Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR KEMENHUB 2022/2023

WINMAHDI.com - Informasi Tahapan dan Jenis Ujian Sipencatar Kemenhub 2022/2023. Sebelum menjadi Calon Taruna pada kampus di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) maka kamu diwajibkan untuk mengikuti seluruh tahapan tes seleksi Sipencatar Kemenhub 2022/2023. Apa saja tahapan seleksi Sipencatar Dephub? dan apa saja jenis ujian Sipencatar Kemenhub 2022/2023? Berikut penjelasannya!

TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR KEMENHUB

Jika para pendaftar/peserta di tiap tes nya sampai dengan tes akhir memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan maka dapat dinyatakan lulus sebagai calon taruna Kemenhub. Begitu pula sebaliknya jika salah satu item Tahapan Tes Yang diujikan ada yang GAGAL/GUGUR atau Tidak Memenuhi Syarat maka dinyatakan GAGAL karena sistem tahapan tes yang dilakukan pada Sipencatar menggunakan sistem GUGUR pada tiap tahapan tes nya.

Bagi kamu yang mendaftar Sipencatar 2022, silahkan cek informasi lengkap mengenai tahapan Seleksi Sipencatar 2022 dan Jenis-jenis Ujian Sipencatar 2022, serta kisi kisi Soal Sipencatar dan Pembahasannya berikut ini:

TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR KEMENHUB 2022

Setelah Proses Pendaftaran dan Verifikasi yang dilakukan di Portal SSCASN DIKDIN menyatakan kamu lulus seleksi berkas administrasi, maka untuk menjadi Calon Taruna di Kampus Kemenhub, para calon peserta diwajibkan untuk mengikuti semua tahapan tes yang akan diujikan. Jika para pendaftar/peserta di tiap tes nya sampai dengan tes akhir memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan maka dapat dinyatakan lulus sebagai taruna di PT Kemenhub. Begitu pula sebaliknya jika salah satu item Tahapan Tes Yang diujikan ada yang GAGAL/GUGUR atau Tidak Memenuhi Syarat sehingga dinyatakan GAGAL.

1. Tes Seleksi Sipencatar Tahap I

Seleksi Tahap I Sipencatar terdiri dari pendaftaran dan seleksi berkas administrasi Sipencatar Kemenhub tahun 2022. Adapun berkas berkas administrasi yang harus di unggah saat pendaftaran Sipencatar tahun ini adalah sebagai berikut:
  1. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap ke depan ukuran 4x6 cm dengan ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg (Cek disini: Ketentuan Pas Foto Sipencatar dan Cara Mengatur Ukurannya)
  2. KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb
  3. Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas) dan Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb
  4. Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kB dengan format .jpg)
  5. Persyaratan lainnya yang ditetapkan dalam Peraturan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Nomor : PK.04/BPSDMP-2022 diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2000 kb yang terdiri atas :
    ➥ 1). Formulir Pernyataan Calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan Tahun 2022 bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
    ➥ 2). Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
    ➥ 3). Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Tidak Buta Wama bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
    ➥ 4). Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku di wilayah Papua/Papua Barat (hanya untuk Pendaftar formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/i Papua/Papua Barat), dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template

2. Tes Seleksi Sipencatar Tahap II (Seleksi Kompetensi Dasar/SKD)

Setelah lulus seleksi berkas administrasi, barulah para peserta dapat melanjutkan ke seleksi tahapan kedua yaitu tes CAT SKD BKN. Sebelum tes SKD dilaksanakan kamu harus menunggu kode billing pembayaran untuk SKD terlebih dahulu. Setelah kode billing pembayaran muncul maka lakukan pembayaran biaya SKD tersebut. Panduan Pembayaran bisa baca disini: CARA PEMBAYARAN BIAYA TES CAT SKD DIKDIN (KODE BILLING PEMBAYARAN).

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sipencatar Kemenhub 2022 akan dilakukan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assesment Test) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Jenis Ujian SKD Sipencatar 2022/2023 terdiri dari Soal TWK Sipencatar, Soal Sipencatar TIU, dan Soal soal TKP Sipencatar.


3. Seleksi Sipencatar Tahap III

Seleksi Tahap Ketiga dari Sipencatar Kemenhub terdiri dari; 
  • Tes Kesehatan, 
  • Kesamaptaan, 
  • Psikotes, dan 
  • Wawancara 

Nah, itulah 3 Tahapan dan jenis ujian Sipencatar Kemenhub 2022/2023. Ketiga tahapan tersebut harus kamu lalui dan harus berhasil lulus pada setiap tahapannya jika kamu ingin menjadi taruna di sekolah kedinasan Kemenhub. Untuk informasi jadwal pelaksanaan setiap tahapan tes Sipencatar dan jadwal pengumuman kelulusan (pantukhir) Sipencatar 2022 dapat kamu lihat dibawah ini:

Jadwal Sipencatar Kemenhub 2022

  1. Jadwal Pendaftaran Pola Pembibitan Kemenhub dan Pola Pembibitan Pemda: 9 April s.d. 05 Mei 2022
  2. Jadwal Pengumuman Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Mei 2022
  3. Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pola Pembibitan Pemda dan Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan: Juni 2022
  4. Jadwal Pengumuman Hasil SKD Sipencatar:  Juli 2022
  5. Jadwal Pelaksanaan Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes dan Wawancara: Agustus 2022 (Jadwal detail akan diumumkan lebih lanjut)
  6. Jadwal Pengumuman Hasil Pantukhir Sipencatar: September 2022
*) Jadwal dapat berubah menyesuaikan kebijakan nasional status pandemi COVID-19, informasi lebih lanjut pada laman https://sipencatar.dephub.go.id/.

Alur Pendaftaran SIPENCATAR Kemenhub 2022

PENDAFTARAN SIPENCATAR KEMENHUB

Pengumuman SIPENCATAR KEMENHUB Tahun 2022

Pengumuman lengkap SIPENCATAR  T.A. 2022/2023 Pdf dapat kamu cek disini!.


Post a Comment for "TAHAPAN DAN JENIS UJIAN SIPENCATAR KEMENHUB 2022/2023"