Apa itu CTR, CPC, CPM, CPA, dan Google Adsense ?

Mungkin kamu sering bertanya-tanya sebenarnya Apa CTR, CPC, CPM, CPA, dan Google Adsense itu?. Bagi sebagaian blogger, terutama yang sudah menjadi publisher sebuah jaringan periklanan, mendengar istilah-istilah seperti GA, CTR, CPC, CPM, dan CPA ini sudah tidak asing lagi.

Sebagai seorang blogger sekaligus publisher beberapa jaringan periklanan seperti Google Adsense, Adnow, Payclik, PopCash, PopAds, dan masih banyank lagi yang pernah saya coba, saya akan coba menjelaskan secara sederhana pengertian dari CTR, CPC, CPM, dan CPA yang telah disebutkan di awal postingan ini.

Penjelasan saya nantinya tidak mutlak benar dan saya ingin menjelaskan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman dari program-program periklanan yang pernah saya ikuti. Harapan saya semoga yang saya pahami dan jelaskan ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Jadi, mari kita mulai!

ctr cpc cpm cpa google adsense

Click-through Rate (CTR)

Click-through rate (CTR) adalah persentase dari nilai klik per tayangan sebuah iklan. CTR ini dikenal juga dengan istilah Rasio Klik Tayan (RKT). Cara menghitung persentase dari CTR/RKT ini cukup mudah, hanya dengan membagikan jumlah klik iklan dengan jumlah tayangan iklan kemudian dikalikan dengan 100%.

Sebagai contoh, kita bisa melihat nilai CTR pada iklan adsense (GA) pada tampilan berikut ini.

CTR-CPC-RKT-BPK-CPM-Google-Andsense

Pada gambar di atas, kita dapat melihat bahwa nilai dari CTR (RKT) dari Iklan Google Adsense unit WM_link_link adalah 16,54%. Bagaimana perhitungan CTR ini ?, rumusnya dalah  RKT/CTR = (Jumlah Klik / Jumlah Tayangan) x 100%, sehingga diperoleh:

CTR = (44 / 266) x 100%
CTR0.16541353383 x 100%
CTR = 16.54%

Banyak dari teman-teman blogger yang berspekulasi bahwa nilai RKT (CTR) tidak boleh lebih dari 10%, 25%, 50%, apalagi jika sampai 100%. Kenapa demikian? mereka berpendapat bahwa CTR Google Adsense yang tinggi dapat menyebabkan akun GA di banned.

Saya sendiri menganggap hal ini sebagai mitos bukan merupakan fakta. Beberapa unit iklan Adsense yang saya pasang di blog winmahdi.com pernah mengalami nilai RKT 100% namun tidak ada masalah dengan akun Google Adsense saya. 

Uniknya, iklan adsense saya juga pernah mendapat nilai CTR lebih dari 100% dan Alhamdulillah-nya akun saya masih aman hingga saat ini. Ketika saya melihat nilai RKT/CTR iklan GA sudah lebih dari 100%, saya merasa sedikit was-was, karena memang ini merupakan hal yang abnormal. Sepertinya ada pengunjung yang sengaja mengklik iklan ini secara beruntun. Tentu jika hal ini terus berlanjutnya setiap harinya, akan sangat membahayakan bagi keselamatan akun Adsense.

Jadi, saya berharap tidak ada teman-teman blogger yang memiliki niat untuk merugikan orang lain. Jadilah blogger yang bersahabat dan positif.


Cost Per Click (CPC)

Jika melihat terjemahan dari cost per click kita dapat dengan mudah mengetahui apa itu CPC. CPC atau BPK ini adalah harga dari satu klik sebuah iklan. Bayaran Per Klik (BPK) / CPC ini, jika pada iklan Google Adsense sangat beragam besarannya, ada yang mendapatkan Rp 100 dalam satu klik iklan, ada yang Rp 1000-an per klik iklan, bahkan ada yang sampai puluhan ribu untuk setiap klik iklan. 

Perbedaan nilai BPK/CPC iklan google adsense ini juga dipengaruhi oleh tema atau niche dari sebuah blog/website. Blog winmahdi sendiri hanya pernah memperoleh CPC hingga belasaran ribu, itu juga sangat jarang, lebih sering dengan CPC/BPK ratusan rupiah saja, mungkin karena blog winmahdi ini masih tergolong blog dengan niche gado-gado.

Menilik informasi yang banyak bertebaran di internet, beredar rumor yang mungkin saja bisa menjadi sebuah fakta bahwa nilai CPC yang tinggi jatuh kepada web/blog-blog dengan niche investasi, kesehatan, otomotif, dan teknologi.

Bagaimana dengan jaringan periklanan Adnow.com dan Payclik.com ?. Kedua iklan ini belum mampu menyaingi kehebatan dari google adsense, bahkan jangankan untuk menyaingi, diemperan google adsense saja kedua media periklanan ini belum masuk, hehehe (becanda). Nilai CPC untuk kedua iklan ini hanya bekisar 0.01 - 0.02 dolar saja. Pengalaman saya dominan di 0.01, ya kalau dihitung dengan nilai kurs rupiah sekarang lumayanlah. 

Googe Adsense (GA)

Bicara tentang iklan GA atau Google Adsense memang nggak pernah ada habisnya, penasaran apa itu Google Adsense?. Google Adsense adalah salah satu program periklanan Pay Per Click (PPC) terbesar di dunia dan paling digemari oleh publisher. Pemilik situs/web/blog harus mendaftar ke Google Adsense dan melewati segala tahapannya kemudian memberikan ruang penayangan iklan dari Adsense di situ miliknya. Setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung akan menjadi uang untuk pemilik blog, dari sinilah uang itu bersumber.

Google Adsense ini juga dibagi menjadi dua kategori jenis akun, yaitu akun Google Adsense Hosted dan yang kedua akun Google Adsense Non Hosted. Penjelasan lebih lengkapnya mengenai kedua jenis akun ini, bisa kamu baca pada postingan saya yang berjudul "Perbedaan Google Hosted dengan Google Non Hosted".

Mendaftar menjadi publisher Google Adsense memang sedikit lebih sulit, namun jika kita terus berusaha dan berupaya dengan sebaik mungkin, maka pasti akan diterima juga. Blog winmahdi ini contohnya, setelah lebih dari 2 kali penolakan akhirnya diterima juga.

Cost Per Mille (CPM)

Secara sederhana, Cost Per Mille (CPM) adalah harga atau biaya untuk seribu kali tayang iklan. Jadi, basis penghitungan pendapatan bukan berdasarkan jumlah klik melainkan jumlah tayangan. Misalnya gini, kita akan masang sebuah banner iklan di blog kita, nah banner ini kalau udah tayang 1000 kali tayangan di blog, kita akan dibayar sekian ratus rupiah, sekian ribu, sekian puluh ribu, atau mungkin sekian ratus ribu. 

Contoh jaringan periklanan yang menerapakan sistem CPM ini beberapa diantaranya adalah jaringan periklanan RevenueHits, Adnow, Payclick,  PropellerAds, Infolinks, PopCash, PopAds, Facebook Ads dan Google Adsense.

Cost Per Action (CPA)

Pada sistem CPA ini, kita baru dibayar jika orang yang melihat iklan tersebut melakukan tindakan setelahnya. Misalnya gini, kita pasang iklan banner situs online shop dari partner ke blog kita, terus ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut kemudiaan setelah membuka situsnya si pengunjung memutuskan untuk membeli barang-barang yang tersedia. Nah, ketika sipengunjung ini membeli disaat itulah baru kita mendapat bayaran.

Bagaimana kalau pengunjung yang mengklik iklan itu tidak membeli? ya kita tidak mendapatkan apa-apa. Jenis CPA ini lebih sering digunakan dalam program Affiliate. Baik itu program Affiliate hosting & domain seperti niagahoster, toko online seperti lazada, shopee, tokopedia, JD.id, bukalapak, dan toko-toko lainnya.


0 Response to "Apa itu CTR, CPC, CPM, CPA, dan Google Adsense ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel