Jenis Materi Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kemendikbud 2018/2019

Apa saja Jenis Materi Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kemendikbud 2018/2019?. Sebelumnya, admin ucapkan selamat kepada Anda yang telah dinyatakan berhak ikut Seleksi Kompetensi Bidang Kemendikbud 2018. Pada kesempata kali ini, kami akan menyajikan hal-hal yang berkaitan dengan tes SKB CPNS.

Pada bahasan ini, kami akan membagikan informasi mengenai pelaksanaan tes SKB CPNS Kemendikbud terutama mengenai jenis materi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kira-kira apa saja materi yang akan ditanyakan pada saat seleksi SKB Kemendikbud? Simak uraian singkatnya berikut ini.


Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kemendikbud 2018

Seleksi SKB pada CPNS Kemendikbud 2018 meliputi; Literasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Kemampuan Bahasa Inggris, Penalaran dan Pemecahan Masalah, Dimensi Psikologi, Wawancara dan/atau unjuk kerja. Penjelasan untuk masing-masing jenis SKB ini, dapat Anda pahami melalui uraian singkat berikut:
  1. Literasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
    Pada tes Literasi Bidang dan Kebudayaan ini, peserta akan diukur pengetahuan dasar dan wawasan terkait substansi pendidikan dan kebudayaan;
  2. Kemampuan Bahasa Inggris
    Fungsi dari tes ini adalah mengukur kompetensi dasar penguasaan Bahasa Inggris
    meliputi kemampuan menulis (writing) dan mendengar (listening) dari masing-masing pelamar;
  3. Penalaran dan Pemecahan Masalah
    Tujuannya adalah mengukur kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah dengan cara mencari alternatif solusi yang tepat dari masing-masing pelamar;
  4. Dimensi Psikologi
    Mengukur tipe kepribadian, yaitu kecenderungan kepribadian peserta untuk dapat ditempatkan di pekerjaan yang tepat. Diharapkan dengan penempatan yang sesuai maka kualitas dan kuantitas hasil kerjanya juga akan meningkat karena dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan meminimalkan kekurangannya.
  5. Wawancara dan/atau unjuk kerja,
    Pada saar wawancara, pewawancara akan menggali kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir (analytical thinking); bagaimana peserta mampu menyampaikan secara verbal suatu
    gagasan dengan sistematis, serta fleksibel, dan terbuka terhadap informasi baru.
    Unjuk kerja, menggali kompetensi teknis maupun terapan yang sesuai dengan latar belakang
    keilmuan serta implementasinya di tempat tugasnya.
Itulah 5 (Lima) materi jenis tes yang harus Anda kuasi jika ingin memperoleh nilai SKB dengan maksimal.

Demikianlah uraian singkat mengenai  Jenis Materi Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kemendikbud 2018/2019 ini kami sajikan. Informasi SKB lainnya silahkan lihat disini "Info SKB". Semoga bermanfaat, terutama bagi Anda yang akan mengikuti seleksi SKB CPNS Kemendikbud 2018.

0 Response to "Jenis Materi Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kemendikbud 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel