Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA PENDAFTARAN SELEKSI SNMPTN 2022

WINMAHDI.com - Siswa dapat mendaftar seleksi SNMPTN 2022 melalui portal ltmpt atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Tidak semua siswa dapat melakukan Pendaftaran SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memiliki (daftar) akun LTMPT, akunnya sudah permanen, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat daftar di Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Kartu Pendaftaran SNMPTN 2022

Tahapan-tahapan dalam pendaftaran SNMPTN berdasarkan buku panduan pendaftaran tahun lalu adalah sebagai berikut:
  1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan saat pembuatan akun LTMPT.
  2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.
  3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.
  4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.
  5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.
  6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.
  7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.
Berikut adalah penjelasan mengenai ketujuh tahapan pendaftaran seleksi SNMPTN 2022 diatas.

1. Login Siswa
Masukkan Email dan Password pada form login (masuk) portal.ltmpt.ac.id atau di snmptn.ltmpt.ac.id. Gunakan alamat Email dan Password yang didaftarkan dan
diverifikasi pada portal LTMPT.

Jika anda memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka tampilan setelah login seperti pada gambar berikut:

Mendaftar SNMPTN

Jika kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022"

Jika kamu memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya di atas namun belum melakukan simpan permanen akun pada portal LTMPT, maka akan muncul tampilan berikut:

belum simpan permanen akun LTMPT

2. Halaman Profil
Untuk masuk ke halaman profil silahkan klik menu PROFIL. Halaman profil ini berisi informasi biodata dari siswa, perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan diportal LTMPT, pun demikian juga Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Berikut adalah tampilan awal dari halaman profil:

Data Profil SNMPTN

Pada halaman profil, hanya kolom Kelengkapan Data Orang Tua saja yang perlu diisikan. Informasi yang harus diisi adalah Penghasilan Orang Tua (sudah ada range pilihan penghasilan orang tua) silahkan diisi sesuai penghasilan oran tua, serta Jumlah Tanggungan Orang Tua juga diisi dengan benar. 

Setelah selesai mengisi Kelengkapan Data Orang Tua tekan tombol SIMPAN. Jika berhasil,
akan muncul notifikasi sebagai berikut:
Berhasil menyimpan kelengkapan data
Setelah profil diupdate dengan isian Kelengkapan Data Orang Tua, berikutnya kamu bisa melanjutkan ke halaman PILIHAN.

3. Halaman Pilihan Kampus dan Prodi
Untuk masuk ke halaman pilihan silahkan klik menu PILIHAN. Kemudian pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri, setelah itu akan muncul Daftar Prodi yang bisa dipilih oleh siswa. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).

Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai -, maka prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

Jika sudah memilih prodi, silakan tekan Simpan Semua Pilihan Pilih, kemudian klik Simpan dan jika berhasil akan muncul notifikasi: Berhasil menyimpan pilihan, silahkan mengisi portofolio/prestasi.

4. Halaman Portofolio SNMPTN
Beberapa prodi mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari diharuskan mengupload video tari dan lain sebagainya. 

Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silakan Unduh Instruksi dan Unduh Dokumentasi yang disediakan. 

Untuk mengisi portofolio, pilih Choose File untuk memilih file yang akan diupload kemudian tekan tombol SIMPAN. Unduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah anda upload. Jika berhasil menyimpan, akan muncul notifikasi: Berhasil mengunggah file......pptx.

Jika kamu sudah mengupload portofolio, tetapi sebelum finalisasi dilakukan kamu berubah pikiran dan mengganti pilihan prodi yang tidak mensyaratkan adanya isian portofolio, maka isian portofolio sebelumnya akan dihapuskan..

5. Halaman Prestasi
Silahkan klik menu PRESTASI untuk melakukan pengisian prestasi kamu. Isian prestasi bersifat tidak wajib diisikan, artinya jika memang tidak memiliki prestasi dengan Bidang dan Tingkat Prestasi yang disyaratkan pada pilihan, halaman ini bisa dikosongkan dengan tanpa mengupload dan mengisi apapun.

Prestasi yang bisa diisikan pada halaman ini maksimal 3 prestasi. Silakan dipilih Bidang Prestasi yang akan diisikan dan tingkat prestasinya (Internasional/Nasional/Provinsi/Kabupaten/Kodya/Sekolah).

Selanjutnya, upload Bukti Prestasi dengan menekan tombol Choose File kemudian pilih file yang akan kamu upload dengan ukuran maksimal 2MB yang berformat jpg atau pdf. Unduh Bukti Prestasi digunakan hanya untuk melihat apakah file prestasi yang sudah diupload benar atau tidak dengan validasi oleh masing-masing siswa. Setelah selesai tekan tombol SIMPAN dan akan muncul notifikasi berhasil mengunggah file prestasi kamu.

6. Finalisasi Pendaftaran SNMPTN
Lakukan Finalisasi data pilihan SNMPTN jika kamu memang sudah yakin semua isian sudah diisikan dengan benar. Perlu dicatat, ketika sudah melakukan Finalisasi maka seluruh isian data tidak dapat diubah lagi dan anda tidak bisa membatalkan Finalisasi dengan cara apapun.

Jika sudah yakin benar, berikan ceklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi” kemudian pilih dan klik Finalisasi. Setelah itu tampilan halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi yang sudah dilakukan, seperti pada gambar berikut:

Finalisasi SNMPTN

7. Kartu Registrasi SNMPTN
Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Kamu hanya bisa mengunduh kartu registrasi jika anda sudah melakukan Finalisasi. Kartu registrasi yang kamu unduh adalah kartu registrasi untuk pendaftaran SNMPTN. Berikut adalah contoh kartu tanda peserta SNMPTN:

Kartu Registrasi Tanda Peserta SNMPTN
Setelah unduh kartu registrasi, maka tahapan pendaftaran SNMPTN oleh Siswa telah selesai.

Jadwal Seleksi SNMPTN 2022
A. Kuota Sekolah
  • Jadwal Pengumuman kuota sekolah : 28 Desember 2021
  • Jadwal Penutupan Masa sanggah kuota sekolah : 17 Januari 2022
B. Registrasi Akun LTMPT

C. PDSS dan SNMPTN
  • Jadwal Penetapan Siswa Eligible : 04 Januari - 08 Februari 2022
  • Jadwal Pengisian PDSS : 08 Januari - 08 Februari 2022
  • Jadwal Pendaftaran SNMPTN : 14 - 28 Februari 2022
  • Jadwal Pengumuman Hasil SNMPTN : 29 Maret 2022
*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Post a Comment for "CARA PENDAFTARAN SELEKSI SNMPTN 2022"