Cara Mengatur Notepad ++ Agar Tulisan Tidak Memanjang Kesamping

Temen-temen blogger pasti sudah mengenal apa itu Notepad atau Notepad++. Pada umumnya para blogger yang akan menuliskan ide-ide pikiran atau apa saja yang ingin dituliskan di blognya, biasanya akan menuliskannya terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi notepad atau notepad++ sebelum diposting ke dalam blog. Saya pribadi juga sangat suka menulis di notepad++ terlebih dahulu, sebelum dipostingkan dalam blog. Notepad, selain untuk tempat menulis artikel juga sangat sering saya gunakan dalam mengedit HTML blog, misalnya untuk menambahkan kode artikel popular, kode blockquote Blog, kode menyembunyikan quick edit atau lebih dikenal dengan icon obeng dan tang, hehehe. Khusus untuk mengedit HTML blog maka saya sarankan gunakan Notepad++, tampilan kode akan lebih rapi sesuai aslinya dalam template blog sehingga sangat-sangat mudah untuk digunakan.

Nah, masalah timbul ketika baru-baru mengenal blog dan masih baru dalam menulis menggunakan Notepad seperti yang saya alami dulu waktu pertama kali membuat blog. Tulisan yang saya buat di notepad memanjang kesamping dan hanya satu baris tiada henti dan tidak mau turun ke bawah ala-ala menggunakan MS. Office Word, hehehe. Tulisan baru bisa turun kebawah ketika menekan enter, tapi ketika dimasukkan ke entri blog, tulisan sangat kacau tidak membentuk sebuah paragraf yang indah, cieeee 😀. Ternyata solusinya sangat-sangat muda (hal itu setelah saya tahu, hehe) yaitu:

Untuk Notepad: cukup klik menu Format > klik Word Warp (dijamin paragraf ala-ala word akan terbentuk). Sedangkan untuk Notepad++ cukup klik icon menu Word Warp, biasanya icon ini letakknya di bawah menu Plugins atau disamping icon kunci (SHS), hehehe. Jika kedua cara ini dilakukan otomatis tulisan tidak akan memanjang kesamping lagi. Bagaimana teman-teman? cukup mudah bukan? berikut contoh tampilannya:

Cara Mengatur Tulisan Notepad++ Agar Tidak Memanjang

Akhir Kata ......
Demikianlah tips dan tutorial sederhana ini, semoga ada manfaatnya bagi teman-teman. Sebagai catatan, bahwa Notepad++ lebih bagus dan baik dibandingkan Notepad, jadi gunakanlah Notepad++ temen-temen sebaik baik baik baik baik mungkin. Wassalam,... sampai jumpa di postingan selanjutnya 😊.

3 komentar:

  1. Eeh ada tutorialnya menghilangkan gambar obeng dan tang gak di blog ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum, heheh
      tapi ckup tambahkan aja kode di bawah ini sebelum kode ]]> dibagian skin blog (klo nulis kode skin di kolom komentar ini tulisannya hilang, hehehe)


      .quickedit{
      display:none;
      }

      saya coba berhasil, hehehe

      Delete