Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH SOAL UJIAN FINAL FILSAFAT UMUM

Contoh Soal Ujian Final Filsafat Umum. Bagi kamu yang kuliah di jurusan hukum/ilmu hukum, berikut adalah beberapa contoh soal ujian Filsafat Umum dan pembahasannya untuk persiapan menghadapi ujian akhir Filsafat Hukum.

Soal Ujian Final Filsafat

Soal Ujian Final Filsafat Umum

  1. Jelaskan perbedaan ciri karakter filsafat berpikir sistematik dan analitis dengan berpikir kritis, dan berikan contohnya!
  2. Jelaskan apa yang dimaksud berpikir ilmiah!
  3. Jelaskan inti ajaran Ekstensialismenya Heidegger!

Pembahasan Soal Filsafat Umum

1. Perbedaan ciri karakteristik filsafat berfikir sitematik dan analitis dengan berpikir kritis ialah, berpikir sitematik dan analitis artinya, selalu berpikir logis (terstuktur dan teratur berdasarkan hukum berpikir yang benar). Contohnya misalnya kita melakukan penelitian tentang minat baca siswa di sekolah maka kita harus melaksanakannya secara berurutan, sehingga kita harus berpikir tahap demi tahap yang harus kita kerjakan sehingga tujuan itu tercapai. Sedangkan filsafat berpikir kritis artinya, berpikir bukan untuk sekedar menerima kenyataan atau menyesuaikan diri dengan kenyataan pemikiran atau pandangan orang. Justru, inti dari ciri pemikiran filsafat yang kritis ini adalah berpikir dalam rangka mengkritik, meragukan, dan mempertanyakan segala sesuatu, sampai mencari dan mendapatkan dasar-dasar pertanggungjawaban intelektual atau argumentasi-argumentasi yang mendasarnya yang tidak mungkin dapat diragukan dan dipertanyakan lagi oleh siapapun. Salah satu contohnya adalah mempertanyakan mengapa orang bisa melakukan kesalahan dalam berpikir?. Immanuel Kant yang terkenal sebagai bapak filsuf kritis menyebut rasio kritis ini sebagai "kritik rasio munri" (Critics rati vernun).

2. Berpikir merupakan sebuah proses yang membuahkan pengetahuan. Proses ini merupakan serangkaian gerak pemikiran dalam mengikuti jalan pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan yang berupa pengetahuan. Manusia berpikir untuk menemukan pemahaman atau pengertian, pembentukan pendapat, dan kesimpulan atau keputusan dari sesuatu yang dikehendaki. Adapun yand dimaksud dengan berpikir ilmiah adalah menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan, memutuskan, mengembangkan, dan sebagainya.

3. Inti dari ajaran eksistensialisme Heidegger adalah mengajarkan manusia untuk kontemplasi supaya dapat berjarak terhadap keadaan-keadaan rutinitas kehidupan sehari-hari yang acapkali membuat manusia terlena dalam kehampaan.

Post a Comment for "CONTOH SOAL UJIAN FINAL FILSAFAT UMUM"