KENAPA GAGAL TERUS DAFTAR CPNS DI PORTAL SSCN BKN?

Sudah beberapa kali saya mencoba mendaftar CPNS di portal SSCN BKN (sscn.bkn.go.id) namun terus saja gagal, error, dan berbagai macam peringatan lainnya. Inilah salah satu keluhan yang paling umum kita dengar dari para pelamar CPNS 2018 yang mencoba melakukan pendaftaran CPNS di Sscn.bkn.go.id.

Kenapa ya terus gagal daftar CPNS online di Sscn.bkn.go.id? padahal sudah pantengin dari malam sampai pagi - pagi sampai malam lagi. Oke, kami akan coba menganalisis beberapa penyebab kemungkinan yang menjadi hal terganggunya/terkendalanya proses pendaftaran CPNS 2018 melalui portal SSCN BKN (sscn.bkn.go.id).

Melalui pantuan kami, salah satu kebijakan BKN yang menyatakan pendaftaran CPNS 2018 hanya melalui satu portal saja, yaitu sscn.bkn.go.id sudah tepat, namun disisi lain BKN masih kurang siap dalam menghadapi fakta dilapangan, bahwa pelamar CPNS 2018 sudah menanti jutaan umat dari berbagai penjuru Indonesia. Apa akibanya? ya situs sering down, error, bahkan tidak dapat terakses sama sekali. Kalau meninjau dari segi ini, lebih baik cara penerimaan CPNS seperti tahun lalu saja, ditangani oleh masing-masing instansi supaya pendaftaran di sscn.bkn.go.id bisa berjalan normal.

Terlepas dari itu, kami mencoba menganalisis satu persatu penyebab terjadinya "gagal daftar" pada portal SSCN BKN (sscn.bkn.go.id). Analisis ini perlu agar para pelamar paham dan dapat bersabar dengan fenomena server down ini. Setidaknya dengan hal ini, masyarakat bisa lebih sedikit meredakan emosi dan kekesalannya terhadap layanan pemerintah yang kurang memuaskan.


Jumlah Pengunjung Portal SSCN.BKN.GO.ID Sangat Tinggi

sscn bkn go id

Dari awal dibukanya pendaftaran CPNS 2018 (26 Sep 2018), situs SSCN BKN (sscn.bkn.go.id) sudah membludak dikunjungi oleh jutaan umat pelamar CPNS 2018. Sejak situs ini online, sudah terasa aroma lelet bin lola untuk diakses. Tampak memang bahwa masyarakat Indonesia masih membutuhkan banyak pekerjaan terutama minat menjadi PNS.

Berapa jumlah pengunjung situ Sscn.bkn.go.id perharinya?. Melihat informasi dari SimilarWeb, jumlah pageviews situs SSCN BKN GO ID mencapai 5.600.000 perbulannya dengan nilai pages per Visit 1.36. Ini berarti dalam satu, hal ini ketika pendaftaran CPNS online belum dibuka (sebulan-dua bulan sebelum pendaftaran).

Jika pada saat belum dibuka saja mencapai pageviews sebanyak itu bagaimana dengan kondisi saat ini yang memang masih saat-saat pendaftaran.

Baik, mari kita hitung estimasi pengunjung harian situs sscn.bkn.go.id ini.

Pageviews: 5.600.000
Pages per Visit: 1.36
Visitor: Pageviews/Pages per Visit
Visitor: 5.600.000 / 1.36
Visitor: 4.117.647 (jumlah pengunjung)

Data di atas masih data pada saat pendaftaran online CPNS 2018 belum dibuka, bagaimana dengan saat ini? tentu lebih membludak jumlah pengunjungnya.

Jadi "Wajar jika banyak pendaftar gagal mendaftar di SSCN.BKN.GO.ID karena memang para peserta saling berlomba untuk mendaftar". Kalau diibaratkan pendaftaran secara offline, yang gagal ini adalah para peserta yang masih mengantri di belakang peserta lainnya. Mau masuk tidak bisa (karena pelamar lainnya sudah didepan). Atau kita analogikan dengan yang lainnya, misalnya "Pendaftaran secara offline, pintu menuju meja pendaftaran tidak pernah bisa terbuka, jadi bagaimana mau masuk?".



Kualitas Server SSCB BKN (sscn.bkn.go.id) Tidak Memadai

Mau tidak mau, kita memang harus mengakui bahwa kualitas/kuota server (bandwidth server) situs CPNS sscn.bkn.go.id kurang memuaskan. Kenapa demikian? karena bandwidth server sscn.bkn.go.id tidak mampu menampung jumlah pengunjung yang mengakses situs tersebut. 

Kita ibaratkan "sebuah rumah hanya mampu menampung 10 orang saja, tapi kita mencoba menjejal rumah tersebut dengan 1000 orang" apa yang terjadi?, begitulah kualitas bandwidth server situs sscn.bkn.go.id saat ini. Kuota bandwidth server yang terbatas tapi dijejal jutaan pengunjung dari seluruh Indonesia, ya jelas saja error/lola/lelet bin gagal daftar CPNS online.

Kalau saja kualitas/kuota bandwidth server tinggi tentu saja sebanyak apapun pengunjungnya tidak akan menjadi masalah. Coba kita lihat situs facebook.com, pengunjungnya dari seluruh dunia perjamnya saja mencapai milyaran bahkan triliunan manusia tapi aman-aman saja dan tidak pernah kita melihat situs facebook down.

Kami mengatakan ini bukan tidak beralasan, tapi sesuai pengamatan kami dan didukung dengan fakta yang ada. Bahkan dari situs pengecek situs down (http://www.isitdownrightnow.com/sscn.bkn.go.id.html), memang situs sscn.bkn.go.id saat ini secara kualitas server jika dikunjungi berada pada posisi server is down. Coba perhatikan gambar di bawah ini: 


Sscn bkn go id error


Jadi Apa Solusinya?: Bagi Pendaftar CPNS dan BKN

Kami akan coba membagi solusinya menjadi dua solusi umum, pertama untuk pemerintah dalam hal ini BKN, kemudian yang kedua untuk para pelamar CPNS 2018.

Solusi untuk BKN: 
Segera tinggatkan kuota bandwidth server situs sscn.bkn.go.id atau kembalikan sistem pendaftaran seperti tahun lalu.

Solusi untuk Pelamar CPNS 2018:
  1. Lakukan pendaftaran dengan kualitas jaringan yang stabil dan cepat
  2. Mendaftarlah di jam-jam yang kira-kira pengunjung sedikit sepi (tengah malam sampai pagi misalnya)
  3. Bersabar dan tidak terburu-buru, biasanya di hari kelima pendaftaran CPNS dibuka, pengunjung sudah sedikit lebih renggang dan situs sscn.bkn.go.id sudah mulai stabil.
  4. untuk yang belum berhasil mencoba mendaftar. Mimin sarankan apabila ada kotak dialog notifikasi seperti koneksi sibuk. Klik oke dan masukan kode chapta dan lanjutkan lagi, coba secara berulang tanpa refresh halaman
  5. Sering-sering berdo'a, hal ini yang paling penting karena do'a bisa menentramkan hati dan menjadikan kita lebih sabar dalam menghadapi suatu masalah.

Demikianlah artikel saya mengenai Kenapa Terus Gagal Daftar CPNS di Portal SSCN BKN GO ID?. Semoga mencerahkan dan tentunya semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "KENAPA GAGAL TERUS DAFTAR CPNS DI PORTAL SSCN BKN?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel