Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pendaftaran Ulang dan Pemberkasan Mahasiswa Baru UB 2018/2019

Cara Pendaftaran Ulang dan Pemberkasan Mahasiswa Baru UB 2018/2019. Panduan Pemberkasan Calon Mahasiswa UB pada Seleksi SBMPTN 2018, bagi adik-adik yang telah dinyatakan lulus melalui jalur Sbmptn 2018/2019 dapat melihat panduan di bawah ini untuk melakukan pendaftaran ulang dan pemberkasan mahasiswa baru secara online.

Daftar ulang mahasiswa baru ub
Daftar ulang mahasiswa baru ub


Proses pendaftaran akun pada sistem Admisi UB 


Sebelum melakukan proses pengisian data pemberkasan, peserta seleksi yang dinyatakan lulus pada seleksi SBMPTN diwajibkan memiliki akun pada sistem Admisi UB.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan akun;
  • Buka laman https://admisi.ub.ac.id/ pada browser internet
  • Jika sudah memiliki akun pada sistem Admisi UB, masukan email dan password yang sudah dimiliki, jika belum maka klik pada Buat Akun Baru
  • Setelah mengisi data pada form pendaftaran akun, maka sistem akan mengirimkan link verifikasi pada email yang Anda masukkan. Klik link aktivasi yang ada pada email untuk dapat menggunakan alamat email dan password untuk masuk pada sistem Admisi UB.

Verifikasi data SBMPTN 

Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda adalah calon mahasiswa yang berhak untuk melakukan pengisian data pada proses pemberkasan seleksi SBMPTN. Pastikan bahwa NAMA, NO. PENDAFTARAN, dan TANGGAL LAHIR sesuai dengan data yang telah diisikan pada sistem SBMPTN pusat sebelumnya.

Pengisian data Biodata

Setelah berhasil pada proses verifikasi data pendaftar SBMPTN, maka selanjutnya adalah pengisian Biodata calon mahasiswa.

Pengisian data Keluarga 

Data keluarga adalah data-data terkait orang tua yaitu ayah, ibu, kakak dan adik

Pengisian data Pendidikan

Data pendidikan adalah riwayat pendidikan calon mahasiswa UB

Pengisian data Identitas Penanggung Biaya Pendidikan 

Data identitas penanggung biaya pendidikan adalah data orang sebagai penanggung jawab biaya pendidikan calon mahasiswa selama kuliah di UB. Penanggung biaya pendidikan bisa jadi ayah, ibu, wali, atau instansi.

Pengisian data Identitas Penanggung Biaya Pendidikan

Data identitas penanggung biaya pendidikan adalah data orang sebagai penanggung jawab biaya pendidikan calon mahasiswa selama kuliah di UB. Penanggung biaya pendidikan bisa jadi ayah, ibu, wali, atau instansi.

Pengunggahan Dokumen Bukti Dukung 

Dokumen bukti dukung merupakan berkas/file yang diperlukan untuk diunggah oleh calon mahasiswa baru yaitu Surat Pernyataan, Surat Keterangan, Foto Diri, dan Surat Keterangan Tidak Buta Warna untuk beberapa fakultas tertentu.

Finalisasi data pemberkasan 

Proses finalisasi adalah tahap akhir dari proses pemberkasan. Pastikan sebelum melakukan finalisasi data calon mahasiswa diharapkan untuk memeriksa setiap data yang diisi sebagai bahan penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Apabila proses finalisasi telah dilakukan, maka calon mahasiswa tidak akan bisa melakukan perubahan data-data yang sebelumnya telah diisikan.

File Panduan Pemberkasan Mahasiswa Baru

Unduh File Panduan Pemberkasan Ulang Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya 2018/2019.

CARA REGISTRASI (DAFTAR ULANG)
MAHASISWA BARU  DARI JALUR SBMPTN TAHUN 2018
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018, bagi siswa yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa di Universitas Brawijaya wajib melakukan kegiatan sebagai berikut :
  1. Pemberkasan secara online dengan login ke laman https://admisi.ub.ac.id mulai tanggal 4 Juli 2018 (jam 12.00 WIB) – 13 Juli 2018 dengan cara :
    1. Lakukan pembuatan akun baru dengan menggunakan alamat email yang valid. Tautan verifikasi akan dikirimkan melalui email.
    2. Login pada aplikasi https://admisi.ub.ac.id dan lakukan verifikasi pemberkasan SBMPTN dengan memasukkan data Nama, No Pendaftaran, dan Tanggal Lahir sesuai dengan pendaftaran SBMPTN.
  2. Isilah seluruh isian berkas pada laman https://admisi.ub.ac.id secara benar, akurat, dan jujur.
  3. Setelah mengisi seluruh isian berkas, UNGGAH foto diri dan Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna dengan penjelasan sebagai berikut :
    1. Foto diri dengan ketentuan :
      1. Laki -laki (jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah, ukuran (4×6)
      2. Perempuan (jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah, ukuran ( 4×6)
      3. Perempuan berjilbab (jilbab warna putih, background merah, jas hitam tanpa dasi, ukuran (4×6)
      4. Ukuran berkas : 50 KB – 2 MB
    2. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna WAJIB DIUNGGAH bagi Program Studi tertentu sesuai daftar Program Studi yang mensyaratkan mahasiswa tidak buta warna. Bagi calon mahasiswa yang lulus SBMPTN pada program studi di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran Hewan maka Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna yang diunggah adalah yang dikeluarkan oleh Tim Kesehatan FK UB.
    3. Kemudian CETAK surat pernyataan dan surat keterangan berikut :
      1. Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Data
      2. Surat Keterangan Penghasilan Penanggung Biaya Pendidikan
    4. UNGGAH berkas diatas setelah ditandatangani diatas materai sebagai tanda Anda telah melakukan pemberkasan online.
  4. Khusus bagi Calon Mahasiswa yang lulus SBMPTN pada program studi di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran Hewan WAJIB melakukan Tes Kesehatan dan Psikotes pada tanggal 4 – 5 Juli 2018, pembagian jadwal lihat pada laman https://selma.ub.ac.id
  5. Setelah calon mahasiswa menyelesaikan proses pada poin 1 hingga 4, selanjutnya :
    1. Melihat pengumuman penetapan UKT Proporsional dengan login ke laman https://admisi.ub.ac.id pada 24 Juli 2018 dan melihat informasi UKT di dashboard.
    2. Membayar biaya UKT yang telah ditetapkan dengan tata cara yang akan diumumkan kemudian pada laman https://selma.ub.ac.id.
    3. Melakukan konfirmasi pembayaran dengan login dan melengkapi detail konfirmasi pada laman https://admisi.ub.ac.id.
    4. Menunggu proses sinkronisasi data untuk mendapatkan NIM di laman https://admisi.ub.ac.id.
    5. Login ke https://siam.ub.ac.id dengan menggunakan NIM yang baru didapatkan dan kata sandi yang sama dengan yang digunakan untuk login pada laman Admisi.
  6. Lain-lain :
    • Setiap calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya ;
    • Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui laman https://selma.ub.ac.id ;
    • Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada bagian berikut di jam kerja (08.00 – 16.00) :
      1. Bagian Akademik UB, Gedung Rektorat Lantai II, Telp. : (0341) 575754 atau (0341) 551611 pesawat 117 dan 118, Email : selma@ub.ac.id.
      2. UPT TIK UB, Email : helpdesk@ub.ac.id.

Jadwal Penting

Pengumuman Informasi Tata Cara Registrasi Mahasiswa Baru dari Jalur SBMPTN 2018 03 Juli 2018 https://selma.ub.ac.id.
Pemberkasan Online 4 – 13 Juli 2018 https://admisi.ub.ac.id
Tes Kesehatan untuk Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sesuai ketentuan khusus Pengumuman tes kesehatan dan psikotes dapat dilihat di https://selma.ub.ac.id 4 – 5 Juli 2018 Poliklinik Universitas Brawijaya & Instalasi Radiologi RSUD dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang
Psikotes untuk FK, FKG, dan FKH 4 – 5 Juli 2018 Graha Medika FK UB
Pengumuman UKT SBMPTN 24 Juli 2018 https://admisi.ub.ac.id

Ketentuan Khusus

  1. Status penerimaan Peserta SBMPTN sebagai mahasiswa di Universitas Brawijaya akan ditentukan berdasarkan rangkaian proses registrasi (daftar ulang) dan tes kesehatan untuk FK, FKG, dan FKH.
  2. Pendaftar Bidikmisi akan ditetapkan menjadi penerima Beasiswa Bidikmisi jika lolos proses verifikasi yang dilakukan oleh Universitas.
  3. Calon mahasiswa UB yang mendaftar dan diterima melalui jalur SBMPTN harus memenuhi ketentuan khusus Universitas Brawijaya berikut:
  4. Informasi resmi mengenai registrasi mahasiswa baru Universitas Brawijaya tahun 2018 HANYA diumumkan melalui laman https://selma.ub.ac.id/
Sumber: https://selma.ub.ac.id/

Post a Comment for "Cara Pendaftaran Ulang dan Pemberkasan Mahasiswa Baru UB 2018/2019"