Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persyaratan dan Berkas Pendaftaran CPNS SMA/SMK/MA 2019

Persyaratan dan Berkas Pendaftaran CPNS SMA/SMK/MA. Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil akan segera dibuka. Berdasarkan rilis siaran pers Badan Kepegawaian Negara (BKN), jadwal pendaftaran akan diumumkan pada akhir september atau awal Oktober 2019.

BKN juga memperkirakan akan ada sebanyak 5,5 juga peserta yang akan mendaftar seleksi CPNS tahun ini. Untuk soal ujian SKD CPNS materinya tetap sama untuk semua lulusan termasuk peserta dengan ijazah SMA, yaitu materi tes karakteristik pribadi, tes wawasan kebangsaan, dan tes intelegensi umum.

Bagi kamu yang lulusan SMA, SMK, dan MA, terdapat beberapa persyaratan yang sudah bisa kamu ketahui mulai saat ini. Hal ini penting agar kamu nanti bisa lebih paham pada saat pendafaran CPNS telah dibuka.

Selain persyaratan, terdapat beberapa dokumen pendaftaran CPNS yang juga perlu kamu siapkan mulai saat ini. Apa saja persyaratan dan berkas pendaftaran CPNS yang sudah harus ketahui??, simak penjelasan berikut ini dengan baik.

Berkas dan Persyaratan Pendaftaran CPNS SMA

Persyaratan pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA sederajat terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umum biasanya akan sama untuk semua instansi yang membuka lowongan CPNS. Berikut adalah persyaratan-persyaratan yang harus kamu pahami dengan baik!.

Persyaratan Pendaftaran CPNS SMA

Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS

Merujuk pendaftaran CPNS sebelumnya, persyaratan umum untuk pendaftaran seleksi CPNS tamatan SMA adalah sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia,dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidakdengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS
  • Sehat jasmani, rohani serta tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Surat keterangan NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Persyaratan Khusus Pendaftaran CPNS

  • Minimal berusia 18 tahun saat pendaftaran
  • Nilai Ujian Nasional untuk masing-masing mata pelajaran minimal 6,00 (Enam koma nol nol)
  • Tidak buta warna
  • Tidak bertato dan tindik (laki-laki) kecuali karena ketentuan agama dan adat.
  • Persyaratan khusus lainnya akan disesuaikan dengan instansi yang akan kamu pilih saat pendaftaran.
Semua syarat umum dan syarat khusus di atas wajib untuk dipatuhi jika kamu benar-benar ingin mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Jika terdapat syarat yang tidak terpenuhi maka kamu tidak dapat melakukan pendaftaran CPNS.

Berkas Pendaftaran CPNS SMA

Dokumen atau berkas wajib yang harus kamu siapkan pada saat pendaftaran online CPNS adalah sebagai berikut:
  1. Scan Ijazah (file dalam bentuk pdf dengan kapasitas/ukuran file tidak lebih dari 300kb).
  2. Scan KTP (file dalam bentuk pdf dengan kapasitas/ukuran file tidak lebih dari 300kb). Jika kamu belum memiliki KTP maka segeralah dibuat di kantor disdukcapil.
  3. Scan SKHU (file dalam bentuk pdf dengan ukuran file tidak lebih dari 300kb).
  4. Pas Foto ukuran 4x6 cm dan 3x4 cm dengan latar/background berwarna merah.
Berkas-berkas di atas adalah berkas wajib yang sudah harus kamu persiapkan mulai saat ini. Adapun berkas pendaftaran CPNS lainnya akan disesuaikan dengan instansi yang akan kamu lamar nantinya.

Instansi Penerima CPNS Lulusan SMA 

Instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS untuk peserta dengan ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat antara lain adalah:
  1. Kejaksaan Agung
  2. Kemenkumham
  3. BNN
  4. Kementerian Perhubungan
  5. Kementerian LHK
  6. KKP
  7. BAKAMLA
  8. BASARNAS
Itulah 8 Instansi yang biasanya membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA sederajat. Namun, yang paling konsisten membuka lowongan CPNS untuk tamatan SMA adalah Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).


Latihan Soal SKD CPNS SMA dan Pembahasan

Berikut adalah beberapa contoh soal SKD CPNS SMA/SMK/MA dan pembahasan yang dapat kamu pelajari sebagai persiapan menghadapi seleksi CPNS.

Soal CPNS Tes Karakteristik Pribadi

Pelajari soal SKD CPNS tersebut dengan baik, pahami model dan tipe soalnya agar saat ujian nanti kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal CAT SKD yang tersedia. Persiapan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Demikianlah informasi mengenai Persyaratan dan Berkas Pendaftaran CPNS SMA/SMK/MA ini kami sajikan, semoga bermanfaat bagi kamu yang akan menghadapi seleksi CPNS 2019/2020.

Post a Comment for "Persyaratan dan Berkas Pendaftaran CPNS SMA/SMK/MA 2019"