Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang artinya semoga Allah menerima amalku dan amal kalian, adalah ucapan selamat hari Raya Idul Fitri yang sesuai dengan sunnah yang sering kita pada hari lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum lebih afdal / afdol diucapkan dibandingkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri lainnya. Namun bukan berarti ucapan selamat hari Raya Idul Fitri 1439 H lainnya tidak boleh di ucapkan. Selama perkataan atau ucapan itu masih mengandung kebaikan dan tidak mengakibatkan dosa maka ucapan tersebut masih bisa diucapkan.
Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
" Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)." 

Dalil dari ucapan hari Raya Idul Fitri di atas adalah: Haditsnya Muhammad bin Ziyad, berkata : ketika itu aku bersama Abu Umamah Al-Bahili Radhiallahu Anhu dan sebagian sahabat Nabi shallallahu Alaihi Wasallam yang lain, lalu apabila mereka pulang sebagian mengucapkan kepada sebagian lainnya : (Taqabbalallahu minna waminkum) (semoga Allah menerima amal kami dan kalian), Imam Ahmad bin Hanbal berkata : sanadnya baik.

Cara menjawab ucapan  " Taqabbalallahu minna wa minkum " dari sahabat / keluarga / saudara seiman adalah dengan cara mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum" atau dengan ucapan yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan Firman Allah yang artinya;

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal ….” (Q.s. An-Nisa’:86).

Berikut ini beberapa pendapat dari para ulama tentang cara menjawab ucapan selamat idul fitri "Taqabbalallahu minna wa minkum"
  • Dari Habib bin Umar Al-Anshari; bapaknya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan –shahabat– Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka aku ucapkan kepadanya, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” kemudian beliau (Watsilah) menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (H.R. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al-Kabir)
  • Dari Adham, mantan budak Umar bin Abdul Aziz; beliau mengatakan, “Ketika hari raya, kami menyampaikan ucapan kepada Umar bin Abdul Aziz, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum, wahai Amirul Mukminin.’ Maka beliau pun menjawab dengan ucapan yang sama dan beliau tidak mengingkarinya.” (H.R. Al-Baihaqi)
  • Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj; beliau mengatakan, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian beliau jawab dengan ucapan yang sama.” (H.R. Ad-Daruquthni dalam Ad-Du’a)

0 Response to "Taqabbalallahu Minna Wa Minkum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel