Cara Ganti Template Blogger Tanpa Upload File XML

[www.winmahdi.com] Cara Mengganti Template Blogger Tanpa Upload File Template. Template atau theme adalah hal yang utama dalam suatu blog, baik blogger maupun wordpress. Pemiliham template blog yang baik akan menentukan baik tidak nya suatu blog. Di zaman yang lagi tenarnya OS Android ini, salah satu ciri khas bagusnya suatu template adalah harus responsive, artinya ketika dibuka melalui smartphone template blog sudah harus dapat mengubah ukurannya sesuai dengan lebar kecilnya layar smartphone tersebut. Selain itu tentu sebaiknya kita juga memasang template yang lebih seo friendly, agar blog kita lebih dicintai mesin pencari seperti google, bing, yahoo, Ask, dan mesin pencari populer lainnya.

Mengganti tampilan template blogger secara regular atau pada umumnya adalah melalu menu Template pada halaman dashboard blogger. Dengan langkah-lakah: klik menu Template, klik Cadangkan/Pulihkan, kemudian Unggah template dari file di hard drive komputer Anda. (Chose File), kemudian terakhir adalah klik Unggah atau upload jika tampilan dashboard Anda dalam bahasa inggris. File template yang di upload/unggah haruslah file dalam ekstensi [dot]xml. Pengunggahan tidak akan berhasil jika file template/theme blog diluar ekstensi [dot]xml. Biasanya dengan melakukan langkah-langkah ini tampilan theme blogger kita akan terganti dengan sempurna sesuai dengan tampilan template yang kita unggah.

Pertanyaan terbesarnya, pernahkan Anda mengganti template blogger tanpa harus unggah file?? Jika pernah bagaimana pendapat Anda? apakah sama saja seperti mengganti file secara regular (konvensional) ?, hehehe. Baik, saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengganti template blogger tanpa harus melakukan upload file xml. Dan ternyata hasilnya juga sama seperti cara dengan metode upload file template. Untuk membuktikannya Anda bisa melakukan uji coba di blog Anda, dan pastikan blog tersebut adalah blog uji coba bukan blog utama.

template seo responsive

Langkah-langkah mengganti template/theme blog tanpa upload
langkah-lankah dalam mengganti template blog tanpa unggah cukuplah sederhana. Pertama, Anda harus memiliki file template blog yang Akan dipasang. Dan yang punya aplikasi pengedit file xml, saya sarankan Anda menggunakan Notepad++ karena hasil yang ditampilkan sesuai dengan tampilan di menu Edit HTML blogger. Berikut urutan cara mengganti template blog.

  1. Login ke akun blogger Anda terlebih dahulu
  2. Pilih blog yang akan Anda ganti templatenya
  3. Klik menu Template
  4. Klik Edit HTML
  5. Kemudian Hapus semua kode template blog Anda
  6. Setelah dihapus dibiarkan saja, jangan lakukan save/simpan template Anda
  7. Buka file template baru dengan Notepad
  8. Setelah terbuka, copy semua kode template baru. Caranya tekan Ctrl+A kemudian copy atau Ctrl+C
  9. Pastekan ke dalam Edit Template Blogger
  10. Terakkhir baru simpan template Anda dengan mengklik tombol Siman Template (Save Template)
  11. Silahkan lihat hasilnya pada tampilan blog Anda yang baru


Setelah saya melakukan uji coba di atas, ternyata tampilan template saya tetap normal dan sama saja dengan metode unggah template. Jadi saat ini jika saya melakukan pergantian template saya melakukannya dengan metode tanpa upload ini. Alasannya adalah karena lebih cepat prosesnya dan hasilnya juga tidak berbeda. Bagaimna dengan Anda? apakah sudah pernah mencoba metode pergantian template ini? Jika sudah bagaimana hasilnya, apakah sama seperti pengalaman saya?. Silahkan berbagi pengalaman Anda tentang mengganti template sisten tanpa unggah ini melalui kolom komentar. 

Selain untuk mengganti template Notepad++ juga sangat mudah digunakan untuk mengedit template. Misalnya untuk menambah/mengedit kode widget popular posts keren, memasang blockquote cantik, Agar blog tidak dapat di copy paste, dan pengeditan-pengeditan lainnya yang bisa memperindah tampilan blog Anda. Jadi sebagai sesama blogger, saya sangan menyarankan Anda memiliki aplikasi ini untuk menunjang kegiatan blogger sehari-hari.

Akhir kata......
Sampai disini saja tips blog hari ini, semoga tips yang menurut saya baru (karena saya baru tahu 😂) ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman blogger. Dan sampai jumpa di postingan saya selanjutnya 😊.

33 komentar:

  1. detail banget tutorialnya, makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gan, silahkan dipraktekkan dan lihat bagaimana hasilnya.

      Delete
  2. sangat bagus tutorialnya gan bagus banget bagi newbie kayak saya ini

    ReplyDelete
  3. Wah lumayan nih buat nambah wawasan hehe;D

    ReplyDelete
  4. bermanfaat dan sepertinya mudah untuk diterapkan :) tapi sayangya saya sempat beberapa kali ganti template. dan saya berharap yg sekarang ini adalah template terakhir. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,.. yups Fanny. jika sdah nyaman dengan templatenya, sebaiknya jangan diganti lagi.

      Delete
  5. setuju, justru ini yang ana lakukan dalam mengganti template

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,.. lebih mudah kalau menurut saya gan.

      Delete
  6. makasih tutornya gan, ane sekarang jadi ngerti tanpa upload xml

    ReplyDelete
  7. mantap gan infonya bikin aku makin semangat ngblog untuk nambah-nambah ilmu dan izin sedot ya https://hacknusantara.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. Wah thanks info nya kak.
    Semakin nambah wawasan nih.

    ReplyDelete
  9. Artikel yang sangat membantu bagi blogger untuk bisa mengganti template dengan lebih mudah.
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama" gan, semoga dengan mengetahui ini temen-temen blogger pemula bisa lebih mudah dalam menentukan template blog :)

      Delete
  10. Mantap Mbak,Bagi templatenya Donk :D
    ijin ambil kata kata subscribenya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Template ini mksdnya? :)
      silahkan Nastain :)

      Delete
  11. klau ganti ganti templates ngaruh gak sih :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaruh gan,. ganti template yg lebih seo lebih baik untuk search engine :)

      Delete
  12. rthx infonya gan, jadi lebih tau ttg beginian :)

    ReplyDelete
  13. Kode html ini yang membingungkan 😂 tapi kalo mau belajar html bareng bisa sama saya

    ReplyDelete
  14. ya biasanya sy jg gitumelakukannya. tinggal kodenya za di copy trlebih dhulu di notepad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,.. mudah dan simpel gan. hehehe

      Delete
  15. kalo saya sudah dapetin template cuma ada ajah yang belum bisa di edit,, di kunci oleh pembuat aslinya,, mohon bimbingannya?? kalo berkenan di www.miablog.web.id makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau template yang dibagikan itu bisa di edit kok gan, asal jangan ngedit dibagian kredit link nya, itu bisa rusak semua templatenya. Jadi klo mau bisa edit bagian kredit harus beli yang full Version (Premium) gan

      Delete
  16. betul gan cara ini yang paling mudah terutama blogger pemula bermanfaat sekali

    ReplyDelete