Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9+ SEKOLAH KEDINASAN BUKA PENDAFTARAN TAHUN INI (2024)

WINMAHDI.com - 9+ Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran Tahun 2024. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menggelar rapat koordinasi percepatan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2024 di Jakarta, pada Rabu yang lalu (24/01). Rencananya, pendaftaran sekolah kedinasan (Sekdin/Dikdin) tahun ini akan dibuka pada bulan Maret 2024. Namun, waktu tersebut dapat berubah sesuai kesiapan dan dinamika yang terjadi.

Rapat dipimpin oleh Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja, yang turut dihadiri Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas secara virtual. Menteri Anas mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk mendaftar di sekolah kedinasan sesuai minat masing-masing. Untuk itu, para calon pelamar diharapkan bisa segera mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.

"Pemerintah telah mendesain skema kebutuhan ini dan berharap kedepan kita bisa lahirkan calon-calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat," ujar Menteri Anas.

9+ Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran Tahun 2024

Terdapat delapan instansi yang akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini. Delapan instansi tersebut yaitu Kementerian Hukum dan HAM; Kementerian Keuangan; Kementerian Perhubungan; Kementerian Dalam Negeri; Badan Intelijen Negara (BIN); Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN); Badan Pusat Statistik (BPS); dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran

Berikut adalah masing-masing sekolah kedinasan dibawah naungan delapan kementerian/lembaga tersebut.
  1. IPDN (Kementerian Dalam Negeri)
  2. PKN STAN (Kementerian Keuangan)
  3. POLTEKIM (Kementerian Hukum dan HAM)
  4. POLTEKIP (Kementerian Hukum dan HAM)
  5. POLSTAT STIS (Badan Pusat Statistik)
  6. STIN (Badan Intelijen Negara)
  7. POLTEK SSN (Badan Siber dan Sandi Negara)
  8. STMKG (BMKG)
  9. PTDI STTD Bekasi (Kementerian Perhubungan)
  10. Sekolah Kedinasan Perhubungan lainnya bisa cek disini.

Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan 2024

Tahapan-tahapan yang harus dilalui, mulai dari pendaftaran, seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT), hingga seleksi lanjutan yang pelaksanaannya diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rencananya digelar pada April hingga Mei 2024.

Pelaksanaan seleksi sekolah kedinasan pada 2024 berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Pendaftaran Sekdin/Dikdin dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), yakni sscasn.bkn.go.id. 

Panduan mengenai tata cara pendaftaran Sekolah Kedinasan (Sekdin) Tahun 2024 dapat dipelajari selengkapnya disini [Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024].

Seluruh tahapan seleksi sekolah kedinasan, mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi dengan CAT, hingga penentuan kelulusan, sudah terintegrasi dan terkomputerisasi. Tahapan seleksi seperti ini menutup celah kecurangan, calo dan praktik sogok menyogok.

Menpan RB juga mengingatkan seluruh pendaftar sekolah kedinasan agar tidak percaya dengan pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi sekolah kedinasan, apalagi sampai meminta sejumlah uang. Semua mekanisme dan sistem seleksi Sekdin 2024 sudah baku. Jadi, dipastikan transparan dan akuntabel.

Kisi Kisi Soal SKD Sekolah Kedinasan 2024

Dalam rangkaian seleksi Sekolah Kedinasan 2024, peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes kompetensi yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Dengan begitu, perlu bagi peserta untuk mengetahui kisi-kisi soal SKD 2024.

Soal SKD Kedinasan mencakup tiga materi yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Tes SKD ini akan dilaksanakan selama 100 menit. Berikut adalah kisi-kisi soal SKD Kedinasan 2024 secara umum:

TWK

Tes TWK memiliki tujuan untuk mengukur penguasaan pemahaman peserta mengenai hal-hal berikut:

1. Nasionalisme: bertujuan mewujudkan cita-cita dan tujuan dalam mempertahankan identitas nasional

2. Integritas: bertujuan menjunjung tinggi ketangguhan, komitmen, kejujuran, dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap dalam mencapai tujuan nasional

3. Bela negara: bertujuan mempertahankan eksistensi bangsa dan negara

4. Pilar negara: bertujuan membentuk karakter positif lewat pemahaman dan pengamalan nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

5. Bahasa negara: bertujuan untuk mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

TIU

Tes TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam:

1. Verbal

- Analogi: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam bernalar lewat perbandingan dua konsep kata yang mempunyai hubungan tertentu dan penggunaan konsep tersebut dalam situasi lain

- Silogisme: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang ada

- Analitis: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam menganalisis informasi yang ada serta menarik kesimpulan

2. Numerik

- Berhitung: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam berhitung sederhana

- Deret angka: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam melihat pola hubungan angka

- Perbandingan kuantitatif: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam menarik kesimpulan berdasarkan pada dua data yang bersifat kuantitatif

- Soal cerita: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam menganalisis informasi yang berisikan data kuantitatif

3. Figural

- Analogi: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam bernalar lewat perbandingan dua gambar yang mempunyai hubungan tertentu, lalu menggunakan konsep hubungan tersebut dalam situasi lain

- Ketidaksamaan: bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam melihat perbedaan beberapa gambar
Serial: bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar

TKP

Tes TKP memiliki tujuan dalam menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan hal-hal berikut ini:

1. Pelayanan publik: bertujuan menilai kemampuan peserta terkait keramahtamahan selama bekerja supaya bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasaan orang lain dalam menjalankan tugas dan wewenang

2. Jejaring kerja: bertujuan membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagai informasi serta berkolaborasi dengan orang lain secara efektif

3. Sosial budaya: bertujuan menilai kemampuan peserta dalam beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk yang terdiri atas beragam suku, ras, budaya, dan lainnya

4. Teknologi informasi dan komunikasi: bertujuan menilai kemampuan peserta dalam menggunakan teknologi informasi dengan efektif untuk meningkatkan kinerja

5. Profesionalisme: bertujuan melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan jabatan

6. Anti radikalisme: bertujuan menilai kemampuan peserta dalam memahami pengetahuan tentang radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menghadapi stimulus dengan berbagai alternatif situasi.

Latihan Soal SKD Kedinasan 2024 dan Pembahasan Lengkap

Untuk mendapatkan latihan soal SKD Kedinasan 2024 lengkap dengan pembahasannya dan sesuai dengan kisi-kisi, silahkan klik disini.

Post a Comment for "9+ SEKOLAH KEDINASAN BUKA PENDAFTARAN TAHUN INI (2024)"