Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LOKASI DAN JADWAL UJIAN SKD STMKG 2023/2024

WINMAHDI.com - Lokasi dan Jadwal Ujian SKD STMKG 2023/2024. Peserta mengikuti tes SKD PTB STMKG di lokasi tes yang telah ditentukan pada saat melakukan pengisian formulir secara online. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Jadwal Tes STMKG dan Lokasi Tes SKD STMKG Tahun 2023.

Jadwal Ujian SKD STMKG

Jadwal Ujian SKD STMKG 2023

Jadwal dan lokasi ujian SKD STMKG 2023 untuk setiap peserta dapat diunduh /download PDF nya dibawah ini:

No.LOKASIJADWAL SKDLOKASI TESDAFTAR PESERTA
1.Manokwari7 Juni 2023Kantor Regional XIV BKN ManokwariUnduh di sini
2.Tarakan7 s.d. 8 Juni 2023Kantor UPT BKN TarakanUnduh di sini
3.Ternate7 s.d. 8 Juni 2023Kantor UPT BKN TernateUnduh di sini
4.Ambon7 s.d. 8 Juni 2023Kantor UPT BKN AmbonUnduh di sini
5.Manado7 s.d. 8 Juni 2023Kantor Regional XI BKN ManadoUnduh di sini
6.Sorong8 Juni 2023Kantor UPT BKN SorongUnduh di sini
7.Jayapura8 Juni 2023Kantor Regional IX BKN JayapuraUnduh di sini
8.Batam8 s.d. 9 Juni 2023Kantor UPT BKN BatamUnduh di sini
9.Kendari8 s.d. 9 Juni 2023Kantor UPT BKN KendariUnduh di sini
10.Kupang8 s.d. 10 Juni 2023Kantor UPT BKN KupangUnduh di sini
11.Natuna12 Juni 2023SMA N 1 Bunguran Timur, NatunaUnduh di sini
12.Merauke12 Juni 2023Stasiun Meteorologi Kelas III Mopah MeraukeUnduh di sini
13.Nabire15 Juni 2023SMA N 1 NabireUnduh di sini

Tes SKD STMKG hanya dapat diikuti oleh peserta yang telah melakukan pembayaran untuk kedua kode billing yang telah diberikan. Meskipun nama peserta tertera pada jadwal tes, tetapi jika belum melakukan pembayaran pada salah satu atau kedua kode billing tersebut, maka yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes SKD.

Peserta tes SKD WAJIB hadir 90 (sembilan puluh) menit sebelum tes dimulai untuk registrasi dan persiapan tes. Apabila peserta tidak hadir di lokasi tes atau terlambat hadir sesuai waktu yang ditentukan pada jadwal, maka peserta yang bersangkutan tidak dapat mengikuti SKD dan dinyatakan gugur.


Tahapan dan Jenis Seleksi STMKG 

Seleksi PTB STMKG dibagi dalam 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur, yaitu:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tes SKD terdiri dari 3 (tiga) materi, yaitu: 
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP), nilai ambang batas TKP adalah 156
  • Tes Intelegensia Umum (TIU), nilai ambang batas (PG) TIU adalah 80
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), nilai Passing Grade/Nilai ambang batas TWK adalah 65
  • Nilai Ambang Batas afirmasi, yakni:
    ➥ Nilai kumulatif SKD paling rendah 281 (dua ratus delapan puluh satu)
    ➥ Nilai TIU paling rendah 55 (lima puluh lima)
Cek disini: Materi dan Kisi Kisi Soal SKD STMKG 2023 dan Pembahasan atau langsung klik pada gambar dibawah ini untuk persiapan tes SKD STMKG 2023/2024.

Soal STMKG dan Pembahasan

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Tes Seleksi Kompetensi Bidan (SKB) STMKG berupa Tes Akademik untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris.

Catatan:
  • Bagi peserta reguler, SKB hanya dapat diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan memenuhi ambang batas kelulusan SKD dan secara nasional berada dalam peringkat/ranking terbaik sebanyak 3 (tiga) kali formasi Taruna dan Taruni pada setiap Program Studi.
  • Bagi peserta Afirmasi Papua dan Papua Barat, SKB hanya dapat diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan memenuhi ambang batas kelulusan SKD dan berada dalam peringkat/ranking terbaik sebanyak 7 (tujuh) kali formasi pada setiap Program Studi.
  • Bagi peserta Afirmasi Daerah, SKB hanya dapat diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan memenuhi ambang batas kelulusan SKD dan berada dalam peringkat/ranking terbaik sebanyak 5 (lima) kali formasi pada setiap Program Studi.

3. Tes Kebugaran, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan

Seleksi ini hanya bagi peserta yang dinyatakan lulus SKB dengan catatan:
  • Bagi peserta reguler, Tes Kebugaran, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan hanya dapat diikuti oleh peserta yang mempunyai nilai hasil SKB berada pada peringkat/rangking terbaik sebanyak 2 (dua) kali formasi Taruna dan Taruni pada setiap Program Studi secara nasional.
  • Bagi peserta Afirmasi Papua dan Papua Barat, Tes Kebugaran, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan hanya dapat diikuti oleh peserta yang mempunyai nilai hasil SKB berada pada peringkat/rangking terbaik sebanyak 3 (tiga) kali formasi pada setiap Program Studi.
  • Bagi peserta Afirmasi Daerah, Tes Kebugaran, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan hanya dapat diikuti oleh peserta yang mempunyai nilai hasil SKB berada pada peringkat/rangking terbaik sebanyak 3 (tiga) kali formasi pada setiap Program Studi.
  • Tes kebugaran dan wawancara akan diadakan di UPT BMKG terdekat dengan lokasi tes. (Alamat lokasi tes dapat dilihat pada Lampiran 3.)
  • Tes Kebugaran dilakukan dengan metode cooper test, yaitu Peserta berjalan atau berlari secepat-cepatnya menempuh jarak 2,4 km dan akan dicatat waktu yang diperlukan.
  • Pada saat tes kebugaran, Peserta harus mengenakan pakaian dan sepatu olah raga. 
  • Panitia akan melakukan pengukuran ulang untuk tinggi badan dan berat badan peserta di lokasi tes.
  • Pada saat pelaksanaan wawancara, Peserta harus membawa Ijazah asli bagi yang lulus SMA/MA/SMK tahun 2022 atau tahun sebelumnya atau Surat Keterangan Lulus atau rapor asli/ fotokopi rapor yang telah dilegalisir.
  • Selanjutnya Peserta dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit minimum Kelas B atau Laboratorium Kesehatan terakreditasi yang mempunyai fasilitas lengkap di Kota/Kabupaten tempat tinggal dengan membawa Surat Pengantar yang telah disiapkan dari STMKG.
  • Biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung oleh Peserta yang bersangkutan.
  • Rekam medis hasil pemeriksaan kesehatan dikirimkan ke alamat resmi Panitia PTB-STMKG-2023 (lihat alamat resmi Panitia PTB-STMKG-2023 pada Ketentuan Iain-lain). 

Pada saat pelaksanaan setiap tahapan seleksi, Peserta WAJIB berpakaian rapi : menggunakan baju kemeja putih, celana/rok panjang warna gelap (hitam) bukan jeans dan bersepatu, serta WAJIB membawa KTP Asli, dan Kartu Ujian. Bagi peserta yang belum memiliki KTP, wajib membawa Kartu Identitas Anak (KIA)/Surat Keterangan dari DISDUKCAPIL atau Kartu Keluarga Asli dan Kartu Pelajar atau Kartu identitas lain yang terdapat foto identitas diri pendaftar. Kartu Ujian didapat dari portal https://dikdin.bkn.go.id setelah Peserta menyelesaikan pembayaran biaya pendaftaran STMKG dan biaya CAT BKN.

Peserta tes WAJIB menerapkan protokol kesehatan: menggunakan masker standar yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu (tidak boleh menggunakan scuba), menjaga jarak minimal 1 (satu) meter dengan orang lain, menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan /atau menggunakan handsanitizer, dan membawa alat tulis pribadi.

Post a Comment for "LOKASI DAN JADWAL UJIAN SKD STMKG 2023/2024"