Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL SKD IPDN TIU FIGURAL DAN PEMBAHASAN

Soal SKD IPDN TIU Figural dan Pembahasan - Berikut ini adalah beberapa contoh soal tes IPDN TIU figural dan pembahasan yang dapat kamu pelajari sebagai soal latihan SKD TIU untuk mempersiapkan diri menghadapi soal soal SKD IPDN TIU 2021/2022.

Soal IPDN Figural No. 1

Soal Figural No.1

Soal IPDN Figural No. 2

Soal Figural CPNS IPDN

Soal IPDN Figural No. 3

Soal CPNS IPDN Figural TIU

Soal IPDN Figural No. 4

SOAL CPNS TIU FIGURAL

Soal Tes IPDN Figural No. 5

Soal TIU Figural dan Pembahasan

Soal TIU Figural No. 6

Soal TIU Spasial

Soal TIU Spasial No. 7

SOAL TIU SPASIAL CPNS IPDN

Soal CPNS Spasial No. 8

SOAL TIU SPASIAL

Soal Tes TIU Figural No. 9

SOAL TES TIU FIGURAL

Soal Tes TIU Spasial No. 10

SOAL TES TIU SPASIAL



Pembahasan Soal Tes Figural

1. Kunci Jawaban C
Pola dari kiri ke kanan:
- Objek dalam lingkaran merah mengalami inversi warna hitam dan putih
- Segitiga hitam berubah posisi dari kiri bawah, kiri tengah, kiri atas, tengah atas, dan kanan atas
- Segitiga hitam bersifat dominan sehingga ketika bertumpuk dengan objek lain, segitiga tersebut akan menutupi.

2. Kunci Jawaban A
Perpindahan Gambar; Gambar lingkaran hitam berpindah berlawanan arah jarum jam. Dua garis berpindah searah jarum jam.

3. Kunci Jawaban C
Pola Gambar:
- Dari atas ke bawah objek pada kotak atas dipotong menjadi dua bagian yang sama.
- Potongan satu diletakkan pada kotak tengah sedangkan potongan yang lain diletakkan pada kotak bawah.

4. Kunci Jawaban B
Pada  gambar  ke-1,  gambar  persegi diraster,  sedangkan  pada  gambar  ke-2, gambar persegi tidak diraster. Oleh karena itu,  jika  pada  gambar.  ke-3  segitiganya tidak  diraster,  maka  gambar  ke-4, segitiganya  harus  diraster.  Jadi,  pilihan jawaban  yang  mungkin  adalah  B  dan  D. Kemudian perhatikan  gambar  kedua  dari gambar  1  dan  2,  kedua-duanya  berbentuk sama  dan  tidak  diraster  sehingga  pada gambar  3  dan  4  pun  harus  seperti  itu. Karena  pada  gambar  3,  bentuk  gambar oval  dan  diraster,  maka  gambar  4  pun harus berbentuk oval dan diraster.

5. Kunci Jawaban C
Soal cukup jelas dan sangat mudah untuk ditemukan jawabannya. 
- Segitiga siku-siku pada gambar 1, pada gambar 2 digabungkan dengan segitika siku-siku terbalik yang diarsir sehingga membentuk persegi panjang.
- Persegi pada gambar 1 menjadi segitiga pada gambar 2 dan posisi arsiran tetap sama.
Sehingga:
- Gambar 4 merupakan gabungan 1/2 oval menjadi 1 oval dimana bagian lainnya diarsir. 
- Gambar persegi di gambar 3 menjadi segitia di gampar 4 dengan posisi arsiran tetap ditengah.

6. Kunci Jawaban C
Bagian Kiri = 6 sisi : 3 sisi
Bagian Kanan = 8 sisi : 4 sisi
Sehingga, Bagian Kiri = Bagian Kanan = 2 sisi.

7. Kunci Jawaban A
Pola gambar yang ditunjukkan pada gambar (3) dan (4) adalah adanya jumlah lingkaran hitam dan putih yang sama pada kedua gambar. Di gambar (3) dan (4), lingkaran hitam berjumlah enam dan lingkaran putih berjumlah sembilan. Ini berarti, untuk gambar (1) dan (2) juga akan berlaku syarat yang sama dengan memerhatikan jumlah kotak hitam dan putih yang harus sama.

Namun, perbedaan antara gambar (3) – (4) dan (1) – (2) di sini adalah jumlah kotak hitam tidak enam, melainkan kotak putih yang jumlahnya harus enam. Sementara itu, kotak berwarna hitam harus berjumlah sembilan. Untuk menemukan jawabannya, maka teliti kembali jumlah kotak hitam dan putih, lalu temukan jumlah yang sama untuk nomor (1) dan (2), kotak hitam berjumlah sembilan dan kotak putih berjumlah enam. Jadi, gambar yang tepat berdasarkan syarat perubahan gambar di atas adalah jawaban A.

8. Kunci Jawaban D

9. Kunci Jawaban B

10. Kunci Jawaban B
Jika tidak diberitahu cerminnya itu tegak atau mendatar, maka kita bisa asumsikan bahwa yang dimaksud soalnya itu adalah cerminnya tegak. Sehingga pencerminan tegak terhadap soal tersebut hasilnya adalah poin B.

Demikianlah contoh soal latihan IPDN TIU figural dan pembahsannya ini kami bagikan, semoga bermanfaat bagi kamu yang akan mengikuti tes SKD IPDN 2021. 

PREDIKSI SOAL SKD IPDN 2021 DAN PEMBAHASAN

Salah satu persiapan menghadapi tes SKD IPDN adalah dengan memperlajari Latihan/Prediksi Soal IPDN 2021 dan Pembahasannya. Selain itu, kamu juga sangat disarankan untuk mempelajari materi-materi soal tes SKD IPDN 2021. Berminat mendapatkan tiga paket Soal Prediksi IPDN 2021 dan Pembahasannya + Materi belajar IPDN 2021/2022???. Kamu bisa klik tombol WA berikut ini untuk pemesanan!.
Pesan Soal IPDN dan Pembahasan
IPDN menjadi salah satu Sekolah Kedinasan yang memiliki pendaftar mencapai 36.560 (Tiga Puluh Enam Ribu Lima Ratus Enam Puluh) orang sedangkan kuota IPDN 2021 hanya sebesar 1.164 (Seribu Seratus Enam Puluh Empat) siswa saja. Tentu tingkat persaingan akan sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik dan matang mulai saat ini. Salah satunya adalah dengan mempelajari prediksi soal soal IPDN 2021 dan pembahasannya sekaligus dengan mempelajari materi-materi soalnya agar kamu betul betul paham dengan soal CAT SKD yang akan kamu hadapi saat ujian.

So, mari pelajari soal soal IPDN dan pembahasannya, sesuai dengan kisi kisi soal SKD IPDN 2021/2022 yang telah di jelasakan di atas, agar lebih mudah dalam menghadapi tes CAT SKD IPDN dan tentunya mampu mendapatkan skor SKD yang baik dalam persaingan peserta yang sangat ketat!.

Post a Comment for "SOAL SKD IPDN TIU FIGURAL DAN PEMBAHASAN"