar. Untuk mendaftar PKN STAN kamu harus memiliki nilai UTBK TPS minimal skor 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi. So, kamu harus mendaftar dan mengikuti tes UTBK terlebih dahulu. Adapun Syarat Daftar PKN STAN dapat kamu cek disini!.

3. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Dinas yang berada dibawah naungan BMKG ini juga berstatus ikatan dinas. STMKG merupakan PTK yang bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang berwawasan dalam bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasinya. Bagi kamu yang ingin mendaftar kuliah di STMKG silahkan baca persyaratan lengkapnya disini.

4. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

POLTEKIP merupakan pendidikan tinggi kedinasan yang berada di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berbasis vokasi yang memiliki tujuan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pemasyarakatan. Lulusan POLTEKIP biasanya akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan seperti di Lapas, Rutan, dan Balai Pemasyarakatan. Ingin kuliah di POLTEKIP Kemenkumham?? Baca persyaratan pendaftaran Poltekip disini.

5. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Sama seperti Poltekip, POLTEKIM juga berada dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Menurut informasi dari siswa POLTEKIM, mereka juga mendapatkan uang saku setiap bulannya selama kuliah di POLTEKIM. Nah, bagi kamu yang berminat menjadi taruna/taruni Poltekim silahkan baca syarat-syarat pendaftarannya disini ya.

6. Politeknik Statistika STIS (POLSTAT STIS)

Peminat Polstat STIS juga tegolong tinggi setiap tahunnya sehingga persaingan masuk STIS juga sangat ketat. Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik jika ingin lulus seleksi SPMB STIS. Peserta dari SMA/MA lulusan IPA dan IPS boleh mendaftar STIS sedangkan bagi kamu yang lulusan SMK/MAK harus dari peminatan Teknik Komputer dan Informatika. Cek disini: syarat lengkap Pendaftaran Polstat STIS.

7. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Kalau kamu ingin jadi mata-mata seperti di film-film maka kuliah di kampus STIN adalah pilihan yang tepat. STIN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Inteligen negara (BIN) yang bertujuan menyiapkan para mahasiswanya untuk menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi dan Seni Bidang Intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Jika kamu berminat, silah cek disini Syarat-syarat Pendaftaran STIN.

8. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Kamu suka ngoprek komputer?! Tertarik buat program atau aplikasi komputer?! Tertantang mencari celah atau bug pada suatu sistem komputer?! Jika Iya, maka Poltek SSN adalah solusi paling tepat untuk mengembangkan minat dan bakat kamu. Berikut adalah syarat dan cara pendaftaran Poltek SSN 2022/2023 yang harus kamu ketahui dan pahami!

9. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Sekolah kedinasan dilingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) adalah sekolah kedinasan terbanyak dibandingkan sekolah-sekolah kedinasan di kementerian/badan/lembaga lainnya. Terdapat 21 (dua puluh satu) sekolah kedinasan di Kemenhub yang terdiri dari matra darat, udara, dan laut. Jika kamu ingin kuliah di salah satu sekolah kedinasan Kemenhub, silahkan pahami syarat-syarat dan cara pendaftarannya di bawah ini:

Syarat dan Cara Pendaftaran PTDI STTD 2022/2023

Persyaratan dan Cara Daftar PPI Madiun 2022/2023

Syarat dan Cara Pendaftaran PPI Curug 2022/2023

Syarat dan Cara Pendaftaran Poltekbang Medan 2022/2023

Syarat dan Cara Pendaftaran Poltekbang Surabaya 2022/2023

Syarat dan Cara Pendaftaran Poltrada Bali 2022/2023

Syarat dan Cara Pendaftaran Poltekpel Surabaya 2022/2023


Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan (Dikdin) 2023

Berikut adalah estimasi jadwal seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2023.
  • Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan: Tanggal 9 s.d. 30 April 2023
  • Jadwal Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekdin: Mei-Juni 2023

Post a Comment for "SYARAT DAN CARA PENDAFTARAN SEKOLAH IKATAN DINAS (DIKDIN) 2022/2023"