Soal Rasio Solvabilitas (Leverage Ratio) & Pembahasan

Leverage Ratio
Sebelum kita membahas soal-soal tentang Rasio Solvabilitas atau Leverage Ratio ada baiknya teman-teman tau terlebih dahulu apa itu Ratio Solvabilitas?. Oke, berdasarkan definisi yang saya baca di salah satu buku Analisis Laporan Keuangan untuk jurusan akuntansi, dikatakan bahwa:
Rasio Solvabilitas atau Leverage Ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai dengan utang. Dalam arti luas dikatakan bahwa rasio solvabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar seluruh kewajibannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang apabila perusahaan dibubarkan.
Nah, itu saja ringkasan awal mengenai apa itu Rasio Solvabilitas. Selanjutnya kita akan membahas beberapa soal tentang materi rasio solvabilitas di bawah ini:

Soal 1
Jelaskan pengertian rasio solvabilitas yang anda ketahui dan jelaskan pula nilai penting rasio tersebut bagi perusahaan.
Jawab:
Rasio Solvabilitas atau Leverage Ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai dengan utang. Dalam arti luas dikatakan bahwa rasio solvabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar seluruh kewajibannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang apabila perusahaan dibubarkan.

Soal 2
Seperti kita ketahui bahwa rasio solvabilitas memiliki beberapa jenis. Sebutkan dan uraikan satu persatu!
Jawab:
  1. Debt to asset ratio (debt ratio) merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara total utang dengan total aktiva. Dengan kata lain, seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh utang dan seberapa besar utang perusahaan berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva.
  2. Debt to equity ratio merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara total utang dengan modal sendiri. Rasio ini berguna untuk mengetahui seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai dari utang.
  3. Long term debt to equity ratio merupakan rasio antara utang jangka panjang dengan modal sendiri. Tujuannya adalah untuk mengukur berapa bagian dari setiap rupiah modal sendiri yang dijadikan jaminan untang jangka panjang.
  4. Times interest earned merupakan rasio untuk mencari jumlah kali perolehan bunga. Rasio ini diartikan juga kemampuan perusahaan untuk membayar biaya bunga, sama seperti coverage ratio.
  5. Fixed charge coverage atau lingkup biaya tetap merupakan rasio yang digunakan menyerupai rasio times interest earned. Hanya saja dalam rasio ini dilakukan apabila perusahaan memperoleh utang jangka panjang atau menyewa aktiva berdasarkan kontrak sewa (lease contract).
Soal 3
Jelaskan tujuan serta manfaat yang dapat dipetik perusahaan dengan mengetahui rasio leverage.
Jawab:
Tujuan dan Manfaat Rasio Leverage (Rasio Solvabilitas) adalah:
  • untuk menilai dan mengetahui kemampuan posisi perusahaan terhadap kewajiban kepada pihak lainnya
  • untuk menilai dan mengetahui kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban yang bersifat tetap
  • untuk menilai dan mengetahui keseimbangan antara nilai aktiva khususnya aktiva tetap dengan modal
  • untuk menilai dan mengetahui seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh utang
  • untuk menilai dan mengetahui seberapa besar utang perusahaan berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva
  • untuk menilai dan mengetahui atau mengukur berapa bagian dari setiap rupiah modal sendiri yang dijadikan jaminan utang jangka panjang
  • untuk menilai dan mengetahui berapa dana pinjaman yang segera akan ditagih ada terdapat sekian kalinya modal sendiri
Soal 4
Jelaskan rumusan untuk mencari debt to equity ratio dengan contoh lengkap
Soal 5
Uraikan perbedaan antara times interest earned ratio dengan Fixed charge coverage, disertai contohnya.
Baca juga: Materi Rasio Likuiditas dan Contoh Soal
Demikian dulu beberapa contoh yang dapat saya sajikan, untuk 2 soal yang belum dijawab coba temen-temen jawab dulu di komentar (nanti akan saya update jawabannya, jika tidak ada yang bisa menjawab). Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman pembaca 😊

0 komentar

Post a Comment