Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR KEMENHUB 2021/2022

Informasi Tahapan dan Jenis Ujian Sipencatar Kemenhub 2021/2022. Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Kemenhub 2021 ini ditujukan kepada kamu yang akan mengikuti Pendaftaran Sipencatar 2021. Sebelum menjadi Calon Taruna di kampus di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) maka kamu diwajibkan untuk mengikuti semua tahapan tes seleksi Sipencatar Kemenhub 2021/2022. Apa saja tahapan seleksi Sipencatar? dan apa saja jenis ujian Sipencatar 2021/2022? Berikut penjelasannya!

TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR KEMENHUB

Jika para pendaftar/peserta di tiap tes nya sampai dengan tes akhir memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan maka dapat dinyatakan lulus sebagai calon taruna Kemenhub. Begitu pula sebaliknya jika salah satu item Tahapan Tes Yang diujikan ada yang GAGAL/GUGUR atau Tidak Memenuhi Syarat maka dinyatakan GAGAL karena sistem tahapan tes yang dilakukan pada Sipencatar menggunakan sistem GUGUR pada tiap tahapan tes nya.

Bagi kamu yang mendaftar Sipencatar 2021, silahkan cek informasi lengkap mengenai tahapan Seleksi Sipencatar 2021 dan Jenis-jenis Ujian Sipencatar 2021, serta kisi kisi Soal Sipencatar dan Pembahasannya berikut ini:

TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR 2021

Setelah Proses Pendaftaran dan Verifikasi yang dilakukan di Portal SSCASN DIKDIN, untuk menjadi Calon Taruna di Kampus Kemenhub, para calon peserta diwajibkan untuk mengikuti semua tahapan tes yang akan diujikan. Jika para pendaftar/peserta di tiap tes nya sampai dengan tes akhir memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan maka dapat dinyatakan lulus sebagai taruna di PT Kemenhub. Begitu pula sebaliknya jika salah satu item Tahapan Tes Yang diujikan ada yang GAGAL/GUGUR atau Tidak Memenuhi Syarat maka dinyatakan GAGAL.

1. Tes Seleksi Tahap I

Seleksi Tahap I Sipencatar terdiri dari pendaftaran dan seleksi berkas administrasi Sipencatar Kemenhub tahun 2021. Adapun berkas berkas administrasi yang harus di unggah saat pendaftaran Sipencatar tahun ini adalah sebagai berikut:
  • Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 200 kB dengan format .jpg) (Lihat: Cara mengubah/compress ukuran gambar .jpg)

  • Persyaratan lainnya diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb yang terdiri atas : 1) Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan surat yang ditandatangani oleh pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua); 2) Surat Pernyataan Sanggup Tidak Menikah selama mengikuti pendidikan (bermaterai Rp.10.000); 3) Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR (bermaterai Rp.10.000); 4) Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni Bermaterai Rp. 10.000; 5) Bagi pendaftar formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/Putri Papua/Papua Barat, mencantumkan Surat Keterangan Orang Asli Papua yang dikeluarkan oleh kelurahan atau distrik setempat dan mengetahui Ketua MRP/MRPB/Lembaga Masyarakat Adat Kota/Kabupaten setempat; (Format Surat Pernyataan dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template) (Lihat: Cara memperkeci/kompres ukuran PDF)

  • 1) Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70; jika nilai rata-rata ijazah menggunakan skala penilaian 1-10 atau 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi menjadi skala penilaian 10-100 (panduan diunduh pada https://sipencatar.dephub.go.id/panduan) dengan melampirkan surat keterangan dari Sekolah Asal yang ditandatangani Kepala Sekolah;Surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing; 2) Rapor SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta lulusan tahun 2021, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) 70; 3) peserta formasi pola pembibitan kemenhub khusus putra/i papua/papua barat nilai rata-rata Ijazah ataupun rata-rata rapor adalah 65,dengan format PDF maksimal 700 Kb (Lihat: Cara memperkeci/kompres ukuran PDF)

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 200 kb (Lihat: Cara memperkecil ukuran gambar .jpg)

  • Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 200 kb dengan format .jpg) (Lihat: Cara memperkecil pas foto Dikdin)

2. Tes Seleksi Tahap II (Seleksi Kompetensi Dasar/SKD)

Setelah lulus seleksi berkas, barulah para peserta dapat melanjutkan ke seleksi tahapan kedua yaitu tes CAT SKD BKN. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sipencatar Kemenhub 2021 akan dilakukan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assesment Test) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Jenis Ujian SKD Sipencatar 2021/2022 terdiri dari Soal TWK Sipencatar, Soal Sipencatar TIU, dan Soal soal TKP Sipencatar.


3. Seleksi Tahap III

Seleksi Tahap Ketiga dari Sipencatar Kemenhub terdiri dari; 
  • Tes Kesehatan, 
  • Kesamaptaan, 
  • Psikotes, dan 
  • Wawancara 

Nah, itulah 3 Tahapan dan jenis ujian Sipencatar Kemenhub 2021/2022. Ketiga tahapan tersebut harus kamu lalui dan harus berhasil lulus pada setiap tahapannya jika kamu ingin menjadi taruna di sekolah kedinasan Kemenhub. Untuk informasi jadwal pelaksanaan setiap tahapan tes Sipencatar dan jadwal pengumuman kelulusan (pantukhir) Sipencatar 2021 dapat kamu lihat dibawah ini:

Jadwal Sipencatar Kemenhub 2021

  1. Jadwal Pendaftaran Pola Pembibitan Kemenhub dan Pola Pembibitan Pemda: 9 s.d. 30 April 2021
  2. Jadwal Pengumuman Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): 28 Mei 202l
  3. Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pola Pembibitan Pemda dan Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan: Juni 202l
  4. Jadwal Pengumuman Hasil SKD Sipencatar:  Juli 2021
  5. Jadwal Pelaksanaan Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes dan Wawancara: 2 s.d. 20 Agustus 2021 (Jadwal detail akan diumumkan lebih lanjut)
  6. Jadwal Pengumuman Hasil Pantukhir Sipencatar: 2 September 2021
*) Jadwal dapat berubah menyesuaikan kebijakan nasional status pandemi COVID-19, informasi lebih lanjut pada laman https://sipencatar.dephub.go.id/.

Alur Pendaftaran SIPENCATAR Kemenhub 2021

ALUR SIPENCATAR 2021

Pengumuman SIPENCATAR KEMENHUB Tahun Akademik 2021/2020

Pengumuman lengkap SIPENCATAR  T.A. 2021/2022 Pdf dapat kamu cek disini!.


Post a Comment for "TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR KEMENHUB 2021/2022"