Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SYARAT DAN CARA PENDAFTARAN POLTEKBANG MEDAN 2022

WINMAHDI.com - Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan adalah perguruan tinggi kedinasan (PTK) dilingkungan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). Salah satu Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) di Poltekbang Medan dilaksanakan melalui Jalur Reguler Pola Pembibitan (Ikatan Dinas). Kamu ingin mendaftar masuk Poltekbang Medan?? Simak penjelasan mengenai Syarat dan Cara Pendaftaran Poltekbang Medan 2022 berikut!.

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Poltekbang Medan

Jurusan di Poltekbang Medan

Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan memiliki 4 (empat) Program Studi (Prodi) yang kesemuanya telah memiliki akreditasi Baik/B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu:
  1. Prodi D-III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (TPPU)
  2. Prodi D-III Pemanduan Lalu Lintas Udara (PLLU)
  3. Prodi D-III Teknik Telekomunikasi Dan Navigasi Udara (TNU)
  4. Prodi D-III Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)
Tidak semua jurusan/prodi tersebut dapat dipilih saat pendaftaran Sipencatar Poltekbang Medan jalur Pola pembibitan (Polbit). Prodi yang dapat dipilih melalui jalur sipencatar Polbit Poltekbang Medan 2022 hanya prodi yang tertera di portal pendaftaran dikdin BKN.

Jalur Pendaftaran Poltekbang Medan

Penerimaan Calon Taruna (CATAR) di Poltekbang Medan dilaksanakan melalui Jalur Reguler Pola Pembibitan (Ikatan Dinas) dan Jalur Reguler (Non Pola Pembibitan/Non Ikatan Dinas). Jalur Polbit, untuk setiap Taruna/Taruni yang telah menyelesaikan pendidikan akan diangkat menjadi CPNS/PNS. Sedangkan jalur Reguler Non Polbit tidak diangkat menjadi CPNS/PNS, lulusan jalur Reguler non Polbit diberi kebebasan dalam memilih/melamar pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan di Poltekbang Medan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan info mengenai Sipencatar Poltekbang Jalur Pola Pembibitan (Ikatan Dinas).

Syarat Pendaftaran Poltekbang Medan

Merujuk situs resmi Seleksi Penerimaan Calon Taruna Kementerian Perhubungan atau SIPENCATAR KEMENHUB, berikut adalah Persyaratan daftar Poltekbang Medan yang harus dipenuhi oleh masing-masing peserta.

Persyaratan Prodi dan Lulusan Pendaftar

  • Calon Taruna/Taruni hanya berhak memilih 1 (satu) Program Studi yang tersedia
  • Calon Taruna/Taruni dapa memilih Program Studi tanpa dibatasi domisili asal
  • Prodi D-III Teknik Telekomunikasi Dan Navigasi Udara (TNU)
    ➥ SMA/MA IPA Sederajat
    ➥ SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi.
  • Prodi D-III Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)
    ➥ SMA/MA IPA Sederajat
    ➥ SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada 1 September 2022
  3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan:
    ➥ a. Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) /2,8 (skala penilaian 1-4)
    ➥ b. Untuk lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) 70,00 (skala penilaian 10-100)
    ➥ c. Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, jika nilai rata-rata ijazah menggunakan skala penilaian 1-10 atau skala penilaian 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut menjadi skala penilaian 10-100 (panduan dapat diunduh pada halaman berikut https://sipencatar.dephub.go.id/panduan) dengan melampirkan surat keterangan dari Sekolah Asal yang ditandatangani Kepala Sekolah
    ➥ d. Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  4. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm.
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba
  6. Calon Taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat. keterangan dari pemuka agama/adat)
  7. Calon Taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak berlubang tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan), kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat)
  8. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total
  9. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan
  10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri sebagai Taruna/Taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan
  11. Bersedia mentaati segala peraturan pada pelaksanaan Pola Pembibitan Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan
  12. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan), dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual
  13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen
  14. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran (besaran biaya dapat dilihat di https://sipencatar.dephub.go.id)
  15. Bersedia menandatangani Surat Pemyataan Calon Taruna/Taruni (bermaterai 10.000 Rupiah);
  16. Memiliki surat elektronik/ e-mail dan nomor Handphone/Telepon yang masih aktif dan valid untuk sarana penyampaian perkembangan informasi proses seleksi.

Cara Pendaftaran Poltekbang Medan

Pendaftaran dapat dilakukan setelah masuk dalam jadwal pendaftaran Sipencatar Poltekbang Medan. Pendaftaran diluar jadwal tidak dapat dilakukan. Adapun langkah-langkah pendaftaran masuk Poltekbang Medan adalah:

1. Calon Taruna/Taruni hanya boleh mendaftar di satu Sekolah Kedinasan pada Kementerian atau Lembaga dan apabila Calon Taruna/Taruni mendaftar lebih dari satu Sekolah Kedinasan maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

2. Calon Taruna/Taruni wajib melakukan pendaftaran online melalui portal https://dikdin.bkn.go.id dan memilih sekolah kedinasan Poltekbang Medan seta mengunggah dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan alur pendaftaran dibawah ini.

Cara Pendaftaran Poltekbang Medan

3. Semua berkas di unggah (upload) ke dalam sistem pendaftaran online SSCASN DIKDIN dalam bentuk soft copy, terdiri atas:
  • Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 200 kb dengan format -jpg) (Cek disini: Ketentuan Pas Foto Sipencatar dan Cara Mengatur Ukurannya)
  • KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 200 kb;
  • Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas) dan Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 700 kb;
  • Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan nomor seleksi/pendaftaran pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 200 kB dengan format .jpg);
  • Persyaratan lainnya diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb yang terdiri atas :
    ➥ 1) Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan surat yang ditandatangani oleh pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua);
    ➥ 2) Surat Pernyataan Sanggup Tidak Menikah selama mengikuti pendidikan (bermaterai 10.000 rupiah), dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
    ➥ 3) Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR (bermaterai 10.000 rupiah), dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
    ➥ 4) Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni Bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template dan website masing - masing Unit Pelaksana Teknis;

Biaya Masuk Poltekbang Medan

Biaya Pendaftaran Poltekbang Medan

Untuk mengikut pendaftaran Sipencatar Poltekbang Medan biaya yang harus peserta bayarkan sebesar 150.0000. Jika lulus tahap seleksi administrasi maka untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dikenakan biaya seberar 50.000. Untuk informasi biaya seleksi tahapan selanjutnya silahkan klik disini: Biaya Seleksi Poltekbang Medan.

Biaya Pendidikan Poltekbang Medan

Setelah dinyatakan lulus seluruh tahapan selekdi dan segera akan mengikuti pendidikan di Poltekbang Medan, terdapat biaya penyelenggaraan pendidikan yang terdiri dari Biaya Akademik dan Biaya Non-Akademik.

Biaya Akademik merupakan biaya SPP atau Biaya Semester yang ditanggung oleh Pemerintah (Gratis). 

Biaya Non Akademik terdiri dari biaya penunjang akademik yang dibebankan kepada Calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku pada Poltekbang Medan. Contoh Biaya Non Akademik adalah biaya makan dan binatu.

Selain itu diawal masuk terdapat juga biaya yang harus dibayarkan yang dinamakan biaya awal masuk. Komponen dan perkiraan besaran Biaya Awal Masuk Non Akademik Poltekbang Medan adalah sebagai berikut.

Biaya awal masuk Prodi D-III TNU sebesar Rp 20.259.000

Biaya awal masuk Prodi D-III TLB sebesar Rp 20.256.000


Keterangan Biaya Awal Masuk
  1. Biaya awal masuk dibayarkan hanya sekali selama pendidikan
  2. Biaya awal masuk merupakan biaya perlengkapan taruna selama pendidikan (Pakaian, Sepatu, dll), biaya makan selama 1 (satu) bulan dan Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) yang dibayarkan di awal pendidikan.
  3. Biaya permakanan dan binatu selanjutnya menyesuaikan tarif yang berlaku di Poltekbang Medan
  4. Biaya dapat berubah sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku.

Pembayaran Biaya Daftar Poltekbang Medan

Panduan pembayaran biaya pendaftaran Poltekbang Medan dapat kamu pelajari selengkapnya disini: Cara Pembayaran Biaya Sipencatar Poltekbang Medan.

Kisi-Kisi Soal SKD Poltekbang Medan 2022

Untuk mendapatkan kisi-kisi soal Sipencatar Poltekbang Medan Tahun 2022 dapat kamu klik gambar dibawah ini.

Soal Poltekbang Medan dan Pembahasan

Jadwal Masuk Poltekbang Medan

Berikut adalah jadwal pelaksanaan seleksi penerimaan calon taruna (Sipencatar) Poltekbang Medan Tahun 2022.
  • Pendaftaran online Poltekbang Medan di portal https://dikdin.bkn.go.id/: 9 - 30 April 2022
  • Pengumuman Peserta Seleksi Kompetensi Dasar: Mei 2022 (tentative)
  • Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD (Seleksi Kompetensi Dasar): Juni 2022 (tentative)
  • Pelaksanaan SKD: Juni 2022 (tentative)
  • Pengumuman hasil SKD: Juli 2022 (tentative)
  • Pelaksanaan Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan Wawancara: Agustus 2022 (tentative)
  • Pengumuman Hasil Pantukhir (Kelulusan): September 2022 (tentative)

Tanya Jawab Seputar Sipencatar Poltekbang Medan (FAQ)

Jika masih ada yang kurang jelas seputar Sipencatar Kemenhub Poltekbang Medan, kamu dapat melihat FAQ (Pertanyaan yang paling sering ditanyakan) dan penjelasannya disini: Pertanyaan dan Jawaban Seputar Sipencatar.

Lokasi Kampus Poltekbang Medan

Jl. Penerbangan No.85 Sempakata Medan - Sumatera Utara.

Post a Comment for "SYARAT DAN CARA PENDAFTARAN POLTEKBANG MEDAN 2022"