SOAL CPNS BAHASA INDONESIA DAN PEMBAHASAN

Soal CPNS Bahasa Indonesia dan Pembahasan ini merupakan contoh latihan soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tes Wawasan Kebangsaan memiliki beberapa materi soal tes, diantaranya adalah materi soal Bahasa Indonesia  dan pembahasan yang akan kamu pelajari disini.

Soal CPNS TWK Bahasa Indonesia ini dapat mengenai berbagai tema, misal kesehatan, pendidikan, remaja, pemerintahan, teknologi, dan topik lainnya. Disini kita dituntut untuk memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, sehingga lebih mudah dalam memahami pikiran penting dari suatu wacana.

Tujuan Tes TWK Bahasa Indonesia ini bukan untuk mengetahui seberapa cepat kemampuan membaca peserta seleksi CPNS, tetapi membaca sebagian dari tulisan (bacaan), yang biasanya terdiri dari 3 atau lebih paragraf. Maksud dari tes bahasa Indonesia pada tes twk skd cpns ini adalah mengerti isi/topik dari bacaan, permasalahan yang dibicarakan dalam wacana tersebut apa? poin pentingnya apa?.

Soal Bahasa Indonesia CPNS TWK biasanya akan lebih sering menanyakan tentang ide pokok, pikiran utama, dan gagasan utama dalam sebuah paragraf bacaan. Agar kita lebih paham tentang soal CPNS TWK Bahasa Indonesia, mari kita perhatikan dan pelajari beberapa contoh latihan soal dan pembahasannya berikut ini sekaligus sebagai persiapan menghadapi ujian CAT CPNS 2019/2020.

Soal CPNS Bahasa Indonesia

Contoh Soal CPNS Bahasa Indonesia

Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!
Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar dan prestisius. Dikalangan masyarakat banyak yang berpendapat bahwa memiliki pekerjaan yang prestis dan bergaji besar adalah satu-satunya jalan untuk menuju kebahagiaan. Hal tersebut belum tentu benar adanya. Banyak orang-orang yang memiliki gaji di atas pendapatan masyarakat Indonesia pada umumnya, tapi kehidupannya tidak bahagia.

Kebanyakan dari mereka lebih mementingkan pekerjaan yang mampu menaikkan status sosial dan martabat diri sendiri. Padahal hal tersebut sangatlah keliru. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat, keahlian, dan yang anda sukai. Agar anda bisa menikmati pekerjaan anda dengan rasa bahagia.

Sehingga rasa lelah ketika bekerja hanya ada pada tingkatan fisik tidak sampai pada lelah dalam berpikir.Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa bekerja dengan profesi yang kita sukai adalah rezeki yang tak ternilai. Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang bisa kita nikmati.

1. Pikiran utama yang terdapat dalam teks bacaan di atas adalah ...
(A). Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar
(B). Semua pekerjaan yang baik dan prestisius bisa dinikmati
(C). Tidak ada pekerjaan yang tidak bisa dinikmati
(D). Semua pekerjaan yang prestisius bagus untuk dinikmati
(E). Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang bisa kita nikmati

2. Makna kata prestisius pada kalimat Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar dan prestisius adalah ...
(A). Pekerjaan yang berpenghasilan besar
(B). Pekerjaan yang menyenangkan
(C). Pekerjaan yang bergengsi
(D). Pekerjaan yang sangat baik
(E). Pekerjaan yang sangat disukai


Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!
Seorang anak yang baru lahir masih suci. Baik buruknya anak tersebut kelak tergantung bagaimana cara orang tua mendidiknya serta pengaruh orang-orang terdekat dan lingkungannya. Demikian pula kertas putih yang belum ternoda. Akan menjadi apa kertas tersebut, tergantung pada apa yang akan kita goreskan pada kertas putih tersebut. 

3. Kesimpulan yang tepat berdasarkan bacaan pada paragraf tersebut adalah .....
(A). Mendidik anak harus berpedoman pada agama, karena anak masih suci.
(B). Anak yang baru lahir mudah terpengaruh pada lingkungan dan orang terdekat.
(C). Baik buruknya anakterlihat dari goresan- goresan yang terdapat pada kertas putih.
(D). Kita bebas memberikan pengaruh dan menggoreskan apa saja pada kertas putih.
(E). Kesucian anak yang baru lahir bagaikan kertas putih yang belum ternoda.


Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!
Setiap hari kita dapat melihat dan mendengar, betapa banyak kata asing yang dilontarkan ke mana-mana. Rupanya kita lebih suka menempuh jalan pintas, daripada mencari kata milik kita sendiri. Dengan alasan yang selalu diberikan ialah, kata yang bersangkutan tidak dikenal. Padahal tidak jarang orang tidak memahami apa makna kata asing yang digunakan.

4. Pokok pembicaraan pada paragraf tersebut adalah .....
(A). Orang segan mencari kata dalam bahasa Indonesia.
(B). Orang senang mengambil jalan pintas.
(C). Banyaknya penggunaan kata asing.
(D). Penggunaan bahasa asing.
(E). Orang tidak tahu makna kata asing yang digunakan.


Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!
Adalah nyata bahwa tema yang dibicarakan dalam Ladang Perminus tetap aktual di Indonesia dan diminati para remaja. Inilah yang membuat novel tersebut penting untuk dibicarakan. Bahkan patut dijadikan bahan pelajaran anak muda, misalnya anak-anak SMA.

5. Kata "aktual" dalam awal paragraf tersebut memiliki makna .....
(A). Kabar yang sedang viral
(B). Menjadi motivasi warga
(C). Menjadi berita hangat
(D). Menjadi kabar angin
(E). Sedang menjadi perbincangan


Pembahasan Latihan Soal CPNS Bahasa Indonesia

1. Kunci Jawaban E
Paragraf di atas adalah paragraf yang memiliki gagasan utama campuran, yaitu memiliki gagasan utama di awal dan di akhir paragraf.

Gagasan utama pada awal paragraf adalah “Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar dan prestisius.” Berikutnya di paragraf ke-3 di akhir paragraf, yaitu “Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang bisa kita nikmati”.

2. Kunci Jawaban C
Prestisius adalah sesuatu hal yang bersifat mengesankan, terhormat, bermartabat dan bergengsi.

3. Kunci Jawaban E
Kesimpulan yang sesuai untuk paragraf tersebut adalah "Kesucian anak yang baru lahir bagaikan kertas putih yang belum ternoda".

4. Kunci Jawaban C
Pokok pembicaraan pada paragraf dalam teks tersebut adalah "Banyaknya penggunaan kata asing". Hal ini terlihat pada kalimat pertama paragraf tersebut.

5. Kunci Jawaban E
Kata aktual memiliki makna sedang menjadi perbincangan.

0 Response to "SOAL CPNS BAHASA INDONESIA DAN PEMBAHASAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2