Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL TBS PPPK DAN PEMBAHASAN

Soal TBS PPPK adalah salah satu soal ujian PPPK Tahun 2021 selain soal Kompetensi Teknis PPPK, Soal PPPK Manajerial, Soal Soal PPK Sosio-Kultural, dan Pertanyaan Wawancara PPPK yang dijawab secara tertulis. Tes Bakat Skolastik (TBS) sendiri dibagi menjadi 3 soal subtes, yaitu soal verbal, soal, kuantitatif, dan soal soal penalaran. Soal ujian PPPK 2021/2022 berbeda dengan soal ujian CPNS Tahun 2021 karena tidak ada soal soal seleksi kompetensi dasar (SKD) PPPK. Pada soal TBS PPPK yang diujiankan juga hanya soal TBS penalaran saja. Berikut kami bagikan beberapa contoh soal latihan PPPK TBS dan pembahasannya untuk persiapan menghadapi seleksi PPPK Tahun 2021.

SOAL TBS PPPK DAN PEMBAHASAN

SOAL TBS PPPK NO. 1
Fail: ... = Keberhasilan : ...
A. Sukses - Kekalahan
B. Hujatan - Medali
C. Kekalahan - Kemenangan
D. Rak - Kegagalan
E. Dokumen - Kesuksesan

SOAL TBS PPPK NO. 2
Reza seorang alumni Universitas X, Reza dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik. Banyak lulusan universitas X yang diakui kualitasnya dan dapat menjadi konsultan handal. Rendy lulusan Universitas X pula, sehingga .....
A. Rendy sama berkualitasnya dengan Reza
B. Rendy diakui kualitasnya
C. Rendy adalah konsultan handal
D. Rendy mungkin bisa lebih baik dari Reza
E. Rendy dapat menyelesaikan tugas dengan baik

SOAL TBS PPPK NO. 3
Bulan berputar pada porosnya dan mengelilingi Bumi. Bumi berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari.
A. Bulan berada diantara matahari dan bumi
B. Matahari tidak berputar
C. Matahari tidak mengelilingi bulan dan bumi
D. Bulan mengelilingi matahari
E. Bumi, bulan, dan matahari saling berputar

SOAL PPPK TBS NO. 4
Waktu di Jakarta lebih cepat 6 jam dari kota Edinburgh. Haidar berangkat dari Jakarta menuju Edinburgh pada pukul 9 pagi, hari sabtu dan tiba 18 jam kemudian. Pesawat tersebut tida di kota Edinburgh Pada hari dan pukul .....
A. 21.00 hari Minggu
B. 03.00 hari Minggu
C. 18.00 hari Minggu
D. 21.00 hari Sabtu
E. 06.00 hari Sabtu

SOAL PPPK TBS NO. 5
Andi menyelesaikan soal SKD lebih cepat daripada Ani. Intan menyelesaikan soal SKD lebih cepat daripada Ina. Windi menyelesaikan soal SKD lebih lambat daripada Ani. Tidak ada peserta ujian SKD CAT CPNS yang menyelesaikan soal secara bersamaan.
7. Jika Ina menyelesaikan soal SKD tidak lebih lambat daripada Ani, maka .....
A. Windi menyelesaikan soal SKD tidak lebih lambat daripada Ina
B. Ina menyelesaikan soal SKD lebih cepat daripada Andi
C. Andi menyelesaikan soal SKD lebih cepat daripada Ina
D. Ina menyelesaikan soal SKD lebih cepat daripada Windi
E. Windi menyelesaikan soal SKD berbarengan dengan Andi



PEMBAHASAN SOAL SOAL PPPK TBS PENALARAN


1. KUNCI JAWABAN E
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, fail berarti ‘dokumen’. Oleh karena, itu, hubungan tepat untuk menyubtitusikan tanda titik dua (:) adalah frasa bersinonim dengan sehingga jawaban yang tepat adalah D, FAIL bersinonim dengan DOKUMEN seperti halnya KEBERHASILAN bersinonim dengan KESUKSESAN.

2. KUNCI JAWABAN B
Karena banyak lulusan Universitas X yang diakui kualitasnya, dan Rendy merupakan lulusan Universitas X juga, maka kesimpulan yang tepat adalah Rendy diakui kualitasnya.

3. KUNCI JAWABAN D
Jika P maka Q, Jika Q maka X, ,aka kesimpulannya adalah P maka X (Bulan mengelilingi matahari).

4. KUNCI JAWABAN D
Waktu di Jakarta = waktu di Edinburgh + 6. Waktu Haidar berangkat = pukul 9 pagi. Waktu tempuh perjalanan = 18 jam. Pukul berapa pesawat tiba di Edinburgh?

Pertama-tama kita cari waktu di Edinburgh saat pukul 9 pagi di Jakarta. Waktu Edinburgh saat itu adalah 9-6 = pukul 3 pagi. Waktu pesawat tiba = Waktu Edinburgh pesawat berangkat + Waktu tempuh.

Jadi, waktu pesawat tiba = 03.00 + 18 jam

Waktu pesawat tiba = 21.00

Maka Haidar akan tiba pukul 9 malam waktu Edinburgh di hari sabtu.

Waktu di Jakarta = waktu di Edinburgh + 6. Waktu Haidar berangkat = pukul 9 pagi. Waktu tempuh perjalanan = 18 jam. Pukul berapa pesawat tiba di Edinburgh?

5. KUNCI JAWABAN B
Ina menyelesaikan soal SKD tidak lebih lambat dari Ani, artinya Ina menyelesaikan soal SKD lebih cepat daripada Ani. Dan dari pernyataan pada awal bahwa Ani menyelesaikan soal SKD lebih cepat dari Windi, jadi Ina menyelesaikan soal SKD lebih cepat daripada Windi.

Demikianlah Soal TBS PPPK dan Pembahasannya ini kami bagikan, semoga bermanfaat bagi Anda yang akan mengikuti seleksi PPPK Tahun 2021. Untuk Latihan Soal Soal PPPK dan Pembahasan lainnya silahkan lihat disini!.


Post a Comment for "SOAL TBS PPPK DAN PEMBAHASAN"