3 JENIS JALUR MASUK KE UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) UNTUK S1/D3

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu universitas yang terletak di daerah Malang Provinsi Jawa Barat, Indonesia. UM juga merupakan Perguruan Tinggi yang tergabung baik dalam Snmptn maupun Sbmptn. Snmptn dan Sbmptn merupakan dua jenis seleksi jalur masuk ke perguruan tinggi yang paling dikenal dan diminati adik-adik di Indonesia, snmptn sistem penerimaannya tanpa melalui tes tertulis sedangkan sbmptn untuk menyeleksi calon mahasiswa baru dengan sistem selksi te (PBT dan CBT). 

Untuk masuk ke UM, jalur seleksi sbmptn dan snmptn sudah biasa adik-adik ketahu. Pertanyaannya adakah jenis seleksi lain yang bisa dijadikan alternatif tes untuk bisa masuk ke Univesitas Negeri Malang?? Oleh karena itulah saya akan membagikan ke adik-adik tentang info seleksi masuk ke UM selain kedua jenis seleksi yang saya sebutkan sebelumnya. Disini saya tidak akan menjelaskan tentang jalur masuk untuk mahasiswa pascasarna (S2) ya adik-adik, saya hanya fokus pada adik-adik yang akan ngambil progam S1 atau D3 saja.


Ada 3 (tiga) jenis jalur seleksi yang dapat adik-adik ikuti untuk masuk ke UM Malang termasuk 2 diantaranya adalah snmptn dan sbmptn. Jenis seleksi ini ada yang berbayar dan ada yang tidak berbayar, ada yang tertulis dan ada juga yang tidak tes tertulis, dengan kata lain dengan menggunakan nilai raport dan ketentuan-ketentuan lainnya yang sudah ditetapkan oleh pihak panitia. Apa saja Jenis Seleksi Jalur Masuk ke UM untuk S1/D3? berikut ulasannya.

JENIS SELEKSI#1 JALUR SELEKSI SNMPTN
[SNMPTN] diikuti seluruh PTN yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor PTN Indonesia, diselenggarakan dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Seleksi SNMPTN tidak dipungut biaya pendaftaran sepeserpun.

JENIS SELEKSI#2 JALUR SELEKSI SBMPTN
[SBMPTN] merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tertulis secara nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah. Seleksi SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran.

JENIS SELEKSI#3 JALUR SELEKSI MANDIRI
[SM] Dalam rangka penerimaan calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan akademik dan keterampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu, serta perluasan kesempatan belajar bagi calon peserta, Universitas Malang membuka pendaftaran mahasiswa baru seleksi mandiri (SM) untuk program Diploma (D3) dan Sarjana (S1) secara online.

Jalur Seleksi Mandiri dibagi menjadi tiga, yaitu:
[1] Jalur Prestasi Akdemik dan Non Akademik
[2] Jalur Tes Berbasis Komputer (TBK)/Tes Ketrampilan
[3] Jalur Seleksi Program Alih Jenjang (SPAJ)

Jalur Seleksi Mandiri  juga dikenakan biaya pendaftaran, dan biasanya akan sedikit lebih mahal dari biaya pendaftaran SBMPTN.

0 komentar

Post a Comment